Penyebab Mode Potret pada Kamera iPhone Tidak Berfungsi

Mode Potret / Portrait merupakan salah satu fitur kamera pada iPhone yang digunakan untuk mengambil gambar dengan efek kedalaman bidang ( depth-of-field ). Dengan menggunakan mode ini gambar yang dihasilkan akan terfokus pada objek yang akan diambil, sedangkan objek latarnya akan di buramkan. Kamera Potret ini tersedia mulai dari iPhone 7 Plus, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max dan seterusnya. Sedangkan untuk Mode Potret pada Kamera Depan hanya terdapat pada iPhone X dan lebih baru.


Dibalik keindahan fitur kamera Potret, ada beberapa pengguna iPhone yang mengeluhkan bahwa mode Potret pada iPhone mereka tidak dapat berfungsi. Sebenarnya apa yang menjadi penyebabnya? dan bagaimana solusi mengatasinya?

Penyebab dan Cara Mengatasi Mode Potret iPhone Tidak Berfungsi

Banyak hal yang dapat menyebabkan Mode Potret pada iPhone tidak berfungsi, mulai dari bug pada iOS atau aplikasi kamera hingga terdapat masalah pada kamera iPhone itu sendiri. Untuk memastikan dan memperbaiki masalah ini kalian dapat mencoba beberapa cara-cara berikut ini :

Pastikan Kalian Mengambil Gambar Mode Potret Dengan Jarak Yang Agak Jauh

Saat mengambil gambar dalam mode potret, kamera akan terasa seperti diperbesar atau ngezoom. Hal ini normal karena seperti inilah cara mode potret bekerja. Maka dari itu untuk mengambil gambar dengan mode potret kalian diharuskan untuk sedikit menjauhkan kamera iPhone dengan objek yang akan diambil.

Mode Potret Tidak Dapat Bekerja pada Kondisi Cahaya Gelap

Untuk saat ini kalian tidak dapat mengambil gambar dengan mode potret saat kondisi cahaya sekitar sedang gelap. Maka dari itu agar berhasil, pastikan kalian berada pada kondisi cahaya yang cukup terang sebelum mengambil gambar dengan mode potret.

Mode Potret pada iPhone XR Tidak Bisa Mendeteksi Benda

Khusus untuk pengguna iPhone XR, kalian tidak dapat mengambil gambar atau objek benda dengan menggunakan mode potret pada kamera belakang. Karena hanya memiliki satu buah kamera saja, mode potret pada iPhone XR hanya bekerja untuk objek manusia dengan memanfaatkan pendeteksian wajah.

Restart iPhone

Langkah pertama yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan merestart iPhone kalian. Secara sederhana silahkan matikan iPhone selama sekitar satu menit, kemudian nyalakan kembali dan lihat hasilnya.

Bersihkan Lensa iPhone

Lensa kamera pada iPhone yang kotor juga dapat menyebabkan mode potret sulit untuk fokus ke objek. Jadi coba bersihkan lensa kamera pada iPhone kemudian coba kembali.

Update ke iOS Terbaru

Selanjutnya kalian bisa mencoba mengupdate iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Caranya silahkan siapkan koneksi wifi dan baterai minimal 50%, jika sudah download dan install pembaruan iOS yang tersedia melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Reset Pengaturan iPhone

Dalam beberapa kasus mengatur ulang pengaturan pada iPhone dapat mengatasi masalah pada mode potret yang tidak dapat berfungsi akibat bug. Mengatur ulang pengaturan pada iPhone akan merubah seluruh susunan icon, password wifi tersimpan ke pengaturan awal namun tanpa menghapus data. Caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

Khusus Mode Potret Kamera Depan Yang Tidak Berfungsi

Khusus bagi pengguna iPhone dengan Mode Potret pada Kamera Depan seperti iPhone X atau lebih baru.

Cek Apakah Face ID Bekerja

Mode Potret pada kamera depan iPhone memanfaatkan sensor yang digunakan juga oleh Face ID untuk mendeteksi wajah. Apabila Face ID kalian tidak bekerja maka kemungkinan besar mode potret pada kamera juga ikut tidak bekerja.

Baca Juga : Cara Mengatasi Face ID Tidak Bisa Digunakan / Berfungsi / Mendeteksi Wajah

Solusi Terakhir

Apabila cara-cara dan solusi diatas tidak juga membuahkan hasil, ada kemungkinan terdapat masalah pada komponen kamera yang digunakan oleh iPhone itu sendiri. Kalian bisa coba membawa iPhone kalian ke service center authorized di Indonesia untuk dicek lebih jauh permasalahannya.

Baik sekian informasi tentang penyebab dan cara mengatasi mode potret pada kamera iPhone yang tidak berfungsi. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!