Cara Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik Menggunakan iTunes

Restore iPhone adalah salah satu cara mengembalikan iPhone, iPad atau iPod ke pengaturan pabrik alias jadi kosong seperti baru lagi, fitur ini juga biasa digunakan sebagai metode untuk memperbaiki iOS yang bermasalah karena ada error, bug, jailbreak ataupun mengosongkan data sebelum iPhone dijual.


Perlu diketahui lagi Proses Restore iPhone ini akan menginstall iOS terbaru secara otomatis (jika tersedia), bagi yang ingin menginstall iOS versi tertentu bisa menggunakan cara restore via ipsw, baca selengkapnya pada artikel berikut : Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Sebelum melanjutkan pastikan kalian sudah membackup data-data penting kalian, karena proses ini akan menghapus seluruh data yang ada iPhone termasuk aplikasi, pastikan juga kalian sudah menyiapkan hal-hal berikut :

  • komputer / latop / mac
  • kabel data iphone (usb)
  • koneksi internet
  • waktu sekitar 2-3 jam

Jika sudah silakan ikuti tutorial di bawah dengan baik!

Do with Your Own Risk! Backup data-data penting sebelum melanjutkan.

1. Log out menu Cari iPhone Saya dari dalam iPhone, caranya masuk ke Pengaturan > Account Apple ID kalian > iCloud > Cari iPhone Saya kemudian matikan.

Tambahan : kalau tujuannya untuk dijual supaya tidak terlock icloud silakan keluarkan iCloudnya, caranya masuk Pengaturan > Account Apple ID kalian scroll paling bawah kemudian Keluar

2. Sambungkan iPhone kalian ke komputer / laptop / mac menggunakan kabel data

3. Buka aplikasi iTunes (jika belum ada download dan install dulu melalui link berikut : Download iTunes atau for Mac)

4. Backup terlebih dahulu data kalian jika diperlukan

5. Ketika iTunes sudah mendeteksi iPhone, silakan klik tombol Restore iPhone...


6. Setelah itu muncul lagi peringatan bahwa iTunes akan merestore iPhone ke iOS terbaru yang tersedia, silakan ikuti prosesnya hingga selesai.

7. Selama proses restore perhatikan iPhone kalian biasanya nanti akan dimintai password untuk konfirmasi kemudian perangkat akan melakukan restart beberapa kali, tenang saja proses ini normal dan berlangsung sekitar 1 jam (tergantung kecepatan komputer dan internet)

8. Ketika selesai silakan buka dan atur dulu iPhonenya kemudian pada iTunes kalian akan diberikan 2 pilihan di iTunes, yang pertama Set up as new iPhone  untuk menjadikan iphone baru dan kosong tanpa data atau Restore from this backup untuk memasukkan kembali data yang tadi sudah dibackup sebelumnya.


Jika sudah klik Continue, untuk yang memilih restore from backup silakan tunggu hingga prosesnya selesai.

Jika sudah selesai selamat iPhone, iPad atau iPod kalian sudah kembali seperti pengaturan pabrik dengan iOS terbaru!

Bagaimana mudah bukan? kalau ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!