Apakah Mode Daya Rendah Berpengaruh ke Battery Health iPhone?

Terinspirasi dari salah satu komentar di blog ini Admin akan menjawab pertanyaan seputar, "Apakah Mode Daya Rendah memiliki Pengaruh Terhadap Kesehatan Baterai (Battery Health/BH) iPhone?"


Sebelum itu mari kita bahas terlebih dahulu apa saja hal yang dapat mempengaruhi Battery Health iPhone menurun dengan cepat.

Penyebab Battery Health iPhone Cepat Turun

Kesehatan Baterai atau Battery Health (sering disingkat BH) dipastikan akan selalu menurun seiring dengan waktu dan penggunaan.

Alih-alih mencegah agar Battery Health tidak turun yang bisa kita lakukan adalah merawatnya agar tidak cepat menurun.


Nah, terdapat cukup banyak faktor yang dapat menyebabkan BH iPhone cepat menurun, misalnya:

  • iPhone sangat sering dicharge (misalnya sehari bisa 2 - 3 kali)
  • iPhone terus dicharge meskipun sudah penuh
  • Menggunakan hingga baterai iPhone benar-benar kritis bahkan kosong
  • Panas berlebih pada iPhone, misalnya akibat kecerahan layar tinggi, bermain game di tempat yang panas atau sambil dicharge, dll.
  • Menggunakan charger berkualitas rendah

Perkiraan umur rata-rata baterai lithium-ion yang digunakan oleh hampir seluruh smartphone saat ini khususnya iPhone yakni sekitar 500 kali siklus pengisian daya penuh (total daya 100% = 1 siklus).

Artinya setelah lebih dari 500 kali siklus daya diisi penuh baterai mungkin sudah memasuki tahap perlu untuk segera diganti, khususnya jika sudah muncul beragam masalah terkait dengan baterai.

Kembali lagi, lalu apa hubungannya dengan Mode Daya Rendah dengan Battery Health dan apa saja efeknya?

Mode Daya Rendah Berpengaruh ke BH iPhone, Tapi Tidak Signifikan

Ya, secara tidak disadari Mode Daya Rendah memang berpengaruh terhadap BH iPhone namun hal ini mungkin tidak akan terasa secara signifikan.

Fungsi utama dari Mode Daya Rendah adalah untuk menghemat penggunaan Baterai iPhone dengan harapan bahwa iPhone akan lebih jarang dicharge, dengan begitu siklus pengisian daya akan berkurang dan BH iPhone akan jadi lebih awet.

Di samping itu dengan mode tersebut iPhone juga dapat meredam panas berlebih (overheat), karena seperti yang diketahui bahwa panas berlebihan juga adalah salah satu musuh utama baterai.

Apakah Disarankan Menggunakan Mode Daya Rendah Terus-Menerus?

Apabila tujuannya untuk memperlambat penurunan BH iPhone maka jawabannya Tidak Perlu.

Kalian disarankan untuk mengaktifkan Mode Daya Rendah tergantung situasi, misalnya apabila sedang bepergian dan jauh dari sumber pengisian daya maka mengaktifkannya adalah pilihan yang tepat.

Namun apabila sedang berada di rumah kalian tidak perlu sering-sering mengaktifkan Mode Daya Rendah, terutama jika tidak ada perubahan yang signifikan terhadap jumlah pengisian daya dalam sehari.

Perlu diketahui bahwa Mode Daya Rendah akan menonaktifkan beragam proses yang dapat menguras baterai seperti download atau back up otomatis, mengurangi kecerahan maksimal layar, dan diketahui mengurangi performa maksimal iPhone dalam menjalankan tugas berat.

Jadi silakan aktfikan Mode Daya Rendah jika diperlukan saja.

Cara Merawat Battery Health iPhone

Meskipun mengaktifkan Mode Daya Rendah adalah salah satu cara merawat BH iPhone, namun ada hal yang jauh lebih berpengaruh.

Apa saja itu? silakan cek di sini: Cara Memperlambat Penurunan Kesehatan Baterai iPhone