Cara Membuat Battery Health iPhone Menjadi Awet 100%

Battery Health atau Kesehatan Baterai adalah salah satu fitur yang dirilis oleh Apple untuk memantau kinerja baterai dan mengoptimalkan performa pada iPhone.

Dalam fitur Battery Health pengguna akan mendapatkan menu Kapasitas Maksimum dengan persentase angka yang menunjukkan sisa daya tampung baterai yang sesungguhnya.


Sebagai contoh, iPhone yang benar-benar baru tentu saja memiliki kapasitas maksimum sebesar 100% yang menandakan baterai dapat menampung daya sesuai dengan spesifikasinya.

Namun seiring dengan waktu dan penggunaan, angka tersebut dapat turun yang menandakan bahwa daya tampung baterai iPhone telah berkurang.

Lalu Bagaimana Cara Membuat Kapasitas Battery Health iPhone Menjadi Awet di Angka 100%?

Membuat Battery Health iPhone 100% selamanya untuk saat ini mungkin merupakan hal yang cukup mustahil, yang dapat dilakukan adalah dengan menekan laju penurunan kesehatan baterai agar tetap awet, bahkan iPhone Admin sendiri yang sudah berusia 4 bulan masih memiliki battery health 100%.

Lalu apa saja yang dapat diakukan agar Battery Health pada iPhone tetap awet? berikut tipsnya.

Cas iPhone Maksimal Sampai Sekitar 80% Saja

Baterai adalah salah satu komponen yang sangat rumit, namun berdasarkan beberapa penelitian dengan melakukan pengisian daya maksimal hanya sampai 80% dapat meningkatkan kesehatan baterai pada smartphone secara signifikan, tentu saja hal ini berdampak pada kesehatan baterai pada iPhone yang tetap awet dan tidak mudah kehilangan kapasitas aslinya.

Jangan Tunggu Baterai Kosong

Sama seperti tips pertama di atas, sangat disarankan untuk tidak membiarkan baterai iPhone berada di bawah 20%, persentase yang baik untuk memulai melakukan pengisian daya iPhone jika baterai sudah menunjukan angka sekitar 30%.

Hindari Panas Berlebih

Sebisa mungkin, hindari menggunakan iPhone secara berlebihan saat suhu iPhone terasa cukup panas, sebab panas berlebih pada iPhone dapat mempercepat penurunan kesehatan baterai iPhone.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan panas berlebih pada iPhone seperti:

  • Menggunakan iPhone di ruangan dengan suhu yang panas
  • Menggunakan iPhone sambil dicas
  • Menggunakan Fast Charging
  • Menjalankan game atau aplikasi yang berat dalam waktu yang lama

Hindari Main Sambil Dicas

Intinya hampir sama dengan tips ketiga di atas, memainkan iPhone sambil diisi daya akan membuat kinerja baterai semakin tertekan yang berimbas pada panasnya suhu baterai.

Jadi hindari main sambil dicas ya.. apalagi digunakan untuk bermain game yang menguras kinerja iPhone.

Gunakan Charger yang Original dan Berkualitas

Sangat penting untuk menggunakan Charger iPhone yang original sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditetapkan oleh Apple.

Menggunakan charger abal-abal dengan kualitas yang rendah dapat memperpendek usia baterai pada iPhone itu sendiri karena daya yang diberikan charger abal-abal biasanya tidak sesuai standar yang digunakan untuk baterai pada iPhone.

Selain itu resiko tegangan yang tidak stabil pada charger abal-abal dapat menyebabkan iPhone mengalami kerusakan dengan cepat. Sebagai tambahan sebisa mungkin hindari juga Power Bank berkualitas rendah.

Bisakah Mengubah Battery Health iPhone Saya ke 100% Lagi?

Apabila Battery Health iPhone sudah menunjukkan angka di bawah 100% dan ingin dikembalikan lagi ke 100%, jawabannya tentu saja Bisa, yakni dengan mengganti komponen baterai pada iPhone dengan komponen baterai yang baru.

Battery Health iPhone masih berada di atas 90% sepertinya tidak perlu untuk diganti ke baterai yang baru, karena perbedaannya juga tidak akan terlalu terasa dan masih sangat layak.

Mengganti baterai iPhone sangat disarankan apabila Battery Health sudah berada pada sekitar angka 70% dan lebih rendah, atau iPhone sudah mengalami penurunan performa yang diikuti dengan gejala-gejala lainnya misalnya restart sendiri, aplikasi lemot, volume speaker berkurang, dll.

Kesimpulannya!

Battery Health iPhone hanya dapat dikembalikan menjadi 100% lagi hanya dengan mengganti komponen baterai tersebut dengan yang baru.

Untuk menekan laju penurunan Battery Health, pengguna dapat membatasi pengisian daya iPhone sampai sekitar 80% sampai 90% saja dengan catatan apabila iPhone sedang tidak benar-benar dibutuhkan, kemudian sebisa mungkin hindari panas berlebih pada iPhone, kurangi aplikasi-aplikasi yang membebani kinerja dan menguras baterai iPhone di latar belakang seperti aplikasi sosial media, dan kurangi juga kecerahan layar iPhone atau gunakan kecerahan otomatis agar baterai dapat bertahan lebih lama.

Selain itu secara rutin memperbarui / update iOS ke versi terbaru juga dapat membantu mengoptimalkan kinerja iPhone.