Kenapa Nilai Score 3uTools 98 dan Apa Artinya?

Tidak jarang pengguna iPhone, iPad, atau iPod touch mendapati bahwa 3uTools memberikan nilai score sebesar 98 padahal dari Test Result sendiri menampilkan hasil Normal.


Lalu apa artinya dan kenapa 3uTools bisa menampilkan score sebesar 98?

Kondisi Perangkat

Kesehatan Baterai (Battery Life) yang rendah merupakan salah satu faktor yang diduga menyebabkan 3uTools memberikan skor sebesar 98.

Normalnya Kesehatan Baterai iPhone yang masuk kategori bagus yakni berada di atas 90%.

Selain itu Sales Model atau model penjualan iPhone tersebut juga berpengaruh.

Status Sales Model

Diketahui juga bahwa 3uTools memberikan testing score sebesar 98 dikarenakan status Sales Model perangkat tersebut.

1. Apple Replaced Device

Status pertama datang dari tulisan Apple Replaced Device yang menandakan bahwa perangkat tersebut merupakan perangkat pengganti yang diberikan oleh Apple ketika pengguna melakukan klaim garansi.

2. Apple Refurbished Device

Status ini menandakan bahwa perangkat merupakan hasil perbaikan (refurbished/rekondisi) yang dijual kembali secara resmi oleh Apple melalui websitenya.

3. Demo Device

Seperti namanya perangkat ini merupakan perangkat yang digunakan sebagai percobaan yang biasanya dipajang di toko-toko resmi Apple.

Penutup

Pada intinya selama status komponen lainnya masih menampilkan Normal tidak ada yang perlu terlalu dikhawatirkan, setidaknya penurunan 2 angka ke 98 tidak tergolong serius.

Berbeda apabila 3uTools mendeteksi ada komponen yang jelas-jelas terdeteksi pernah diganti sebelumnya, maka score akan berada setidaknya 95 atau lebih rendah.