Cara Cek Score 3uTools iPhone

3uTools merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk melihat apakah iPhone pernah dibongkar atau tidak, dalam arti untuk memeriksa apakah seluruh komponen pada iPhone tersebut masih asli bawaannya atau sudah pernah diganti sebelumnya.


Setelah pemeriksaan selesai akan muncul Skor/Score yang menunjukkan hasil dari pemeriksaan, apabila Scorenya 100 maka itu artinya seluruh komponen pada iPhone masih asli bawaannya.

Sedangkan apabila di bawah itu misalnya 95 berarti 3uTools mendeteksi bahwa ada salah satu komponen pada iPhone sudah tidak asli bawaannya lagi, dalam arti sudah pernah diganti, kerennya lagi kalian dapat melihat apa komponen yang pernah diganti tersebut.

Nah, kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk memeriksa Skor/Score 3uTools pada iPhone, iPad, hingga iPod touch.

Cara Cek Score 3uTools iPhone

1. Siapkan terlebih dahulu hal-hal yang dibutuhkan berikut ini:


2. Jika sudah siap, langsung saja hubungkan iPhone ke komputer dan buka aplikasi 3uTools

3. Selanjutnya pastikan iPhone telah terdeteksi oleh aplikasi 3uTools, apabila diminta untuk memasukkan iPhone silakan dimasukkan

4. Pada aplikasi 3uTools silakan klik menu View Verification Report (klik Authorize to View apabila diminta) 


5. Setelah itu akan tampil menu yang menunjukkan apakah komponen pada iPhone tersebut masih asli bawaannya atau sudah ada yang pernah diganti sebelumnya melalui menu Test Result

6. Jika tidak ada maka 3uTools akan menampilkan Testing Score sebesar 100 yang disertai 5 bintang


7. Namun apabila ditemukan bahwa ada komponen pada iPhone yang pernah diganti sebelumnya maka Testing Score akan menunjukkan angka 95 atau lebih rendah, kalian dapat melihatnya melalui menu Test Result untuk komponen yang sudah pernah diganti akan diberi label May Be Changed


8. Seperti yang ditunjukkan oleh gambar di atas bahwa komponen baterai (pada menu Battery Serial Number) menunjukkan status Battery may be changed, yang artinya komponen baterai pada iPhone terindikasi sudah tidak asli atau pernah diganti, dengan begitu maka 3uTools akan memberikan skor sebesar 95

Apabila ada komponen lainnya yang juga diganti maka 3uTools akan memberikan skor lebih rendah lagi.

Berikut adalah arti dari hasil Test Result:

  • Normal - komponen terdeteksi masih normal bawaan iPhone tersebut
  • May be changed - komponen terindikasi sudah diganti
  • May be damaged - komponen sedang bermasalah atau mungkin rusak
  • Apple Replaced Device - terindikasi sebagai iPhone refubished pengganti resmi dari Apple
  • How to Judge? - 3uTools tidak dapat memastikan keaslian komponen tersebut karena nomor seri tidak terbaca

Testing Score 98


Testing Score sebesar 98 biasanya diikuti dengan berubahnya status Sales Model menjadi Apple Replaced Device yakni iPhone pengganti dari proses garansi, atau Apple Refurbished Device yang menandakan bahwa iPhone tersebut merupakan iPhone Refurbished Resmi dari Apple atau iPhone CPO (Certified Pre-Owned).

iPhone Refurbished atau iPhone CPO merupakan iPhone yang sebelumnya rusak dan diperbaiki langsung oleh Apple sendiri, untuk kemudian dijual kembali sebagai iPhone Refurbished atau sebagai pengganti iPhone yang digaransikan.

Selain itu ada juga status Demo Device yakni merupakan perangkat khusus yang biasanya dipajang oleh Apple di tokonya.

Karena status inilah maka 3uTools memberikan sedikit pengurangan skor menjadi 98.

Penutup...

Bagaimana apakah sudah tau fungsi dari skor 3uTools serta cara melakukan pengecekannya?

Namun ingat ya, meski cukup bisa diandalkan dan sering menjadi indikator iPhone refurbished/rekondisi, aplikasi 3uTools mungkin tidak sepenuhnya akurat. Saat ini sudah cukup banyak cara yang digunakan untuk memanipulasi skor 3uTools.

Baca Juga: