Kapan Sebaiknya iPhone Dicas dan Sampai Berapa Persen?

Untuk merawat Baterai iPhone agar tidak mudah rusak atau kesehatannya menurun dapat dilakukan dengan menerapkan pola pengisian daya (ngecas) yang tepat. Kalian bahkan dapat secara signifikan meningkatkan umur baterai hingga lebih dari 2 kali lipat.

Nah, salah satu kebiasaan ngecas yang sangat berpengaruh terhadap Kesehatan Baterai iPhone adalah membiarkan baterai dicas hingga benar-benar penuh atau hingga benar-benar sekarat/kosong.

Kapan Sebaiknya iPhone Dicas dan Sampai Berapa Persen?


Seperti yang diketahui saat ini bahwa ngecas baterai hingga benar-benar penuh ataupun menggunakannya hingga hampir habis, secara tidak langsung dapat memperpendek umur dan memperburuk kesehatan dari baterai tersebut.

Agar kesehatan baterai iPhone tetap terjaga disarankan untuk segera cas baterai iPhone ketika sudah menyentuh angka sekitar 20% dan segera hentikan pengisian daya di sekitar 80%.

Dengan menerapkan kebiasaan tersebut kalian berpotensi dapat meningkatkan umur baterai lebih dari 2x lipat.

Apakah Cara Ini Efektif?


Ya, sudah cukup banyak penelitian yang menunjukkan bahwa membatasi pengisian daya maksimal hingga 80% saja dapat memperlambat penurunan Kesehatan Baterai.

Bahkan Apple sendiri menanamkan fitur "Pengisian Daya Optimal" untuk menjaga Kesehatan Baterai iPhone agar tidak cepat menurun, dengan cara membatasi pengisian daya baterai hingga sekitar 80% saja di waktu-waktu tertentu kemudian melanjutkannya ke 100% saat terdeteksi akan segera digunakan.

Hal ini dilakukan agar baterai tidak berada pada angka 100% terus-menerus yang mana dapat mempercepat penurunan kesehatannya.


Informasi lebih lengkapnya dapat kalian cek juga melalui website berikut Battery University

Tidak Perlu Sering Diterapkan


Meski begitu mungkin adalah hal yang sulit untuk selalu menerapkan pola pengisian daya (ngecas) di atas, terutama bagi kita yang cukup sibuk dengan beragam urusan sehingga terkadang tidak sempat terpikirkan lagi.

Maka dari itu Admin sendiri menyarankan untuk menerapkan pola 20%-80% apabila sedang berada di rumah dan dekat dengan sumber pengisian daya saja. Sedangkan apabila kalian sedang bepergian atau jauh dari sumber pengisian daya, mengisi daya baterai hingga benar-benar penuh 100% adalah hal yang tidak perlu terlalu dihindari.