Arti Apple Replaced Device pada 3uTools

Pernahkah kalian memeriksakan status kondisi iPhone, iPad, atau iPod touch melalui aplikasi 3uTools dan mendapati bahwa pada kolom Sales Model (Test Result), 3uTools menampilkan hasil Apple Replaced Device (tulisan berwarna orange).

Contohnya, bisa kalian lihat melalui gambar di bawah berikut (yang diberi tanda merah):


Lalu, apa sebenarnya arti dan maksud dari Apple Replaced Device tersebut dan apa bedanya dengan iPhone lainnya? berikut jawabannya.

Arti dan Maksud dari Apple Replaced Device pada 3uTools

Apple Replaced Device singkatnya merupakan perangkat pengganti resmi langsung dari Apple, hal ini termasuk iPhone, iPad, dan iPod touch.

Apa maksud dari perangkat pengganti resmi dari Apple?

Contohnya ketika pengguna menggaransikan iPhone yang rusak secara resmi, Apple akan memberikan iPhone dengan model dan spesifikasi yang sama sebagai pengganti iPhone yang rusak tersebut. Nah, iPhone yang diberikan oleh Apple sebagai hasil garansi itulah yang dimaksud sebagai perangkat pengganti resmi dari Apple atau Apple Replaced Device.

Namun perlu diketahui bahwa perangkat pengganti yang diberikan dari Apple ada kemungkinan besar bukanlah produk yang masih baru, melainkan iPhone lainnya (dari pemilik lainnya) yang sebelumnya rusak kemudian telah selesai diperbaiki dan jika cocok dengan spesifikasi iPhone yang kalian garansikan, maka iPhone tersebut akan diberikan kepada kalian sebagai pengganti.

Apple Replaced Device ini umumnya sering disebut juga sebagai iPhone CPO (Certified Pre-Owned), meski begitu keduanya memiliki ciri-ciri yang sama yakni iPhone yang diperbaiki secara resmi oleh Apple, namun berbeda peruntukannya saja.

Testing Score 98 dari 3uTools

Nah, untuk alasan seperti yang sudah dijelaskan di atas, perangkat yang terdeteksi sebagai Apple Replaced Device oleh 3uTools umumnya akan diberikan skor pengujian sebesar 98.


Menurut Admin alasannya sederhana, yakni walau bagaimanapun juga iPhone tersebut kemungkinan besar sudah pernah dibongkar dan diperbaiki, meskipun ditangani oleh Apple langsung.

Untuk kualitas iPhone Apple Replaced Device sendiri bisa dikatakan sangatlah baik bahkan lagi-lagi menurut Admin hampir atau mungkin lebih baik dari iPhone baru, sebab tentu saja iPhone yang rusak dan diperbaiki oleh Apple tersebut sudah melewati pengujian yang sangat ketat.

Ciri-Ciri Lainnya dari Apple Replaced Device

Apple Relaced Device sendiri memiliki ciri-ciri khusus yakni nomor Model yang berbeda.

Untuk mengetahui dengan pasti apakah perangkat kalian termasuk dalam Apple Replaced Device, silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai kemudian cek pada menu Nomor Model.

Apabila huruf pertama pada Nomor Model menunjukkan huruf " N " maka iPhone tersebut merupakan pengganti dari Apple atau bisa dikatakan Apple Replaced Device.

Sedangkan huruf " F " merupakan iPhone Refurbished Resmi dari Apple atau iPhone CPO, huruf " M " menunjukkan iPhone yang dijual dalam kondisi baru, huruf " P " merupakan iPhone yang dipersonalisasi / diukir atau biasanya dibeli secara online melalui website Apple.