Cara Mudah Kalibrasi Baterai iPhone Baru

Untuk menyesuaikan kondisi baterai agar dapat bekerja optimal dan terbaca secara akurat oleh iPhone diperlukan proses yang dinamakan dengan Kalibrasi Baterai.


Proses kalibrasi baterai cukup penting dilakukan terkhusus bagi yang baru saja mengganti komponen baterai pada iPhone-nya ke komponen baterai yang baru. Sedangkan di sisi lain proses ini tidak terlalu penting/dibutuhkan untuk iPhone yang masih dalam kondisi benar-benar baru (BNIB).

Apa Keuntungan Kalibrasi Baterai?


Kalibrasi Baterai umumnya digunakan untuk memperbaiki iPhone yang baru saja diganti baterai atau iPhone baru yang mengalami masalah seperti berikut:

  • Persentase baterai tiba-tiba menurun/drop
  • Pada satu titik baterai dapat menjadi lebih boros/awet
  • Pengisian daya terkadang memakan waktu yang lama/cepat
  • Tidak mau terisi penuh


Cara Kalibrasi Baterai iPhone Baru


Proses kalibrasi baterai sendiri tidak membutuhkan bantuan dari aplikasi apalagi alat khusus apapun, yang kalian perlukan hanya melakukan hal berikut ini:

  1. Charge iPhone hingga daya baterai 100% (jangan gunakan iPhone selama proses charge berlangsung)
  2. Setelah penuh 100% biarkan tetap dicharge lagi hingga 2 jam ke depan
  3. Jika sudah sekarang gunakan iPhone hingga daya baterai habis tepatnya hingga iPhone mati kehabisan baterai
  4. Jika sudah charge kembali iPhone hingga dayanya 100%, sekali lagi jangan gunakan iPhone selama proses charge berlangsung

Jika sudah maka proses kalibrasi baterai sebenarnya sudah selesai dilakukan dan baterai akan berjalan lebih optimal serta pembacaan daya seharusnya akan jauh lebih akurat.

Kalian dapat mengulangi proses kalibrasi ini hingga 2x untuk hasil yang maksimal, meskipun 1x sebenarnya sudah cukup.


Penutup...

Nah, untuk ke depannya proses kalibrasi ini tidak perlu lagi dilakukan tak terkecuali baterai di iPhone kalian dicurigai mulai terbaca secara tidak akurat lagi.

Selain itu apabila setelah proses kalibrasi baterai tidak membawa perubahan seperti baterai tetap saja boros, drop tiba-tiba, cepat panas, sulit dicharge, dan lain sebagainya, silakan cek Kesehatan Baterai melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Kesehatan Baterai yang sudah memburuk atau adanya tanda kerusakan pada baterai tidak dapat diperbaiki dengan cara kalbrasi, melainkan dengan cara melakukan penggantian ke komponen baterai yang baru.