Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Firmware disebut juga IPSW disingkat iPhone, iPad, iPod SoftWare merupakan file installer iOS dengan format .ipsw file ini biasa digunakan untuk melakukan update iOS secara manual atau menginstall (restore) ke versi iOS tertentu yang masih disigned oleh Apple.
Download File IPSW

File ipsw bisa kalian dapatkan melalui website IPSW.me silakan download sesuai dengan model iPhone yang kalian gunakan.

Untuk beberapa iPhone tertentu kalian dapat menggunakan fitur Identyfy my iOS Device,


Kemudian masukkan seri Model yang biasanya terletak dibagian belakang iPhone.

sumber gambar [ PhoneArena ]

Jika sudah silakan masukkan serial modelnya misalnya A1784 selanjutnya klik tombol Find My Device, maka otomatis akan muncul model iPhone kalian beserta file IPSW yang cocok, Setelah itu klik Browse all iOS Releases


Cara Memilih File IPSW

Setelah selesai sekarang perhatikan baik-baik versi iOS yang kalian inginkan, pastikan file ipsw / ios yang kalian pilih masih dalam status signed oleh Apple contohnya pada menu Apple Signing Status diberi tanda centang hijau, sedangkan kalau sudah tidak disigned oleh Apple diberi tanda segitiga merah dengan tanda seru didalamnya, untuk download klik pada link dibawah menu download.


Apakah bisa menginstall ipsw / iOS yang sudah tidak disign oleh Apple? jawabannya Tidak Bisa! dalam prosesnya nanti akan gagal karena ditolak oleh server Apple, jadi pilih yang masih Signed dan tersedia saja (centang hijau).

Setelah kalian memilih IPSW yang masih disigned oleh Apple untuk menginstallnya ke dalam iPhone kalian membutuhkan program iTunes, pastikan kalian sudah menginstall iTunes atau dapatkan melalui link berikut :

Download iTunes Windows / Mac

Pastikan juga Komputer atau Mac kalian memiliki akses ke Internet dan Seluruh data di iPhone tersebut sudah dibackup. Jika sudah siap, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

1.
Buka perangkat kalian dan Log out menu Cari iPhone Saya dari dalam iPhone, caranya masuk ke Pengaturan > Account Apple ID kalian > iCloud > Cari iPhone Saya kemudian matikan.

2. Sambungkan perangkat kalian ke dalam komputer / mac yang sudah terinstall iTunes menggunakan kabel data usb

3. Lalu buka aplikasi iTunes, jika sudah langsung saja Tekan dan Tahan tombol SHIFT pada keyboard kemdian klik menu Restore iPhone...


4. Sekarang cari letak file IPSW yang tadi sudah kalian download dan klik Open


5. Jika muncul peringatan sebagai berikut klik saja Restore.


6. Tunggu hingga proses Restorenya selesai biasanya sekitar 30 menit - 1 jam (Extracting, Preparing, Restoring, Verifying), saat proses restore perangkat kalian akan restart berulang-ulang dan itu nomal (bagian dari proses restore).


7. Setelah proses restore selesai kalian akan diberi notifikasi oleh iTunes :


Sekarang silakan atur perangkat kalian seperti biasa, apabila sebelumnya data-data telah dibackup, silakan pilih menu Restore from this backup atau jika ingin melanjutkan dengan data kosong tanpa backup pilih Set up as new iPhone.


Klik Continue jika sudah.

Selesai!

Bagaimana tidak sulit kan? cara ini biasa saya gunakan jika masih ada kesempatan untuk downgrade versi iOS yang masih disigned oleh Apple (buat persiapan Jailbreak, hehe..)

Baik sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!