Penyebab Battery Health iPhone Turun Setelah Update iOS

Tidak sedikit pengguna iPhone yang melaporkan bahwa Kesehatan Baterai / Battery Health di iPhone mereka secara tiba-tiba turun bahkan cukup drastis setelah mengupdate ke iOS versi terbaru.

Kapasitas Maksimum pada Kesehatan Baterai iPhone sendiri menunjukkan kapasitas tersisa yang dapat ditampung oleh baterai iPhone dari kapasitas aslinya, sehingga penurunan kesehatan baterai yang signifikan dapat menyebabkan masa pemakaian iPhone menjadi lebih singkat.


Apa Penyebab Battery Health iPhone Turun Tiba-Tiba Setelah Update iOS?

Saat ini cukup sulit untuk mengetahui penyebab pasti dari Battery Health iPhone yang dapat turun secara tiba-tiba setelah update iOS.

Namun ada beberapa kemungkinan besar yang mungkin saja dapat menjadi penyebabnya.

1. Kebetulan

Ya, kesehatan baterai yang turun setelah mengupdate iOS (terutama apabila hanya 1%) bisa saja disebabkan karena kebetulan, dalam arti kesehatan baterai yang memang seharusnya akan turun terjadi setelah mengupdate iOS sehingga menyebabkan seolah-olah turun karena update iOS.

Selain itu, kemungkinan juga iOS versi terbaru tersebut datang dengan pengoptimalan kesehatan baterai yang lebih baik, sehingga iPhone menjadi lebih akurat dalam melaporkan perkiraan kesehatan baterai yang sesungguhnya.

2. Bug pada iOS

Bug atau kesalahan sistem dalam memperkirakan kesehatan baterai iPhone juga dapat menjadi salah penyebabnya.

Tidak menutup kemungkinan bahwa laporan kesehatan baterai iPhone sebelum mengupdate iOS sebenarnya tidaklah akurat, namun setelah melakukan update iOS angka kesehatan baterai menunjukkan angka yang sebenarnya atau lebih akurat.

3. Kalibrasi Kesehatan Baterai

Melalui iOS 14.5, Apple merilis fitur Kalibrasi ulang sistem pelaporan kesehatan baterai untuk mengatasi beberapa laporan perkiraan kesehatan baterai yang tidak akurat dari pengguna iPhone 11, iPhone 11 Pro, maupun iPhone 11 Pro Max.

Apabila proses kalibrasi telah selesai, perubahan angka kesehatan baterai iPhone sangat mungkin untuk berubah ke angka yang lebih akurat.

4. Kondisi Baterai yang Semakin Menurun

Disamping ketiga kemungkinan di atas, kondisi sesungguhnya baterai yang semakin menurun karena faktor pemakaian, usia, dan siklus pengisian daya, juga dapat menjadi penyebabnya.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Untuk mencoba mengatasi laporan kesehatan baterai yang mungkin saja tidak akurat, kalian bisa coba merestart iPhone atau menunggu update iOS selanjutnya.

Apabila tidak ada perubahan dan kesehatan baterai masih terus menurun secara drastis (misalnya di bawah 70%), bahkan disertai juga dengan gejala seperti baterai lebih boros, berkurang tiba-tiba, manajemen kinerja baterai telah diterapkan, dan pesan baterai penting yang menandakan kesehatan baterai telah berkurang drastis, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke penyedia layanan service resmi Apple agar dapat diperbaiki.