Cara Mengatasi Suara PPSSPP Android Yang Lag, Patah-Patah dan Pecah

PPSSPP adalah salah satu aplikasi Emulator populer yang di gunakan untuk memainkan berbagai macam game dari konsol PSP ( PlayStation Portable ), aplikasi PPSSPP sendiri tersedia untuk beragam platform dan salah satunya adalah platform Android.


Meskipun begitu emulator PPSSPP di Android ini belum 100% optimal, banyak pengguna yang mengeluhkan masalah dan salah satu masalah tersebut adalah Suara dalam game yang Ngelag, Patah-Patah dan Pecah alias Delay ( telat ). Sebenarnya apa penyebab suara dalam game jadi patah-patah? dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Suara dalam PPSSPP Patah-Patah / Lag

Penyebab paling umum mengapa suara game dalam emulator PPSSPP patah-patah alias lag di karenakan tingkat Framerate yang rendah alias performa smartphone yang kurang mumpuni, selain itu pengaturan Audio yang kurang tepat juga dapat menjadi penyebab yang paling sering terjadi.

Cara Mengatasi Suara Patah-Patah / Lag pada Emulator PPSSPP

Untuk mengatasi masalah Suara yang berantakan, lag, patah-patah pada emulator PPSSPP terbilang cukup mudah, silahkan ikuti tips dan settingan audionya berikut ini :

#1 : Turunkan Latency Audio


Latency Audio merujuk kepada seberapa cepat suara yang di hasilkan pada game akan di kirimkan ke sistem output ( speaker ), semakin rendah Latency Audio maka akan semakin cepat audio di kirimkan ke sistem output dan tentu saja hal ini akan mengurangi bahkan menghilangkan lag pada suara game.

Untuk menurunkan Letancy Audio silahkan buka aplikasi PPSSPP kemudian buka menu Settings > Audio kemudian ubah Audio latency menjadi Low

Jika sudah sekarang coba lagi mainkan gamenya dan lihat hasilnya.

#2 : Kurangi Settingan Grafik


Kualitas Grafik yang terlalu tinggi membuat smartphone Android kalian kewalahan dalam menjalankan game dan imbasnya performa game akan menurun di ikuti juga dengan kualitas Suara yang ikut menjadi patah-patah. Untuk mengatasi masalah ini coba turunkan kualitas Grafik pada PPSSPP kalian menjadi lebih rendah.

Caranya silahkan buka aplikasi PPSSPP kemudian buka menu Settings > Graphics kemudian seret ke bawah lalu pilih menu Rendering resolution dan ubah menjadi 1x PSP selanjutnya pada menu Display Resolution (HW scaler) ubah menjadi Auto (same as rendering resolution)

Jika sudah coba lagi dan lihat hasilnya

#3 : Ganti Rendering Backend


Backend merupakan menu yang di gunakan untuk mengganti API / Engine yang di gunakan dalam menjalankan game emulator, untuk saat ini ada dua API yang tersedia pada Android yaitu OpenGL dan Vulkan. Silahkan coba ganti backend kalian ke backend lainnya misalnya kalian menggunakan backend OpenGL silahkan ganti ke Vulkan begitu juga sebaliknya, silahkan di coba salah satu mana yang paling baik.

Untuk mengganti Rendering Backend silahkan buka aplikasi PPSSPP kemudian buka menu Settings > Graphics > Backend

#4 : Gunakan Auto Frameskip


Lagnya permainan akan berimbas pada kualitas suara yang ikut lag / patah-patah, maka dari itu dengan menyalakan fitur Auto frameskip dapat membantu untuk melewati frame-frame yang tidak perlu yang membebani performa permainan.

Untuk menyalakan Frame skipping silahkan buka aplikasi PPSSPP kemudian buka menu Settings > Graphics kemudian nyalakan menu Auto frameskip

#5 : Update PPSSPP ke Versi Terbaru

Pastikan PPSSPP yang kalian gunakan merupakan versi yang terbaru, silahkan cek pembaruan melalui Google Play Store.

Tips Tambahan Lainnya :

  • Restart smartphone Android kalian
  • Tutup aplikasi lainnya ( bersihkan RAM )
  • Jangan lupa nonaktifkan mode baterai rendah ( hemat daya ) gunakan juga mode performa tinggi jika tersedia
  • Update aplikasi PPSSPP ke versi terbaru
  • Update OS Android ke versi terbaru

Bagaimana apakah berhasil? seperti yang sudah saya jelaskan di awal bahwa lagnya suara dalam game PPSSPP di sebabkan performa yang tidak mencukupi, contohnya game membutuhkan 60 fps untuk berjalan dengan lancar sedangkan smartphone Android kalian hanya mampu menjalankan game dengan 40 fps saja, dampaknya game akan menjadi lag dan suaranya pun ikut patah-patah karena tidak full terbaca. Namun hal tersebut dapat di akali dengan cara-cara yang sudah saya jelaskan di atas.

Baik sekian informasi cara mengatasi suara audio game emulator PPSSPP yang ngelag, patah-patah, pecah dan delay. Apabila ada yang ingin di sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!