Berapa Persen Kesehatan Baterai iPhone yang Bagus dan Baik?

Kesehatan Baterai atau Battery Health merupakan fitur atau menu yang menunjukkan kondisi Baterai pada iPhone apakah masih dalam kondisi yang normal atau bermasalah sehingga perlu untuk diganti.

Salah satu indikator yang sering menjadi acuan pada menu Kesehatan Baterai yakni menu Kapasitas Maksimum.

Apa itu Kapasitas Maksimum Baterai?


Dalam fitur Kesehatan Baterai terdapat menu Kapasitas Maksimum yang menunjukkan kapasitas daya tampung asli Baterai iPhone dalam hitungan persentase %.

Sebagai contoh spesifikasi kapasitas Baterai iPhone memiliki daya tampung sebesar 3.000 mAh. Nah, apabila menu Kapasitas Maksimum menunjukkan angka 100% itu berarti kapasitas daya tampung Baterai ketika diisi daya masih dapat terisi penuh sesuai dengan spesifikasinya.

Namun apabila Kapasitas Maksimum menunjukkan angka misalnya 90% itu tandanya daya tampung asli Baterai telah berkurang 10%, sebagai contoh dari 3.000 mAh menjadi sekitar 2.700 mAh. Hal inilah yang menyebabkan penggunaan iPhone menjadi semakin singkat (lebih boros) karena daya tampung masimal baterai sudah tidak sesuai spesifikasi awalnya (telah berkurang).

Perlu diketahui juga bahwa penurunan Kesehatan Baterai/Kapasitas Maksimum bersifat Permanen dan tidak dapat dinaikkan tak terkecuali dengan mengganti komponen Baterai dengan yang baru.

Selain itu sebagai informasi saja bahwa penurunan Kesehatan Baterai/Kapasitas Maksimum tidak akan mempengaruhi tampilan persentase Baterai pada iPhone. Baterai pada iPhone akan tetap terisi hingga 100%, hanya saja daya tampung asli baterai sudah tidak lagi sesuai spesifikasinya.

Kesehatan Baterai iPhone yang Masih Bagus, Berapa Persen?

Kesehatan Baterai iPhone yang masih dalam kategori bagus, baik, dan normal yakni berada di atas 80%.

Sedangkan Kesehatan Baterai di bawah 80% pertanda bahwa komponen Baterai perlu untuk segera diganti, terutama apabila dampak akibat penurunan Kesehatan Baterai seperti baterai yang boros sudah semakin terasa.

Untuk melihat Kesehatan Baterai iPhone silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Lalu bagaimana untuk penggunaan jangka panjang?

Kesehatan Baterai iPhone yang Bagus dan Awet untuk Jangka Panjang

Khusus bagi yang ingin membeli iPhone baik baru ataupun second/bekas, kesehatan Baterai adalah hal penting yang perlu diperhatikan sebelum nantinya baterai tersebut harus diganti ke yang baru.

Ingat, kesehatan baterai akan terus menurun seiring dengan waktu dan penggunaan.

Untuk penggunaan jangka panjang tentu Kesehatan Baterai di atas 90% adalah yang paling direkomendasikan. Lebih beruntung lagi jika Kesehatan Baterai berada di antara 95% hingga 100%.

Sedangkan Kesehatan Baterai iPhone yang perlu dipertimbangkan lagi karena sudah tidak cocok untuk penggunaan jangka panjang yakni berada di bawah 90% tepatnya antara 80% hingga 90%, lebih khusus 85% ke bawah.

Dampak Menurunnya Kesehatan Baterai


Dampak paling utama akibat menurunnya kesehatan baterai iPhone adalah waktu penggunaan yang semakin singkat alias baterai semakin boros. Semakin rendah angka Kesehatan Baterai/Kapasitas Maksimum akan semakin boros juga baterai.

Nah, apabila Kesehatan Baterai telah menurun cukup drastis (biasanya di bawah 70%) akan muncul gejala atau dampak yang lebih serius lainnya, khususnya untuk iPhone yang sudah berusia cukup lama. Dampak tersebut contohnya seperti:

  • iPhone dapat mati secara tiba-tiba
  • Penurunan Performa
  • Volume speaker berkurang
  • Nge-lag saat membuka atau menjalankan aplikasi terutama game
  • Aplikasi di latar belakang akan di muat kembali dari awal
  • Kecerahan layar berkurang
  • iPhone stuck di logo Apple bahkan tidak mau menyala sama sekali

Solusi untuk mengatasi kesehatan baterai iPhone yang telah menurun jauh (di bawah 80%) adalah dengan mengganti komponen baterai iPhone dengan baterai yang baru, asli, dan yang tidak kalah penting menggunakan komponen baterai yang resmi dari Apple.

Ketika komponen baterai diganti baru kondisi Kesehatan Baterai iPhone akan kembali ke 100% lagi.


Berapa Lama Kesehatan Baterai iPhone Biasanya Menurun?

Cepat atau tidaknya penurunan Kesehatan Baterai iPhone tergantung pada banyak hal yang paling utama adalah faktor usia dan lama penggunaan, siklus/jumlah pengisian daya, kapasitas baterai iPhone tersebut, serta usaha dalam merawat kesehatan baterai.

Semakin lama iPhone digunakan serta banyaknya siklus pengisian daya (1 siklus untuk setiap 100% total daya diisi), akan semakin cepat Kesehatan Baterai iPhone menurun.

Sedangkan dalam merawat baterai salah satu hal yang berperan cukup besar dalam penurunan kesehatan baterai yakni sering membiarkan baterai terisi penuh terus menerus meskipun sudah penuh, serta sering menggunakan baterai hingga benar-benar habis. Panas berlebih juga memiliki peran dalam mempercepat penurunan kesehatan baterai iPhone.

Untuk berapa lama kesehatan baterai iPhone menurun tentu tidak bisa dipastikan, namun untuk perkiraannya bisa dicek di sini: Berapa Lama Waktu Kesehatan Baterai iPhone Biasanya Menurun?

Penutup...

Kesehatan Baterai iPhone masuk dalam kategori normal apabila masih berada di antara 80% hingga 100%.

Sedangkan khusus bagi yang ingin membeli iPhone terutama iPhone bekas/second, untuk penggunaan jangka panjang kesehatan baterai yang bagus dan baik tentu berada di atas 90%, lebih baik lagi jika berada di atas 95%, bagi yang mendapatkan di atas 95% untuk kategori iPhone second tentu kalian sudah cukup beruntung.

Baik, itu saja informasi Berapa Persen Kesehatan Baterai iPhone yang Masih Bagus dan Baik. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!