Penyebab Charge iPhone Stuck di 80% dan Cara Mengatasinya

Tidak sedikit pengguna yang mendapati bahwa tiba-tiba iPhone mereka stuck di 80% saja ketika dicharge alias tidak mau mengisi lebih dari 80%.


Lalu apa sih yang penyebabnya dan bagaimana solusi untuk mengatasinya?

Penyebab Charge iPhone Stuck di 80%

1. Overheat

Apabila iPhone kalian dalam keadaan yang cukup panas maka iPhone sendiri akan membatasi pengisian daya hingga 80% saja dengan tujuan untuk melindungi komponen baterai dari kerusakan.

Selain itu tidak jarang terjadi pada iPhone yang sudah pernah diganti baterai sebelumnya.

Solusinya silakan dinginkan terlebih dahulu iPhone kemudian coba charge kembali.

2. Pengisian Daya Optimal

Selain itu apabila hal ini terjadi disela-sela waktu tidur atau waktu dimana pengguna sebenarnya jarang menggunakan iPhone tersebut, maka fitur "Pengisian Daya Optimal" adalah penyebab utama mengapa iPhone hanya mentok di 80% saja ketika dicharge.

Fitur ini berfungsi untuk menjaga Kesehatan Baterai (Battery Health) iPhone agar tidak cepat menurun dengan cara membatasi pengisian daya hingga ke angka 80%. Sebab seperti yang diketahui bahwa 80% adalah angka maksimal dan optimal dimana baterai akan sedikit mengalami beban berlebih (stress/wear).

Namun, iPhone tidak asal membatasi pengisian daya hingga ke 80% begitu saja, sebelumnya iPhone akan mempelajari dulu siklus pengisian daya untuk menentukan waktu dimana iPhone tersebut terdeteksi sering dicharge dan tidak digunakan (misalnya ketika malam ke pagi hari).

Setelah dibatasi iPhone kemudian akan melanjutkan pengisian daya ke 100% pada waktu dimana iPhone mempelajari bahwa pengguna akan segera menggunakan iPhone tersebut lagi.


Untuk menonaktifkan fitur Pengisian Daya Optimal silakan ikuti cara-cara di bawah berikut:

1. Buka aplikasi Pengaturan

2. Masuk ke menu Baterai > Kesehatan Baterai

3. Selanjutnya cari dan nonaktifkan menu "Pengisian Daya Optimal"


4. Jika sudah pilih Matikan Hingga Besok untuk menonaktifkannya sementara (hingga besok) atau pilih Matikan untuk mematikannya secara permanen


Sekarang iPhone tidak akan membatasi pengisian daya ke 80% lagi kapapun itu.

Konsekuensinya mungkin secara tidak langsung Kesehatan Baterai iPhone dapat turun lebih cepat dari yang seharusnya, jadi secara pribadi Admin sendiri menyarankan kalian untuk tetap mengaktifkan fitur ini apabila khawatir dengan Kesehatan Baterai.

Penutup...

Oke, itu saja informasi penyebab dan cara mengatasi iPhone yang stuck di 80% ketika dicharge (dicas/diisi daya). Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih.