Apa Itu Other / Lainnya Pada Menu Penyimpanan iPhone?

Bagi kalian pengguna iOS iPhone atau iPadOS iPad pasti bingung ketika melihat pada menu penyimpanan / storage terdapat menu " Other / Lainnya " yang memakan banyak ruang penyimpanan ( kira-kira kurang lebih sekitar 3-5GB ).


Lalu apa itu menu Other / Lainnya pada menu penyimpanan iPhone? kenapa dia bisa ada di situ? lalu bagaimana cara menghapus menu Other tersebut?

#1 : Menu Other / Lainnya...

Menu " Other / Lainnya " yang terdapat pada bagian penyimpanan ini merupakan tempat di mana data-data seperti Informasi Seluler, Suara Siri, Font, Kamus, Log, Cache, Indeks Spotlight, Data Sistem dan lain sebagainya. Intinya penyimpanan Other ini merupakan bagian dari penyimpanan berbagai macam layanan bawaan pada iPhone atau iPad.

#2 : Kenapa Bisa ada Other Storage?

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa ruang penyimapan Other Storage ini tempat berkumpulnya semua informasi, data dan cache dari layanan yang di sediakan oleh iPhone atau iPad, selain itu beberapa file yang sudah dihapus misalnya video atau foto tidak akan langsung terhapus dan mungkin tersimpan dalam bentuk cache, solusinya silahkan restart iPhone kalian.

#3 : Lalu Bagaimana Cara Menghapus Menu " Other / Lainnya "

Dalam beberapa kasus menu ini tidak dapat di hapus karena berisikan informasi dan data-data penting penunjang layanan pada iPhone kalian, selain itu file cache dan log juga tidak dapat di hapus. Namun demikian kalian dapat mengurangi ruang penyimpanan dengan mengikuti beberapa tips berikut :

  • Restart iPhone Kalian ( cara paling ampuh )
  • Bersihkan History dan Data Browsing pada Safari, caranya buka aplikasi Settings > Safari > Clear History and Website Data.
  • Hapus data-data SMS dan iMessage yang tidak lagi di gunakan
  • Hapus Font yang tidak lagi di gunakan pada menu Settings > General > Fonts
  • Kosongkan menu Recently Delete pada aplikasi Photo / Foto
  • Hapus File OTA Update jika ada, caranya buka Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone kemudian cari file update iOS yang sedang di download lalu Hapus
  • Terakhir, hapus aplikasi dan file-file tidak di gunakan lagi pada iPhone, hal ini akan membantu mengosongkan ruang penyimpanan secara signifikan

Baik itu saja hal-hal mengenai menu " Other / Lainnya " pada Penyimpanan iPhone dan iPad, memang menu tersebut merupakan bagian dari sistem sehingga tidak ada cara khusus yang dapat di lakukan untuk menghapus menu tersebut. Jadi untuk menambah ruang penyimpanan cara terbaiknya adalah dengan menghapus aplikasi, foto, video atau file-file yang sudah tidak lagi di gunakan. Cek juga aplikasi " Files " yang kemungkinan besar menyimpan berbagai macam file yang sudah tidak kalian gunakan lagi,

Sekian postingan kali ini, apabila ada yang ingin di tanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!