Arti dan Maksud iPhone Second Original dalam Jual Beli

Pernah kah kalian menemukan istilah "iPhone Second Original" dalam jual beli khususnya di toko-toko Online? tidak tahu atau belum yakin dengan arti ataupun maksud dari istilah tersebut?

Berikut penjelasannya...

Arti dan Maksud iPhone Second Original dalam Jual Beli


iPhone Second Original adalah iPhone dalam kondisi bekas pemakaian orang lain yang kemudian dapat dipastikan bahwa iPhone tersebut benar-benar asli sebuah iPhone.

Istilah ini juga sering merujuk pada iPhone yang bukan hasil rekondisi/refurbished dalam arti masih benar-benar asli bekas pemakaian dan tidak pernah diservis sebelumnya.

Apa itu iPhone Rekondisi/Refurbished?


Rekondisi/Refurbished berarti barang tersebut merupakan barang yang sebelumnya mengalami kerusakan lalu diperbaiki kemudian dijual kembali, singkatnya barang bekas servisan.

Kecuali Refurbished yang didapatkan secara resmi dari Apple seperti CPO (Certified Pre-Owned), produk iPhone Refurbished umumnya memiliki kualitas yang meragukan dan biasanya kurang awet.


Apakah ada iPhone Palsu di Luar Sana?

Tentu saja ada contohnya seperti iPhone HDC atau High Definition Copy yang merupakan tiruan iPhone asli dengan sistem operasi Android, dan iPhone Dummy yakni sebuah tiruan yang tidak dapat difungsikan sebagai ponsel sama sekali.

Bagaimana Cara Mengetahui Kalau iPhone Belum Pernah Diservis?

Selain kejujuran dari si Penjual kalian dapat menanyakan skor 3uTools dari iPhone tersebut.

Apabila jawabannya 100 atau hijau maka tandanya iPhone tersebut belum pernah diservis sama sekali (ganti komponen). Sedangkan apabila jawabannya 95 dan lebih rendah atau ada merahnya, maka pertanda iPhone tersebut sudah pernah diservis alias diganti salah satu komponennya atau mengalami kerusakan.


Apa itu 3uTools?

3uTools adalah aplikasi yang digunakan untuk mengecek kondisi iPhone yakni apakah sudah pernah diservis sebelumnya dalam arti diganti salah satu komponennya atau tidak.

Selain itu aplikasi ini juga akan mendeteksi apabila salah satu komponen mengalami kerusakan.

Bagi yang ingin mencoba menggunakan 3uTools caranya sangatlah mudah namun kalian harus terlebih dahulu memiliki akses ke iPhone tersebut, berikut cara-cara lengkap menggunakan 3uTools: Cara Cek Score 3uTools iPhone

Informasi Tambahan

Sebagai referensi bagi kalian yang ingin membeli iPhone Second, selain memastikan bahwa iPhone tersebut belum pernah diservis atau bongkar sebelumnya, tanyakan juga Kesehatan Baterai pada iPhone yang akan dibeli.

Kesehatan Baterai yang baik untuk penggunaan jangka panjang berkisar antara 90% - 100%, sedangkan yang sudah kurang baik berada di bawah 90%.

80% adalah batas maksimal sebelum komponen baterai iPhone perlu diganti, jika dibiarkan maka iPhone dapat mengalami sejumlah masalah yang diakibatkan oleh baterai itu sendiri seperti boros, cepat panas, sulit mengisi daya, dll.

Selengkapnya tentang Kesehatan Baterai dan mengapa hal ini penting silakan cek disini: Berapa Persen Kesehatan Baterai iPhone yang Bagus dan Baik?