Battery Health iPhone Tiba-Tiba Turun Drastis

Normalnya Battery Health (BH) atau Kesehatan Baterai iPhone akan menurun secara perlahan-lahan dalam hitungan bulan, misalnya 1% dalam satu, dua, bahkan tiga bulan penggunaan.

Di sisi lain tidak sedikit pengguna yang melaporkan Battery Health di iPhone mereka turun tiba-tiba secara drastis atau langsung lompat sekian persen, misalnya dari 100% langsung turun ke 97% dalam waktu kurang dari 1 minggu.


Lalu apa saja yang menjadi penyebabnya dan bagaimana solusi mengatasinya?

Hasil Pendeteksian Baterai Pengganti

Apabila Baterai pada iPhone baru saja diganti ke yang baru ada kemungkinan iPhone akan melakukan proses untuk membaca kapasitas asli/sesungguhnya dari baterai tersebut, yang kemudian menghasilkan angka Battery Health yang dianggap turun secara drastis/tiba-tiba.

Penurunan tiba-tiba ini biasanya hanya terjadi sekali atau bahkan dua kali hingga sampai pada titik iPhone telah mendeteksi Battery Health secara akurat. Namun, jika penurunan terjadi cukup sering dan drastis serta muncul gejala baterai boros ada kemungkinan baterai pengganti lah yang bermasalah.

Bug pada Pendeteksian/iOS

Meskipun jarang terjadi namun bug atau kesalahan pendeteksian oleh sistem iOS juga dapat menjadi penyebab Battery Health iPhone turun secara tiba-tiba.

Namun ingat, apabila penurunan terjadi pada iPhone yang masih sangat baru misalnya 2 atau 3 minggu pemakaian turun 2% hingga 4%, silakan coba update ke iOS versi terbaru untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat atau silakan garansikan iPhone tersebut jika dicuragai komponen baterainya bermasalah.

Komponen Baterai Bermasalah

Apabila iPhone masih dalam kondisi yang benar-benar baru (bukan second/rekondisi) maka masalah ini dapat disebabkan juga oleh komponen baterai yang cacat bawaan pabrik. Solusinya kalian dapat mencoba menggaransikan iPhone apabila masih dalam masa garansi, terutama jika sudah muncul gejala masalah dari baterai seperti boros, cepat panas, dll.

Apabila iPhone dibeli dalam kondisi second ada kemungkinan besar iPhone tersebut merupakan iPhone (rekondisi) yang sudah pernah diganti baterai, dan baterai pengganti yang digunakan mungkin mengalami masalah atau tidak cocok sehingga iPhone tidak dapat membaca Battery Health-nya dengan benar.


Terlalu Lama Disimpan

iPhone yang terlalu lama disimpan bisa juga menjadi penyebab Battery Health turun secara tiba-tiba, sebab saat disimpan pun (tidak digunakan sama sekali) Battery Health tetap dapat turun secara perlahan-lahan, sehingga ketika akan digunakan kembali iPhone mulai melakukan kalkulasi yang menghasilkan angka Battery Health yang dianggap turun secara drastis/tiba-tiba.

Namun ingat, penurunan Battery Health saat iPhone disimpan tidaklah banyak dan umumnya tidak terjadi secara berulang-ulang, apabila disimpan dengan benar penurunan kira-kira hanya sebesar 1-2% dalam setahun.

Proses Kalibrasi Baterai

Kalibrasi Baterai adalah proses yang digunakan agar iPhone dapat mendeteksi baterai lebih akurat dan optimal.

Jika baterai pada iPhone sudah lama tidak dikalibrasi atau baterai masih dalam kondisi baru diganti, proses kalibrasi biasanya akan menghasilkan pendeteksian Battery Health yang lebih akurat.


Kemungkinan Battery Health Telah Dimodifikasi

Apabila kalian membeli iPhone dalam kondisi bekas/second kemudian menemukan bahwa Battery Health-nya menurun sangat cepat dalam waktu yang singkat, ada kemungkinan bahwa Battery Health di iPhone tersebut telah dimodifikasi/palsukan.


Penutup...

Battery Health normalnya turun secara bertahap, namun ada banyak kemungkinan yang menyebabkan penurunan terjadi dalam lompatan yang besar dalam waktu yang singkat seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Perlu diketahui juga bahwa masalah seperti ini seringkali ditemukan atau alami oleh pengguna iPhone Second yang sudah pernah diganti baterai. Penurunan biasanya akan terus terjadi/berubah apabila pengguna melakukan proses Kalibrasi Baterai. Penyebabnya? tentu komponen Baterai yang sudah tidak lagi asli atau diganti secara tidak resmi melalui alat yang disediakan oleh Apple.