Resiko Mengganti Baterai iPhone Dengan Yang Tidak Asli / KW / Palsu / OEM

Baterai adalah salah satu komponen paling penting di iPhone, baterai memberikan suplai daya pada iPhone agar dapat hidup dan berfungsi sebagai mana mestinya.

Apple sendiri merancang baterai iPhone sesuai dengan standar performa, keamanan dan pengoptimalan yang dibutuhkan oleh iPhone. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kesehatan baterai pada iPhone akan semakin menurun yang berakibat pada berkuranganya durasi pemakaian dan performa iPhone yang menurun hingga beberapa fungsi yang tidak dapat dijalankan dengan baik.

Kalau sudah begitu melakukan penggantian baterai iPhone ke yang baru merupakan pilihan terbaik.


Sebelum mengganti baterai pada iPhone ada beberapa hal yang cukup penting yang perlu kalian perhatikan, yaitu keaslian dari baterai yang digunakan. Mengganti baterai tidak asli dan resmi dari Apple (KW/OEM) memiliki resiko dan kekurangannya sendiri.

Apa sajakah itu?

Resiko dan Kekurangan Menggunakan Baterai Tidak Asli Pada iPhone

1. Tidak Tersedianya Infomasi Kesehatan Baterai

Informasi Kesehatan baterai pada iPhone hanya dapat kalian temukan apabila menggunakan komponen baterai yang asli dan resmi dari Apple. iPhone sendiri tidak dapat membaca informasi kesehatan baterai dari komponen baterai yang tidak asli

Selain itu meskipun kesehatanya terbaca biasanya stuck di 100% atau pembacaan tidak akurat (turun drastis secara tiba-tiba/berubah-ubah).

2. Daya Tahan Baterai Yang Buruk

Seperti yang diketahui hampir seluruh kualitas baterai kw tidak sebaik dan setahan lama baterai asli bawaan iPhone tersebut.

Meski tidak semuanya, namun baterai pengganti dengan kualitas buruk memiliki umur pakai dan daya tahan yang juga buruk.

3. iPhone Menjadi Cepat Panas

Dalam beberapa kasus tertentu, baterai yang tidak asli lebih cepat panas dibandingkan dengan yang asli bawaan iPhone. Hal ini meningkatkan resiko daya tahan baterai yang cepat habis hingga kerusakan pada iPhone itu sendiri.

4. Berdampak Buruk Pada Kesehatan iPhone

Baterai asli dirancang secara khusus oleh Apple agar dapat beroperasi dengan sangat baik pada iPhone. Sedangkan baterai tidak asli yang berkualitas rendah memiliki standar keamanan yang tidak sebaik baterai asli.

Dalam kasus tetentu baterai tidak asli dapat merusak komponen pada iPhone secara perlahan untuk jangka panjang.

5. iPhone Menjadi Tidak Stabil

Baterai palsu berkualitas rendah juga memiliki arus daya yang kurang baik. Dalam beberapa kasus hal ini berdampak pada pengalaman penggunaan iPhone yang menjadi berkurang, seperti iPhone sering restart sendiri, sering ngelag, dan lain sebagainya.

6. Resiko iPhone Meledak

Sering kita dengar beberapa kasus iPhone meledak, dan salah satu pemicunya tentu saja adalah baterai. Menggunakan baterai yang tidak asli apalagi tidak sesuai standar keamanan dapat meningkatkan resiko iPhone meledak dan terbakar.

Jadi sebisa mungkin untuk menggunakan baterai iPhone yang berkualitas baik.

Penutup...

Baik itu saja resiko-resiko yang dapat ditimbulkan akibat dari mengganti atau menggunakan baterai iPhone dengan baterai tidak asli apalagi yang berkualitas rendah. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin ada yang mau menambahkan? silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!