Battery Health iPhone Bisa Dipalsukan, Ini Rahasianya

Apabila kalian baru saja mendapatkan iPhone Second dengan Battery Health atau Kesehatan Baterai 100% tetapi dalam waktu yang singkat turun dengan sangat cepat. Hati-hati, ada kemungkinan Battery Health di iPhone tersebut telah dipalsukan, dimodifikasi, dimanipulasi, di-edit, diganti, atau diubah dengan alat khusus.

Battery Health iPhone Ternyata Bisa Dipalsukan!


Berawal dari banyaknya laporan dari banyak pengguna iPhone terutama dalam Second yang mengeluhkan bahwa Battery Health mereka turun sangat drastis dalam waktu yang singkat, membuat Admin penasaran lalu mencari-cari serta meneliti penyebabnya.

Hingga pada akhirnya Admin cukup lega setelah menemukan fakta bahwa Battery Health atau Kesehatan Baterai di iPhone ternyata bisa dengan mudah dipalsukan, dimanipulasi, diedit, dimodifikasi, atau apapun itu dengan bantuan sebuah alat khusus.

Nah, sebelum membahas lebih jauh soal alat dan metode yang digunakan, mari kita bahas dulu ciri-ciri iPhone yang Battery Health-nya terindikasi sudah dipalsukan.

Ciri-Ciri Battery Health iPhone yang Sudah Dipalsukan

Salah satu tanda bahwa Battery Health iPhone sudah dipalsukan, dimodifikasi, dimanipulasi, di-edit, diganti, atau diubah adalah dengan cara melihat jumlah Pengisian Daya (Charge Times) alias sudah seberapa banyak iPhone tersebut dicharge.

Meskipun sebenarnya Charge Times ini bisa diedit juga, namun kebanyakan kasus mereka me-resetnya kembali ke 0 kali.

Untuk mengetahui Charge Times baterai kalian dapat menggunakan bantuan aplikasi "3uTools" di komputer dengan Windows 10 atau "coconutBattery" di Mac.

1. Download aplikasi berikut (sesuaikan OS)


2. Setelah itu hubungkan iPhone ke komputer dengan kabel USB

3. Jika sudah buka aplikasi 3uTools atau coconutBattery

4. Apabila iPhone telah terdeteksi, untuk pengguna 3uTools silakan pilih menu Battery Life (klik Details). Sedangkan coconutBattery klik pada menu iOS Device


5. Untuk pengguna 3uTools coba perhatikan menu Charge Times dan Battery Life. Sedangkan pengguna coconutBattery perhatikan menu Design capacity dan Cycle Count
 
Hasil ini diambil dari iPhone XS Max Admin sendiri yang diduga kuat sudah dipalsukan data baterainya.

Apabila Charge Times (Cycle Count) menunjukkan angka 0 kali, 1 kali, 2 kali, atau setidaknya di bawah 20 kali, sedangkan Battery Health iPhone yang tadinya berada di 100% kini telah turun drastis hingga lebih dari 3% atau 5% dalam waktu yang sangat singkat (misalnya kurang dari seminggu), maka sampai di sini bisa disimpulkan bahwa kemungkinan yang sangat besar Battery Health di iPhone tersebut telah dimanipulasi alias dipalsukan!

Mengapa Charge Times (Cycle Count)?

Sederhananya untuk iPhone bekas dipakai/second, apakah wajar kalau baru dicharge 1 kali, 2 kali, 3 kali, atau di bawah 20 kali? belum lagi Battery Health juga ikut menurun drastis dalam tempo waktu yang sangat singkat.

Selain itu sudah berapa lama sih umur iPhone tersebut sejak pertama kali dirilis oleh Apple? cek di sini: Daftar iPhone yang Sudah Tidak Diproduksi Lagi oleh Apple

Untuk menguatkan bukti bila iPhone tersebut sebenarnya sudah sering dicharge sebelumnya, coba cek lubang port charge pada iPhone menggunakan senter/flash. Apabila terdapat cukup banyak noda, kotoran, atau debu, bukankah ini pertanda iPhone tersebut sudah sering dicharge sebelumnya?

Battery Health iPhone Dipalsukan dengan Alat Khusus

Bagi yang masih ragu, di luar sana ada lho alat khusus yang digunakan untuk mengubah data pada baterai iPhone bahkan untuk komponen lainnya seperti Layar, Tombol Home (Fingerprint), hingga Logic/Chip Baseband.

Salah satu alat tersebut adalah JC V1S Programmer (situs resminya: https://www.jcprogrammer.com/)

Berikut adalah contoh gambar alatnya:


Mau tau cara kerjanya? tonton video-video di bawah berikut ini:



Dari apa yang Admin dapatkan, proses memodifikasi Battery Health alat tersebut diawali dengan mentransfer data dari baterai asli bawaan iPhone ke baterai iPhone pengganti. Tujuannya agar iPhone mengenali bahwa baterai pengganti adalah baterai bawaannya sehingga Battery Health dapat terdeteksi.


Setelah selesai, kini data pada Baterai akan dibersihkan sehingga Cycle Count kembali ke 0 dan Battery Health kemungkinan besar akan tampil menjadi 100%.


Di samping itu melalui video ke dua di atas bisa kalian lihat bahwa angka Charge Times (Cycle Count) dan Battery Health dapat diubah sesuka hati melalui alat tersebut. Wah.. Wah..


Lalu Mengapa Battery Health iPhone Bisa Turun Drastis Secara Tiba-Tiba?

Akibat dari proses modifikasi data Battery Health yang dilakukan melalui alat di atas, seiring dengan waktu dan penggunaan sepertinya iPhone akan mulai membaca Battery Health yang sesungguhnya dari baterai yang datanya telah dimodifikasi tersebut.

Hasilnya, Battery Health akan jauh menurun seiring berjalannya waktu hingga ke titik di mana iPhone mendeteksi kapasitas atau kondisi sesungguhnya dari Baterai tersebut. Hal inilah yang menyebabkan Battery Health dapat turun drastis secara tiba-tiba dalam waktu yang sangat singkat.


Hal ini diperkuat dari pembuktian yang Admin lakukan sendiri melalui iPhone XS Max Second yang Admin beli dengan iming-iming "Ex Inter". Yang mana dari yang tadinya Battery Health 100% turun ke 93% dalam waktu kurang dari 2 minggu saja, terutama setelah melakukan proses Kalibrasi Baterai.

Jadi, bagi yang ingin mendeteksi kondisi asli sesungguhnya dari baterai pada iPhone kalian yang terindikasi sudah dimodifikasi juga, silakan lakukan proses kalibrasi baterai untuk mempercepatnya. Caranya cek postingan berikut: Cara Mudah Kalibrasi Baterai iPhone Baru

Jangan Percaya 3uTools 100% Lagi!

3uTools adalah aplikasi yang kini cukup populer digunakan untuk melihat apakah ada komponen pada iPhone yang telah diganti atau tidak, dengan cara mencocokan nomor seri komponen bawaan iPhone dengan nomor seri komponen pengganti. Jika cocok berarti asli. Jika tidak berarti sudah diganti.

Nah, karena adanya alat di atas maka hasil pendeteksian 3uTools ini dapat dengan sangat mudah dimanipulasi bukan?

Silakan baca lagi contoh detail produk alat di atas melalui gambar berikut:


Penutup...

Untuk saat ini apabila kalian membeli iPhone Second terutama yang umurnya sudah lama sejak dirilis dan mendapatkan Battery Health 100%, maka berhati-hatilah sebab besar kemungkinan hal di atas dapat terjadi.

Ingat, selain baterai komponen lainnya seperti layar atau tombol home juga bisa dimanipulasi, sehingga True Tone yang biasanya dijadikan tolak ukur untuk mengukur keaslian layar saat ini sudah tidak 100% berlaku lagi. Begitu juga dengan indikator-indikator yang lainnya.

Sebagai penutup, saran Admin apabila kalian ingin mendapatkan iPhone yang memiliki kualitas terjamin, pertimbangkan untuk membeli iPhone yang masih dalam kondisi benar-benar baru (nonaktif) dan memiliki garansi resmi dari Apple terhitung sejak iPhone dibeli.