Apa Fungsi Lokasi Tepat / Precise Location di iPhone dan iPad?

Apple kembali menujukan keseriusannya untuk menghairkan fitur Privasi bagi para pengguna iPhone melalui iOS 14. Salah satu fitur Privasi yang mungkin akan kalian temukan pada menu Layanan Lokasi adalah Lokasi Tepat atau Precise Location.


Apa itu Lokasi atau Precise Location? dan apa Fungsinya?

Lokasi Tepat atau Precise Location adalah salah satu fitur privasi baru di iOS 14, yang berfungsi agar aplikasi yang diinginkan tidak dapat membaca lokasi kalian secara tepat alias hanya perkiraannya saja.

Tetapi penting untuk diketahui, maksud Tidak Tepat / Perkiraan disini bukan berarti lokasi yang akan dibaca memiliki kemungkinan untuk salah. Melainkan hanya tidak menunjukan lokasi kalian secara mendetail.

Sebagai contoh apabila biasanya aplikasi membaca lokasi kalian secara tepat hingga menunjukan rumah dimana tempat kalian berada, ketika fitur Lokasi Tepat dinonaktifkan, maka lokasi yang dapat dibaca oleh aplikasi hanya lokasi tempat daerah kalian tinggal saja.

Fitur ini tentu sangat cocok bagi yang ingin menjaga privasinya lebih jauh lagi yang bertujuan agar aplikasi atau apapun itu, tidak dapat mengetahui lokasi kalian secara merinci / detail.

Meskipun begitu fitur ini terasa kurang cocok apabila diaktifkan untuk aplikasi layanan yang memang harus mengetahui lokasi kalian secara merinci, seperti layanan transportasi online, pengantaran barang atau berbagi lokasi ke orang lain untuk membantu mereka mencari keberadaan kalian secara tepat.

Cara Mematikan atau Menyalakan fitur Lokasi Tepat / Precise Location

Secara bawaan fitur Lokasi Tepat ini dalam keadaan aktif, yang artinya aplikasi dapat membaca lokasi kalian secara mendetail.

Untuk menonaktifkan atau mengaktifkan fitur ini kalian dapat masuk ke aplikasi Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi kemudian pilih aplikasi yang diinginkan dan menu Lokasi Tepat telah tersedia untuk dinonaktifkan atau diaktifkan sesuai keinginan.


Ingat sekali lagi jika Lokasi Tepat dinonaktifkan maka aplikasi tidak dapat membaca lokasi kalian secara mendetail (hanya perkiraan saja). Dan jika diaktifkan maka aplikasi dapat membaca lokasi kalian secara normal dan tepat sasaran.

Nah menurut kalian sendiri bagaimana tentang hadirnya fitur Lokasi Tepat / Precise Location? apakah membantu kalian dalam menjaga privasi? silakan tinggalkan komentar atau pendapat kalian pada kolom komentar di bawah ya, terima kasih :)