Low Power Mode iPhone Apakah Berbahaya dan Dapat Merusak Baterai?

Low Power Mode atau Mode Daya Rendah merupakan salah satu fitur pada iPhone yang berfungsi untuk menghemat penggunaan daya Baterai.


Meskipun terlihat sederhana namun tidak sedikit pengguna iPhone yang mempertanyakan soal efek dari Low Power Mode tersebut, apakah berbahaya? merusak baterai?

Apa itu Low Power Mode pada iPhone dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Low Power Mode atau Mode Daya Rendah merupakan fitur pada iPhone yang berfungsi untuk menghemat penggunaan daya baterai. Dengan cara menghentikan sementara beberapa proses tertentu yang berpotensi mengkonsumsi banyak daya, diantaranya:

  • Fetch Email
  • Segarkan App di Latar (background app refresh)
  • Download Otomatis (contoh update iOS atau aplikasi)
  • Backup Foto iCloud
  • Beberapa Efek Animasi (contoh efek zoom perspektif wallpaper)
  • Kunci Otomatis / Auto Lock dipersingkat menjadi 30 detik
  • Layanan 5G (kecuali untuk streaming video)

Selain itu dari pengujian yang dilakukan efek lainnya dari Low Power Mode juga berdampak pada fitur berikut:

  • Pengurangan performa maksimal iPhone
  • Pengurangan kecerahan maksimal layar

Fitur Low Power Mode ini juga secara otomatis akan diaktifkan ketika level baterai iPhone telah mencapai angka di bawah 20%, dan secara otomatis juga dinonaktifkan ketika sedang mengisi daya atau level baterai telah menyentuh diangka 80%.

Indikator aktifnya Low Power Mode akan mengubah icon Baterai menjadi warna orange-kuning.

Apakah Low Power Mode pada iPhone Berbahaya dan Dapat Merusak Baterai?

Low Power Mode hanya bertugas untuk menghemat penggunaan baterai dengan menunda proses tertentu yang berpotensi mengkonsumsi banyak daya. Jadi penggunaan Low Power Mode sama sekali tidak berbahaya dan tidak akan merusak baterai.

Yang terjadi malah sebaliknya fitur Low Power Mode dapat membantu menjaga kesehatan baterai iPhone, lah kok bisa? berikut penjelasannya:

Baterai pada iPhone memiliki masa pakai yang dihitung juga berdasarkan total pengisian daya yang telah dilakukan. Semakin banyak pengisian daya mengindikasikan semakin menurunnya kesehatan baterai.

Dengan hadirnya fitur Low Power Mode yang membantu iPhone menghemat penggunaan daya baterai, dapat berdampak pada mengurangnya frekuensi pengisian daya sehingga kesehatan baterai iPhone menjadi lebih awet.

Kekurangan dari Fitur Low Power Mode iPhone

Sejauh ini kekurangan dari Fitur Low Power mode datang dari proses-proses yang dinonaktifkan sementara seperti yang sudah dijelaskan di awal (menonaktifkan auto update, fetch email, dsb). Namun hal tersebut juga dilakukan demi mengurangi kinerja iPhone sehingga dapat menekan penggunaan baterai.

Kapan Harus Mengaktifkan Low Power Mode?

Low Power Mode sangat disarankan untuk digunakan saat level baterai telah menyentuh angka di bawah 20% atau saat sedang bepergian dan jauh dari sumber pengisian daya.

Sedangkan kalian bisa menonaktifkan Low Power Mode saat level baterai berada di atas 80% atau sedang berada dirumah, kantor, dan tempat lainnya yang dekat dengan sumber pengisian daya.

Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Low Power Mode atau Mode Daya Rendah, kalian bisa melakukannya melalui aplikasi Pengautran > Baterai atau tap icon baterai melalui panel Control Center.


Perlu diketahui juga bahwa fitur Low Power Mode ini hanya tersedia bagi pengguna iPhone saja, sedangkan iPod touch dan iPad tidak memilikinya.