Cara Membuat Battery Health iPhone Menjadi Awet 100%

Battery Health atau Kesehatan Baterai adalah salah satu fitur yang dirilis oleh Apple untuk memantau kinerja baterai dan mengoptimalkan performa pada iPhone. Dalam fitur Battery Health kalian akan melihat menu Kapasitas Maksimum dengan persentase angka yang menunjukkan sisa daya tampung baterai yang sesungguhnya.


Contohnya apabila iPhone kalian merupakan iPhone yang benar-benar baru otomatis kapasitas maksimum akan menunjukkan angka 100% yang menandakan baterai dapat menampung daya sesuai dengan spesifikasinya, misalnya saja :

Kapasitas baterai iPhone 11 sebesar 3.110 mAh = 100% ( baru ), setelah digunakan dalam jangka waktu 1 tahun maka kesehatan baterai menurun menjadi 95%, ini artinya kapasitas maksimum 95% pertanda daya tampung baterai dari 3.110 mAh menurun menjadi 2.954.5 mAh ( kapasitas baterai dikurangi kesehatan baterai contohnya : 3.110 - 95% = 155.5 mAh, berarti dalam 1 tahun kapasitas baterai asli menurun 155.5 mAh, jadinya 3.110 mAh - 155.5 mAh = 2.954.5 mAh = 95% ), ya kira-kira seperti itu.

Lalu Bagaimana Cara Membuat Kapasitas Battery Health iPhone Menjadi Awet di Angka 100%?


Membuat Battery Health iPhone 100% selamanya merupakan hal yang mustahil ( kecuali iPhone tidak digunakan sama sekali hehe ). Nah maka dari itu hal yang dapat kita lakukan adalah dengan menekan laju penurunan kesehatan baterai agar tetap awet, bahkan iPhone admin sendiri yang sudah berusia 4 bulan masih memiliki battery health 100%. Lalu apa saja yang dapat kalian lakukan supaya battery health pada iPhone awet? berikut tipsnya.

Cas iPhone Maksimal Sampai 80% Saja

Baterai adalah salah satu komponen yang sangat rumit, namun berdasarkan beberapa penelitian dengan melakukan pengisian daya maksimal hanya sampai 80% dapat meningkatkan kesehatan baterai pada smartphone secara signifikan, tentu saja hal ini berdampak pada kesehatan baterai pada iPhone yang tetap awet dan tidak mudah kehilangan kapasitas aslinya. Hal ini sendiri sudah digunakan oleh Apple melalui iOS 13 dalam fitur Pengisian Daya Optimal yang membuat iPhone hanya mengisi daya hingga 80% dalam kondisi tertentu dan melakukan charge 100% jika dibutuhkan saja.

Jangan Tunggu Baterai Kosong

Sama seperti no #1 di atas sangat disarankan untuk tidak membiarkan baterai iPhone berada di bawah 20% baru dicas, persentase yang baik untuk memulai melakukan cas iPhone jika baterai sudah menyentuh pada angka 30% hingga 40%.

Hindari Panas Berlebih / Fast Charging

Semakin panas baterai entah itu disebabkan oleh beban kinerja yang berat seperti gaming di ruangan dengan suhu yang panas, ataupun menggunakan fast charging yang berdampak pada meningkatnya panas pada baterai, akan mempercepat penurunan kapasitas yang berimbas pada Battery Health yang menurun lebih cepat. Sangat disarankan untuk tetap menjaga suhu iPhone tetap dalam kondisi normal ( setidaknya hangat ) dan segera istirahatkan iPhone jika dirasa sudah terlalu panas, bagi yang menggunakan Fast Charging pastikan untuk menghindari suhu ruangan yang panas dan lepas case jika perlu.

Hindari Main Sambil Dicas

Intinya hampir sama dengan no #3 di atas, dengan memainkan iPhone sambil diisi daya akan membuat kinerja baterai semakin tertekan yang berimbas pada panasnya suhu baterai. Jadi hindari main sambil dicas ya.. apalagi digunakan untuk bermain game yang menguras kinerja iPhone.

Gunakan Charger yang Original

Sangat penting untuk menggunakan Charger iPhone yang original sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditetapkan oleh Apple. Menggunakan charger palsu dengan kualitas yang rendah dapat memperpendek usia baterai pada iPhone itu sendiri karena daya yang diberikan charger palsu biasanya tidak sesuai standar yang digunakan untuk baterai pada iPhone. Selain itu resiko tegangan yang tidak stabil pada charger palsu dapat menyebabkan iPhone mengalami kerusakan dengan cepat. Sebagai tambahan sebisa mungkin hindari Power Bank dengan kualitas rendah.

Bisakah Mengubah Battery Health iPhone Saya ke 100% Lagi?


Apabila battery health kalian sudah menunjukkan angka dibawah 100% dan ingin mengebalikkannya lagi ke 100%, Jawabannya tentu saja BISA! caranya adalah dengan mengganti komponen baterai pada iPhone dengan komponen baterai yang baru. Namun apabila Battery Health iPhone kalian masih di atas 90% saya rasa tidak perlu untuk mengganti baterai karena perbedaannya juga tidak akan terlalu terasa dan masih sangat usable, mengganti baterai sangat disarankan apabila Battery Health sudah berada sekitar di bawah angka 70% atau iPhone sudah mengalami penurunan performa yang diikuti dengan gejala-gejala lainnya ( restart sendiri, aplikasi lemot, volume speaker berkurang dll ).

Kesimpulannya!

Coba terapkan peraturan 30 - 80 yang artinya cas iPhone jika sudah hampir menyentuh 30% dan hindari cas melebihi angka 80%, hindari juga panas berlebih. Cas iPhone hingga full atau 100% jika ingin bepergian saja dan sesekali tidak masalah membiarkan iPhone drop baterainya hingga di bawah 10% apabila memang dalam kondisi mendesak.

Baik sekian infromasi yang dapat saya berikan, apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau mungkin kalian punya pendapat sendiri? silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!