Cara Mengatasi iPhone Panas dan Boros Baterai Setelah Update ke iOS 15

Tidak sedikit pengguna iPhone (termasuk iPad dan iPod touch) yang mengalami masalah baterai yang menjadi sangat boros setelah menginstall update iOS 15, disamping itu pengguna mungkin juga merasakan iPhone yang menjadi lebih cepat panas.

Ya, hal serupa kerap kali terjadi disetiap perilisan generasi iOS versi terbaru, penyebabnya pun beragam, salah satunya adalah banyaknya fitur pada iOS versi terbaru yang menambah beban kinerja iPhone terutama yang sudah cukup berusia lama, pengoptimalan iOS yang masih belum sempurna, iOS yang relatif baru masih menyimpan banyak bug, proses penyesuaian antara perangkat dan iOS baru, dan lain-lain.


Untuk mengatasi masalah baterai yang boros serta iPhone yang mudah panas setelah update ke iOS 15, kalian dapat mencoba mengikuti beberapa cara, tips, dan trik berikut ini.

Biarkan dan Tunggu Hingga Beberapa Hari ke Depan

Setelah melakukan update ke iOS generasi selanjutnya dalam hal ini iOS 15, biasanya iPhone akan mulai melakukan penyesuaian terhadap semua fitur yang dibawa oleh iOS 15. Hal ini tidak jarang seringkali menyebabkan iPhone terasa lebih boros baterai dan cepat panas.

Solusinya silakan tunggu hingga beberapa waktu ke depan dan jangan lupa selalu isi daya iPhone ketika baterainya sudah akan habis. Biasaya dalam beberapa hari ke depan setelah update ke iOS 15, penggunaan baterai akan berangsur-angsur normal kembali.

Restart iPhone

Restart atau secara sederhana mengulang kembali sistem pada iPhone dapat membantu mengurangi bug yang mungkin menyebabkan iPhone boros baterai dan cepat panas.

Cara restart yakni dengan mematikan iPhone beberapa saat kemudian menyalakannya kembali atau kalian dapat juga mengikuti cara force restart berikut ini.

Khusus iPhone 8, 8 Plus, X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, SE 2020, 12, 12 Mini, 12 Pro atau lebih baru

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu lepas.
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas.
  3. Tekan dan Tahan terus tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Khusus iPhone 7 dan 7 Plus

  1. Posisikan jari kalian di tombol Power / Lock dan tombol Volume Bawah.
  2. Kemudain Tekan dan Tahan terus kedua tombol tersebut hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Khusus iPhone 6S, 6S Plus, SE 2016, 6, 6 Plus, 5S, atau lebih lama

  1. Posisikan jari kalian di tombol Power / Lock dan tombol Home.
  2. Kemudian Tekan dan Tahan terus kedua tombol tersebut hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Apabila setelah restart masalah masih tidak hilang, lanjutkan ke tips di bawah berikut.

Nonaktifkan Fitur yang Sedang Tidak Diperlukan

Menonaktifkan fitur-fitur yang tidak kalian perlukan dapat membantu iPhone menghemat penggunaan baterai serta meredam panas berlebih. Salah satu fitur yang mungkin banyak menggunakan baterai adalah update otomatis, backup otomatis, fetch dan push email, serta penyegaran aplikasi di latar belakang.

Tidak ingin ribet menonaktifkan fitur di bawah satu-per-satu? silakan aktifkan Mode Daya Rendah melalui Pusat Kontrol atau Pengaturan > Baterai. Namun kekurangan menggunakan Mode Daya Rendah yakni kecerahan layar dan performa maksimal iPhone akan berkurang.

Disamping itu nonaktifkan juga jaringan yang sedang tidak digunakan, misalnya bluetooth, wifi, atau data seluler.

  • Nonaktifkan Bluetooth / WiFi / Data Seluler dapat dilakukan melalui Pusat Kontrol dan aplikasi Pengaturan
  • Nonaktifkan backup foto otomatis melalui Pengaturan > Foto > Foto iCloud
  • Nonaktifkan update aplikasi otomatis melalui Pengaturan > App Store
  • Nonaktifkan push dan fetch email melalui Pengaturan > Mail > Akun > Ambil Data Baru jika sudah nonaktifkan Push dan ubah Fetch menjadi Manual
  • Nonaktifkan fitur Angkat-Bangun melalui Pengaturan > Tampilan & Kecerahan
  • Nonaktifkan Segarkan App di Latar melalui Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar

Kurangi Kecerahan Layar

Mengurangi kecerahan layar iPhone adalah salah satu cara paling efektif untuk menghemat penggunaan baterai serta meredam panas berlebih pada iPhone.

Jika diperlukan, pengguna dapat mengaktifkan fitur Kecerahan Otomatis melalui Pengaturan > Akesesibilitas > Layar & Ukuran Teks agar iPhone dapat mengatur kecerahan menyesuaikan dengan pencahayaan disekitar.

Kurangi Jumlah Widget

Widget yang dapat ditempatkan di mana saja di Home Screen memang dapat mempercantik tampilan iPhone. Namun menggunakan terlalu banyak Widget dapat mempengaruhi kinerja iPhone, terutama Widget yang akan terus memperbarui datanya.

Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Menghapus aplikasi yang sudah tidak diperlukan terutama aplikasi sosial media cukup berpengaruh dalam menghemat penggunaan baterai. Banyaknya aplikasi sosial media terutama yang seringkali berjalan di latar belakang untuk mengirimkan notifikasi, dapat meningkatkan konsumsi baterai.

Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Aplikasi yang belum sepenuhnya stabil berjalan di iOS 15 tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan penggunaan baterai yang lebih boros. Untuk mengatasinya, silakan update aplikasi melalui App Store ke versi terbaru jika tersedia.

Tunggu Perbaikan pada Update Selanjutnya 

Cara-cara di atas tidak ada yang membuahkan hasil? disarankan untuk menunggu update iOS 15 versi selanjutnya yang umumnya membawa perbaikan serta pengoptimalan.

Tidak dipungkiri iOS versi awal yang baru saja dirilis ke publik belum sepenuhnya stabil dan menyimpan cukup banyak bug. Menunggu hingga update selanjutnya yang lebih stabil dapat menjadi pertimbangkan selain mengikuti trik menghemat baterai seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Downgrade ke iOS 14

Tidak tahan dengan masalah dan borosnya baterai di iOS 15? untuk waktu yang terbatas pengguna dapat downgrade kembali ke iOS 14 dengan catatan selama Apple masih membuka peluangnya. Sebab tidak jarang Apple akan segera menutup akses downgrade ataupun upgrade untuk iOS versi sebelumnya setelah beberapa hari atau minggu merilis iOS versi terbaru.

Bagi yang ingin downgrade ke iOS 14 silakan baca cara-caranya melalui postingan berikut: Cara Lengkap Downgrade dari iOS 15 Kembali ke iOS 14

Tambahan

Selain cara-cara di atas cek juga kondisi kesehatan baterai (battery health) di iPhone melalui Pengaturan Baterai > Kesehatan Baterai. Kondisi kesehatan baterai yang sudah jauh menurun dapat mempersingkat secara signifikan waktu penggunaan iPhone sebelum perlu diisi daya kembali.

Selain itu koneksi jaringan data seluler yang sedang buruk serta kondisi iPhone yang mudah panas berlebih karena faktor eksternal, dapat membuat baterai iPhone menjadi semakin boros.

Baik, itu saja informasi cara mengatasi iPhone yang cepat panas dan boros baterai setelah update ke iOS 15. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.