Hp Jadi Sedikit Panas Saat Fast atau Wireless Charging Apakah Normal?

Fast Charging merupakan salah satu fitur pada Smartphone yang berfungsi untuk mempercepat pengisian daya baterai, jika dulu mengisi daya baterai pada smartphone dapat memakan waktu hingga 2 sampai 3 jam, kini dengan hadirnya fast charging pengisian daya meningkat lebih cepat bahkan bisa mengisi daya baterai 0 - 100% dalam waktu kurang dari 1 jam.


Ada juga fitur Wireless charging yaitu pengisian daya tanpa kabel, cara kerja dari Wireless charging ini yaitu mentransferkan daya energi melalui induksi elektromagnetik, medan induksi yang tercipta ini akan dialirkan ke smartphone untuk diubah menjadi daya listrik yang kemudian disalurkan ke dalam baterai smartphone.

Namun ada beberapa masalah yang sering dialami oleh pengguna ketika menggunakan fitur Wireless ataupun Fast Charging, masalah itu adalah panas yang berlebih pada baterai dalam smartphone.

Lalu apakah panas itu normal? dan apakah akan berbahaya jika digunakan terus menerus?

Jawabannya, Normal!

Menurut Samsung sendiri, apabila smartphone yang kalian gunakan sedikit memanas saat melakukan fast ataupun wireless charging hal ini merupakan hal yang normal.

Bahkan hal ini tidak mempengaruhi usia maupun performa dari Smartphone itu sendiri. Samsung juga mengatakan apabila baterai pada smartphone menjadi terlalu panas maka pengisian daya akan secara otomatis dihentikan.

While charging, the device and the charger may become hot. During wireless charging or fast charging, the device may feel hotter to the touch. This does not affect the device’s lifespan or performance and is in the device’s normal range of operation. If the battery becomes too hot, the charger may stop charging.

Tips Mengurangi Panas Saat Melakukan Fast ataupun Wireless Charging


Seperti yang kita ketahui salah satu faktor yang membuat usia baterai cepat menurun adalah panas, maka dari itu disarankan untuk mengikuti beberapa tips penting berikut saat melakukan pengisian daya tertama menggunakan Fast dan Wireless Charging.

1. Bagi yang menggunakan Wireless Charging sangat disarankan untuk tidak menaruh benda-benda asing disekitar Charging Pad, benda asing itu misalnya benda yang terbuat dari logam yang dapat mengganggu medan elektromagnetik, contohnya seperti kunci, kartu kredit, dan lain sebagainya. Efek jangka panjangnya mungkin dapat memperlambat pengisian daya sampai resiko terburuknya dapat merusak perangkat.

2. Tutup semua aplikasi yang berjalan pada Smartphone untuk mengurangi aktivitas yang dapat menguras performa yang akan menambah beban kerja baterai.

3. Gunakan Aksesoris Charger Original yang sesuai dengan standar smartphone masing-masing, dampak dari tidak originalnya charger kemungkinan besar dapat merusak komponen pada smartphone.

4. Lepas Case saat melakukan fast atau wireless charging juga dapat membantu membuang panas berlebih pada smartphone akibat teraliri udara segar.

5. Apabila smartphone menjadi benar-benar panas, silakan hentikan pengisian daya terlebih dahulu kemudian lanjutkan kembali apabila kondisi smartphone sudah tidak panas.

6. Mematikan Smartphone ketika dicas juga membantu untuk mengurangi beban kinerja smartphone yang berimbas pada optimalnya pengisian daya.

7. Bersihkan konektor dalam smartphone dan ujung charger untuk membantu aliran daya yang optimal.

Meskipun begitu sepengalaman admin sendiri memang Fast atau Wireless Charging ini memberikan efek panas yang berlebih, namun sejauh ini smartphone yang admin gunakan aman-aman saja dan baterainya pun masih sangat awet sama seperti saat pertama kali digunakan sekitar 1 tahunan yang lalu.

Tetapi untuk jangka panjangnya bukan tidak ada efek ya, penggunaan Fast Charging tetap tidak disarankan bagi yang ingin merawat agar baterainya tetap awet dan sehat, karena walau bagaimanapun panas masih menjadi salah satu faktor utama kesehatan baterai yang cepat menurun.

Apakah Normal Fast Charging Berhenti atau Melambat Disekitar 80%?

Pertanyaan ini dikutip dari pengguna yang menanyakannya pada kolom komentar di bawah, yaitu apakah normal fast charging akan berhenti atau melambat saat baterai menyentuh angka 80%? jawabannya Sangat Normal! hampir seluruh produk smartphone yang mendukung Fast Charging, biasanya akan memperlambat pengisian daya setelah baterai mencapai angka sekitar 80%, tujuannya untuk menjaga kesehatan dan usia pemakaian baterai agar tetap awet.