Cara Memperlambat Penurunan Kesehatan Baterai iPhone

Kesehatan Baterai atau Battery Health merupakan salah satu indikator penting bagi pengguna iPhone untuk mengetahui kondisi baterai di iPhone mereka.

Seperti yang diketahui bahwa semakin rendah angka kesehatan baterai menandakan berkurangnya kemampuan baterai untuk menampung daya, disamping itu semakin buruknya kesehatan baterai dapat menyebabkan beragam masalah lain seperti penurunan performa hingga memengaruhi stabilitas sistem.


Mencegah agar kesehatan baterai tidak cepat menurun adalah langkah tepat untuk dapat menggunakan iPhone secara maksimal dalam jangka waktu yang panjang.

Nah, sebenarnya apa saja sih faktor-faktor yang menyebabkan Kesehatan Baterai iPhone cepat menurun? dan bagaimana cara memperlambat penurunan kesehatan baterai tersebut?

Penyebab Kesehatan Baterai iPhone Cepat Menurun

Kesehatan baterai iPhone tidak dipungkiri akan tetap turun bagaimanapun kita merawat kesehatannya, faktor utama yang menyebabkan kesehatan baterai menurun adalah lama penggunaan dan siklus pengisian daya.

Banyaknya siklus pengisian daya memastikan bahwa kesehatan baterai juga akan ikut menurun.

Namun disamping faktor utama tersebut ada beberapa faktor pendukung yang menyebabkan kesehatan baterai cepat menurun, diantaranya:

  • iPhone sering mengalami panas berlebih (overheat)
  • Sering membiarkan mengisi daya baterai meskipun sudah penuh
  • Sering menggunakan hingga baterai benar-benar habis
  • Berlama-lama menggunakan iPhone sambil diisi daya
  • Kapasitas baterai iPhone berukuran kecil (contoh: baterai iPhone 12 Mini, iPhone 6S, iPhone 7, dll.)
  • Kondisi baterai bawaan pabrik yang tidak sempurna

Untuk mencegah tepatnya memperlambat penurunan kesehatan baterai, kalian dapat mengikuti beberapa tips dan trik berikut ini.

10 Cara Memperlambat Penurunan Kesehatan Baterai iPhone

1. Pastikan selalu menggunakan Charger yang asli atau berkualitas yang didesain untuk iPhone.

2. Hindari menggunakan iPhone terlalu sering ketika sedang diisi daya (terutama untuk bermain game).

3. Perhatikan kontak yang dapat menyebabkan panas berlebih pada iPhone, seperti meletakan iPhone di bawah paparan sinar matahari langsung (contoh: dashboard mobil), menggunakan iPhone secara intensif pada lingkungan yang panas dan kurang teraliri udara segar (contoh: bermain game berat).

4. Jangan membiarkan baterai sampai benar-benar kosong apalagi sampai iPhone mati, segera cas iPhone ketika baterai telah berada di angka 20%.

5. Hindari sembarangan menggunakan sumber daya untuk mengisi daya iPhone (contoh: PowerBank berkualitas rendah).

6. Jika memungkinkan jangan membiarkan baterai diisi daya terus menerus ketika sudah mencapai 100%.

7. Apabila sedang tidak benar-benar dibutuhkan isi daya iPhone hingga sekitar 80% - 90% saja, menerapkan hal ini cukup berpengaruh terhadap kesehatan baterai iPhone.

8. Hemat penggunaan baterai iPhone dengan menonaktifkan fitur yang tidak perlu, menghapus aplikasi yang tidak digunakan, serta mengurangi kecerahan layar, sehingga pengguna tidak perlu sering-sering mengisi daya iPhone yang dapat memperlambat penurunan kesehatan baterai (siklus pengisian daya berkurang).

9. Rutin update ke iOS versi terbaru juga dapat membantu sistem agar dapat berjalan lebih optimal.

10. Fast Charging mampu mengisi daya iPhone dengan sangat cepat dalam waktu yang relatif singkat, namun efeknya baterai iPhone akan menjadi lebih panas ketika diisi daya dan untuk jangka panjang akan cukup berdampak pada kesehatan baterai.

Normalnya kesehatan baterai iPhone dapat bertahan dalam kondisi yang masih layak untuk penggunaan sekitar 2 sampai 3 tahun.

Apabila pengguna telah mendapati kesehatan baterai yang turun di bawah 75% diikuti dengan beragam masalah seperti penurunan performa, level baterai turun tiba-tiba, hingga iPhone seringkali hang atau mati sendiri yang diyakini akibat baterai yang tidak mampu menyuplai daya yang dibutuhkan, mengganti baterai adalah solusi tepat untuk mengembalikan fungsi iPhone agar normal kembali.

Tidak Perlu Terlalu Khawatir Soal Kesehatan Baterai

Sebenarnya cukup banyak pengguna yang terlalu mengkhawatirkan kesehatan baterai pada iPhone mereka, nyatanya banyak iPhone yang didapati masih memiliki kesehatan baterai yang baik setelah 2 hingga 3 tahun penggunaan, terutama untuk iPhone keluaran terbaru.

Selain itu iPhone sendiri memiliki fitur yang digunakan untuk menjaga kesehatan baterai, yakni Pengisian Daya Optimal. Fitur ini akan mempelajari kebiasaan pengguna dalam melakukan pengisian daya, tujuannya untuk membatasi pengisian daya baterai hingga ke 80% saja pada waktu-waktu tertentu, kemudian akan melanjutkan ke 100% kembali disaat iPhone mempelajari bahwa ia akan segera digunakan.

Secara bawaan fitur ini telah aktif dan dapat diatur melalui Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.


Baik, itu saja informasi cara memperlambat penurunan kesehatan baterai pada iPhone. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.