Cara Mengetahui Baterai iPhone Sudah Pernah Diganti atau Belum Menggunakan 3uTools

Baterai merupakan salah satu komponen paling penting dan vital bagi iPhone, baterai mengaliri daya untuk seluruh komponen pada iPhone agar dapat berfungsi dengan baik.

Maka dari itu penting untuk mengetahui apakah baterai pada iPhone sudah pernah diganti sebelumnya atau belum penah sama sekali, disamping itu penting juga untuk memperhatikan apakah baterai yang digunakan oleh iPhone kalian merupakan baterai yang asli atau tidak.


Hal ini sangat disarankan bagi kalian yang baru saja membeli iPhone terutama untuk iPhone second, refurbished hingga iPhone CPO.

Nah, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara mengecek apakah baterai pernah diganti sebelumnya atau tidak menggunakan aplikasi 3uTools.
Cara Cek / Mengetahui Baterai iPhone Sudah Pernah Diganti atau Tidak Menggunakan 3uTools

3uTools merupakan aplikasi manajemen iOS multifungsi yang sangat berguna, selain dapat mentransfer data seperti foto, video, musik, dokumen dan lain-lain tanpa melalui iTunes. 3uTools juga dapat digunakan untuk melakukan pengecekan apakah komponen pada iPhone kalian pernah diganti sebelumnya atau tidak, dan salah satunya yang akan kita cek adalah Baterai.

Kalau begitu langsung saja ikuti caranya berikut ini:

1. Siapkan Komputer, Laptop atau Mac

2. Lalu download dan install aplikasi iTunes dan 3uTools (jika iTunes sudah ada tidak perlu lagi)

Download - iTunes
Download - 3uTools

3. Jika sudah sekarang sambungkan iPhone ke komputer dan buka aplikasi 3uTools

Catatan: Jangan lupa buka password iPhone terlebih dahulu agar iTunes dan 3uTools dapat membaca dan mengakses informasi iPhone.

4. Setelah 3uTools terbuka dan mendeteksi iPhone, silakan klik pada menu " View Verification Report " contohnya bisa kalian lihat gambar berikut


5. Jika muncul peringatan Permission Reminder klik saja Authorize to View

6. Apabila berhasil maka akan muncul menu yang akan menampilkan apakah komponen pada iPhone sudah pernah diganti sebelumnya atau tidak, termasuk Baterai.

Silakan perhatikan kolom menu Battery Serial Number, apabila menampilkan hasil " Battery may be changed " hal ini menandakan baterai pada iPhone kalian pernah diganti sebelumya.


Namun jika menampilkan status Normal berarti baterai pada iPhone kalian masih asli alias original bawaan pabrik.


Cek Keaslian Baterai iPhone

Selain melalui 3uTools, salah satu ciri-ciri utama baterai pada iPhone sudah pernah diganti terutama untuk komponen baterai yang tidak resmi dari Apple, yakni munculnya pesan seperti berikut pada menu Kesehatan Baterai iPhone (Pengaturan > Umum > Kesehatan Baterai).

Pesan Baterai Penting

Tidak dapat memverifikasi keaslian baterai Apple pada iPhone ini. Informasi kesehatan tidak tersedia untuk baterai ini.

Pesan Baterai Penting

iPhone ini tidak dapat menentukan kesehatan baterai. Penyedia Servis Resmi Apple dapat melakukan servis pada baterai.

Apabila pesan di atas tidak muncul, angka kesehatan baterai (kapasitas maksimum) dapat ditampilkan, dan 3uTools mendeteksi bahwa baterai pada iPhone Normal, maka bisa dipastikan bahwa baterai pada iPhone tersebut masih asli bawaan pabrik.

Bagiamana gampang kan? baik sekian dulu postingan kali ini, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!

Baca Juga : Penyebab Kesehatan Baterai iPhone yang Cepat Menurun