Cara Mengatasi Face ID Tidak Bisa Digunakan / Berfungsi / Mendeteksi Wajah

Face ID adalah salah satu teknologi pengenalan wajah yang di gunakan oleh Apple pada iPhone terbarunya seperti iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max dan iPad Pro model terbaru.


Namun beberapa pengguna mengeluhkan bahwa mereka mengalami masalah saat ingin menggunakan ataupun mendaftarkan Face ID, masalah ini dapat terjadi di akbitkan beragam faktor mulai dari Bug pada iOS hingga faktor eksternal lainnya. Pada postingan kali ini saya akan membagikan cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki Face ID yang tidak bisa di gunakan, berfungsi ataupun tidak bisa mendeteksi wajah.

Cara Memperbaiki Face ID yang Bermasalah

#1 : Restart iPhone

Cara paling simple adalah dengan merestart iPhone kalian yang bermasalah, cara mudahnya silahkan matikan iPhone kalian tunggu beberapa saat ( detik ) kemudian nyalakan kembali, setelah itu seharusnya Face ID kalian sudah dapat berfungsi kembali, jika tidak lanjutkan ke cara di bawah berikut.

#2 : Pastikan Tidak Ada Yang Menutupi Kamera True Depth iPhone

Kamera True Depth yang terletak pada bagian Notch iPhone merupakan komponen yang berfungsi untuk mendeteksi wajah kalian, jadi pastikan tidak ada yang menghalangi kamera True Depth ini entah itu karena Case atau ada benda lainnya yang menempel

#3 : Pastikan Face ID Sudah di Atur

Jika Face ID sama sekali tidak bisa membuka iPhone padahal di aplikasi lainnya bisa ( misalnya : iMessage, Clips ) kemungkinan kalian belum mendaftarkan wajah kalian, silahkan periksa kembali pada menu Pengaturan > Face ID & Kode Sandi. Jika memang Face ID belum terdaftar silahkan pilih menu Atur Face ID.

#4 : Cek Menu Penggunaan Face ID


Pastikan menu-menu untuk memfungsikan Face ID dalam keadaan menyala, contohnya bisa kalian lihat pada gambar di atas, untuk cek silahkan masuk ke Pengaturan > Face ID & Kode Sandi.

#5 : Reset Face ID


Bila Face ID sudah di atur dan tidak juga membuahkan hasil silahkan reset Face ID kalian caranya masuk ke Pengaturan > Face ID & Kode Sandi > Atur Ulang Face ID. Jika sudah silahkan daftarkan kembali wajah kalian ke dalam Face ID dan lihat hasilnya.

#6 : Update ke iOS Terbaru


Silahkan update iOS yang kalian gunakan ke versi terbaru yang tersedia saat ini, caranya silahkan masuk ke menu Pengaturan > Umum > Pembaruan perangkat Lunak.

Jika cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, kemungkinan besar terjadi masalah pada kamera True Depth pada iPhone atau iPad kalian, untuk memastikan hal ini coba ambil gambar Portrait menggunakan Kamera Depan dan lihat hasilnya. Jika mode Portrait tidak bekerja sebagaimana mestinya ( area di sekitar objek tidak blur ) maka kemungkinan besar kamera True Depth kalian bermasalah, namun apabila berhasil kalian bisa coba melanjutkan dengan melakukan restore iPhone, caranya bisa baca pada artikel berikut : Cara Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik Menggunakan iTunes


Apabila cara-cara di atas tidak membuahkan hasil juga silahkan bawa iPhone kalian ke service center authorized Apple di Indonesia untuk di cek lebih lanjut apakah terjadi kerusakan pada salah satu komponen pada iPhone atau tidak. Jika masih memiliki masa garansi lebih baik di garansikan untuk di ganti unit atau di perbaiki oleh Apple.