Battery Health iPhone Tidak Turun atau Stuck di 100%

Battery Health iPhone tidak menurun dari 100% bukan kah itu pertanda yang bagus? tidak juga, sebab normalnya Battery Health (BHa.k.a Kesehatan Baterai secara pasti akan mengalami penurunan seiring dengan waktu dan penggunaan.


Penurunan ini normalnya terjadi setidaknya beberapa minggu atau bulan setelah iPhone digunakan, meski tergatung juga pada perawatan yang dilakukan serta intensitas penggunaan iPhone.

Baca Juga : Cara Memperlambat Penurunan Kesehatan Baterai iPhone

Namun, apabila Battery Health iPhone tidak juga menurun setelah setidaknya 3 atau 6 bulan bahkan 1 tahun penggunaan normal, maka ada 3 kemungkinan yang terjadi:

  1. Battery Health iPhone tersebut memang awet (mungkin karena perawatan yang dilakukan juga)
  2. Bug pada iOS yang menyebabkan angka tidak menurun (stuck)
  3. Komponen baterai tidak resmi/asli bawaan iPhone

Battery Health Awet?

Sebagai contoh saja, Admin sendiri memiliki iPhone 11 yang tergolong sangat jarang digunakan. Screen Time berkisar 10-30 menit sehari bahkan terkadang tidak digunakan sama sekali atau dalam seminggu hanya 4-5 hari digunakan. Di-charge pun biasanya hanya 2-3 hari sekali dan dibatasi hingga 80% saja.


Hingga pada akhirnya kurang lebih 1 tahun digunakan akhirnya Battery Health menurun juga ke angka 99%.


Jadi, apabila iPhone kalian tergolong sangat jarang digunakan seperti halnya iPhone 11 Admin, tentu Battery Health akan benar-benar awet apalagi jika iPhone yang digunakan tergolong model terbaru dan memiliki baterai yang besar.

Tetapi jika iPhone cukup sering digunakan maka rasanya kemungkinan ini sangat kecil terjadi.

Bug pada iOS

Bug atau Kesalahan Kalkulasi Battery Health oleh sistem mungkin saja menyebabkan penurunan tidak terjadi.

Sebenarnya untuk mengatasi masalah ini cukup mudah, caranya silakan update ke iOS versi paling terbaru dan cek kembali hasilnya.

Apabila tidak berhasil juga tunggu hingga update iOS berikutnya atau cek kemungkinan selanjutnya berikut ini.

Baterai Tidak Resmi/Asli Bawaan iPhone


Terkhusus bagi yang mendapatkan iPhone tersebut dengan kondisi second, cek kemungkinan bahwa komponen Baterai pada iPhone tersebut mungkin sudah tidak lagi asli bawaannya atau tidak resmi diganti oleh Apple.

Mengganti atau menggunakan komponen Baterai pada iPhone yang tidak resmi melalui Apple akan menyebabkan Battery Health tidak terbaca dengan benar yakni stuck di 100%.

Hal ini Admin alami sendiri di beberapa iPhone Admin yang sebelumnya sudah diganti ke baterai yang tidak resmi dari Apple, dan benar saja meskipun di awal-awal Battery Health terbaca 100% namun angka tersebut tidak menurun bahkan setelah lebih dari 1 tahun digunakan. Sudah coba direset, update iOS, dan lain sebagainya namun hasilnya tetap tidak berubah.

Untuk memastikan hal ini kalian dapat melakukan pengecekan terhadap keaslian komponen yang ada pada iPhone apakah masih asli bawaannya atau sudah ada yang pernah diganti (khususnya baterai), melalui aplikasi 3uTools. Namun ingat, 3uTools tidak 100% akurat dan bisa dimanipulasi.


Penutup...

Bagaimana, apa kira-kira yang menyebabkan Battery Health/BH di iPhone kalian stuck atau tidak menurun dari 100%?

Apabila masih ragu saran Admin coba digunakan dulu hingga beberapa waktu ke depan. Tetapi apabila setelah dicek dengan 3uTools bahwa baterai sudah pernah diganti sebelumnya maka kemungkinan terbesar komponen baterai tersebut telah diganti secara tidak resmi.