Penyebab iPhone Ngelag Saat Baterai Low / Lemah

Secara otomatis iPhone akan mengaktifkan fitur Mode Daya Rendah saat baterai iPhone sudah menyentuh dibawah angka 20%. Fitur mode daya rendah ini berfungsi untuk menekan penggunaan baterai pada iPhone sehemat mungkin, dengan cara menonaktifkan dan mengurangi beberapa fitur pada iPhone. Contohnya saja menurunkan kecerahan layar, membatasi kinerja iPhone hingga menonaktifkan backup dan download otomatis.


Namun dalam beberapa kasus tertentu banyak pengguna iPhone yang mengalami masalah ketika mode daya rendah ini aktif atau saat dalam keadaan lowbat. Kasus yang paling banyak terjadi yaitu iPhone menjadi sangat Ngelag ketika digunakan, dan hal ini dapat teratasi setelah iPhone dicas. Seharusnya ketika iPhone lowbat atau mode daya rendah aktif, maka iPhone akan berjalan dengan normal tanpa lag.

Penyebab iPhone Ngelag Saat Baterai Low atau Saat Mode Daya Rendah Aktif

Kualitas kesehatan baterai iPhone yang sudah memburuk, misalnya saja dibawah 60% dari kapasitas aslinya. Dapat menjadi penyebab utama kenapa iPhone menjadi lag saat baterai mulai melemah. Kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh baterai yang tidak sanggup memberikan daya yang dibutuhkan iPhone dengan normal.

Selain itu kemungkinan lainnya dapat juga disebabkan oleh manajemen daya pada iOS yang bug atau penggunaan aksesoris iPhone yang tidak asli.

Solusi Memperbaiki iPhone Ngelag Saat Baterai iPhone Low / Lemah

Sebelum memutuskan untuk mengganti baterai pada iPhone kalian dengan yang baru, kalian dapat mengikuti beberapa cara berikut untuk memperbaikinya.

Restart iPhone

Ya, cara paling sederhana yang dapat kalian lakukan pertama adalah dengan merestart iPhone kalian. Secara sederhana silahkan matikan iPhone kalian selama sekitar satu atau dua menit kemudian nyalakan kembali dan lihat hasilnya.

Update ke iOS Versi Terbaru

Silahkan download dan install pembaruan iOS versi terbaru, caranya silahkan sambungkan iPhone kalian ke koneksi Wi-Fi dan pastikan sisa baterai pada iPhone minimal 50%. Setelah itu masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, jika sudah silahkan download dan install jika tersedia pembaruan iOS versi terbaru.


Reset Pengaturan iPhone

Dalam beberapa kasus mereset pengaturan iPhone dapat mengatasi masalah tersebut, sebelum melanjutkan perlu diperhatikan bahwa cara ini akan mengatur ulang pengaturan iPhone kalian ke pengaturan awal ( tanpa menghapus data ). Caranya silahkan masuk ke Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.


Nonaktifkan Mode Daya Rendah

Apabila masalah ini terjadi mode daya rendah kalian aktif, untuk sementara kalian dapat menonaktifkan fitur mode daya rendah melalui icon baterai pada pusat kontrol atau masuk ke aplikasi Pengaturan > Baterai > Mode Daya Rendah. Jika dengan menonaktifkan fitur mode daya rendah iPhone kalian kembali normal, untuk sementara setiap kali baterai iPhone sudah menyentuh diangka 20% silahkan nonaktifkan fitur ini kembali.


Mengganti Ke Baterai Yang Baru

Mau tidak mau apabila kesehatan baterai kalian sudah sangat buruk apalagi baterai yang digunakan merupakan baterai tidak asli dari Apple. Disarankan untuk mengganti baterai tersebut ke baterai yang baru, resmi dan asli dari Apple. Dalam banyak kasus mengganti baterai iPhone ke yang baru merupakan solusi utama dalam menatasi masalah ini.


Baik sekian informasi penyebab dan cara memperbaiki iPhone yang menjadi lag saat baterai iPhone lemah ataupun saat mode daya rendah aktif. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!