Berikut Batas Kesehatan Baterai iPhone yang Baik Sebelum Perlu Diganti

Kesehatan Baterai atau Battery Health adalah salah satu fitur pada iPhone yang pertama kali diperkenalkan oleh Apple melalui iOS 11.3, akibat buntut dari kasus pengguna yang mengeluhkan performa iPhone yang tiba-tiba menurun seiring dengan berjalannya waktu.

Fitur Kesehatan Baterai ini sendiri dapat ditemukan melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai > Kapasitas Maksimum.

Hanya iPhone 6 atau yang lebih baru yang mendapatkan fitur Kesehatan Baterai ini.


Mengapa Apple Menurunkan Performa pada iPhone yang Sudah Berusia Lama?

Sebelumnya kita bahas dulu pada kasus kenapa Apple menurunkan performa iPhone yang sudah berusia lama?

Alasannya sederhana, karena baterai iPhone mengalami penurunan performa seiring dengan waktu yang menyebabkan baterai tidak dapat memberikan suplai daya yang dibutuhkan oleh iPhone agar dapat bekerja secara maksimal dan optimal, apabila dipaksakan maka biasanya iPhone akan mengalami mati atau restart secara tiba-tiba.

Baca Juga : Dampak dan Pengaruh dari Penurunan Kesehatan Baterai iPhone

Apa itu Kesehatan Baterai / Battery Health pada iPhone?

Kesehatan Baterai atau Battery Health bekerja dengan melaporkan perkiraan sisa kapasitas yang dapat ditampung oleh baterai iPhone serta kinerja dan kondisi dari baterai itu sendiri.

Semakin kecil angka Kapasitas Maksimum yang dilaporkan pada kesehatan baterai iPhone, menandakan bahwa daya tampung baterai iPhone semakin menurun dari kapasitas aslinya.

Apabila penurunan telah terjadi secara signifikan, bukan tidak mungkin bahwa baterai iPhone akan menjadi lebih cepat habis (boros). Apabila sudah semakin parah maka iPhone akan menerapkan Manajemen Kinerja Baterai untuk mencegah iPhone mati secara tiba-tiba.

Batas Kesehatan Baterai iPhone yang Baik Sebelum Perlu Diganti

Baterai yang normal didesain untuk dapat menyimpan hingga 80% dari kapasitas awalnya pada 500 kali siklus pengisian daya lengkap saat beroperasi dalam keadaan normal.

Untuk jumlah persentase Kesehatan Baterai yang baik memang tidak bisa dipastikan dan terkadang berbeda untuk setiap perangkat, namun perkiraan berikut bisa menjadi patokan yang mungkin cukup akurat:

  • Battery Health iPhone yang berada pada kisaran angka 100% hingga 96% masuk dalam kategori Terbaik dan sangat tidak perlu diganti. (tak terkecuali ada masalah lainnya yang berkaitan dengan baterai)
  • Battery Health iPhone yang berada pada kisaran angka 95% hingga 91% masuk dalam kategori Sangat Baik dan sangat tidak perlu diganti. (tak terkecuali ada masalah lainnya yang berkaitan dengan baterai)
  • Battery Health iPhone yang berada pada kisaran angka 90% hingga 86% masuk dalam kategori Baik dan tidak perlu diganti. (tak terkecuali ada masalah lainnya yang berkaitan dengan baterai)
  • Battery Health iPhone yang berada pada kisaran angka 85% hingga 81% masuk dalam kategori Cukup namun tidak perlu diganti. (tak terkecuali ada masalah lainnya yang berkaitan dengan baterai)
  • Battery Health iPhone yang berada pada kisaran angka 80% hingga 76% masuk dalam kategori Cukup Rendah dan mungkin perlu diganti. (terutama jika sudah muncul masalah yang berkaitan dengan baterai)
  • Battery Health iPhone yang berada pada kisaran angka 75% hingga 71% masuk dalam kategori Rendah dan perlu diganti. (biasanya akan muncul masalah yang berkaitan dengan baterai)
  • Battery Health iPhone yang berada pada kisaran angka 71% ke bawah masuk dalam kategori Sangat Rendah dan perlu diganti. (apalagi masalah yang berkaitan dengan baterai sudah semakin parah)

Biasanya apabila kesehatan baterai iPhone sudah menyentuh di bawah angka 70% maka fitur Manajemen Kinerja untuk Baterai akan diaktifkan, yang artinya performa iPhone akan diturunkan untuk mencegah agar iPhone tidak mati atau restart tiba-tiba, akibat baterai yang sudah tidak dapat menopang kebutuhan daya iPhone secara maksimal.

Baca Juga : Cara Membuat Battery Health iPhone Menjadi Awet 100%

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan Baterai Cepat Menurun

Selain penggunaan, usia dari baterai itu sendiri, dan jumlah siklus pengisian daya, berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempercepat penurunan kesehatan baterai iPhone:

  • Kebiasaan menggunakan iPhone sambil diisi daya
  • Sering menghabiskan baterai hingga benar-benar kosong
  • Terus-menerus diisi meskipun sudah mencapai 100%
  • Suhu pada iPhone yang sering mengalami panas berlebih
  • Menggunakan charger tidak asli dan berkualitas rendah
  • Menggunakan power bank kualitas rendah

Untuk menjaga kesehatan baterai iPhone agar awet disarankan untuk:

  • Selalu menggunakan charger yang asli dan berkualitas
  • Sebisa mungkin hindari menggunakan iPhone sambil diisi daya
  • Segera isi daya baterai setelah menyentuh angka sekitar 20%
  • Dalam kondisi tertentu batasi pengisian daya hingga sekitar 80% hingga 90% saja
  • Hindari menggunakan iPhone di tempat yang panas untuk menjaga iPhone agar tidak mudah panas
  • Rutin update ke iOS versi terbaru untuk mengoptimalkan iPhone

Apabila kesehatan sudah menurun drastis dan disertai juga dengan gejala-gejala lainnya, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke penyedia layanan servis resmi Apple untuk agar dapat diperbaiki.