Hp Jadi Sedikit Panas Saat Fast / Wireless Charging Apakah Normal?

Fast Charging merupakan salah satu fitur pada Smartphone yang berfungsi untuk mempercepat pengisian daya baterai, jika dulu mengisi daya baterai pada smartphone dapat memakan waktu hingga 2 sampai 3 jam, kini dengan hadirnya fast charging pengisian daya meningkat lebih cepat bahkan bisa mengisi daya baterai 0 - 100% dalam waktu kurang dari 1 jam.


Ada juga fitur Wireless charging yaitu pengisian daya tanpa kabel, cara kerja dari Wireless charging ini yaitu mentransferkan daya energi melalui induksi elektromagnetik, medan induksi yang tercipta ini akan di alirkan ke smartphone untuk di ubah menjadi daya listrik yang kemudian di salurkan ke dalam baterai smartphone.

Namun ada beberapa masalah yang sering di alami oleh pengguna ketika menggunakan fitur Wireless ataupun Fast Charging, masalah itu adalah PANAS yang berlebih pada baterai dalam smartphone. Lalu apakah panas itu normal? dan apakah akan berbahaya jika di gunakan terus menerus?

Jawabannya, Normal!

Menurut Samsung sendiri, apabila smartphone yang kalian gunakan sedikit memanas saat melakukan fast ataupun wireless charging hal ini merupakan hal yang normal. Bahkan hal ini tidak mempengaruhi usia maupun performa dari Smartphone itu sendiri. Samsung juga mengatakan apabila baterai pada smartphone menjadi terlalu panas maka pengisian daya akan secara otomatis di hentikan.

While charging, the device and the charger may become hot. During wireless charging or fast charging, the device may feel hotter to the touch. This does not affect the device’s lifespan or performance and is in the device’s normal range of operation. If the battery becomes too hot, the charger may stop charging.

Tips Mengurangi Panas Saat Melakukan Fast ataupun Wireless Charging


Seperti yang kita ketahui salah satu faktor yang membuat usia baterai cepat menurun adalah panas, maka dari itu di sarankan untuk mengikuti beberapa tips penting berikut saat melakukan pengisian daya tertama menggunakan Fast dan Wireless Charging.

#1 : Bagi yang menggunakan Wireless Charging sangat di sarankan untuk tidak menaruh benda-benda asing di sekitar Charging Pad, benda asing itu misalnya benda yang terbuat dari logam yang dapat mengganggu medan elektromagnetik, contohnya seperti kunci, kartu kredit, dan lain sebagainya. Efek jangka panjangnya mungkin dapat memperlambat pengisian daya sampai resiko terburuknya dapat merusak perangkat.

#2 : Tutup semua aplikasi yang berjalan pada Smartphone untuk mengurangi aktivitas yang dapat menguras performa yang akan menambah beban kerja baterai.

#3 : Gunakan Aksesoris Charger Original yang sesuai dengan standar smartphone masing-masing, dampak dari tidak originalnya charger kemungkinan besar dapat merusak komponen pada smartphone.

#4 : Lepas Case saat melakukan fast atau wireless charging juga dapat membantu membuang panas berlebih pada smartphone akibat teraliri udara segar.

#5 : Apabila smartphone menjadi benar-benar panas, silahkan hentikan pengisian daya terlebih dahulu kemudian lanjutkan kembali apabila kondisi smartphone sudah tidak panas.

#6 : Mematikan Smartphone ketika di cas juga membantu untuk mengurangi beban kinerja smartphone yang berimbas pada optimalnya pengisian daya.

#7 : Bersihkan konektor dalam smartphone dan ujung charger untuk membantu aliran daya yang optimal.

Meskipun begitu sepengalaman admin sendiri memang Fast atau Wireless Charging ini memberikan efek panas yang berlebih, namun sejauh ini smartphone yang admin gunakan aman-aman saja dan baterainya pun masih sangat awet sama seperti saat pertama kali di gunakan sekitar 1 tahunan yang lalu.

Baik sekian informasi tentang panas pada Fast atau Wireless charging, apabila ada yang ingin di sampaikan, tanyakan atau mungkin ada yang mau memberikan pendapatnya sendiri? silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!