Cara Aman Menghapus Data iPhone Sebelum Dijual

Sebelum menjual iPhone sangat disarankan untuk terlebih dahulu menghapus (reset, format, clear, wipe) data-data yang ada pada iPhone tersebut.

Namun sebelum melakukannya, pastikan data-data pada iPhone telah dibackup / cadangkan, sebab data-data yang tersimpan pada iPhone dan sudah terhapus atau diformat, tidak dapat dikembalikan lagi tanpa adanya backup.


Untuk menghapus data-data pada iPhone, kalian tidak perlu melakukannya secara manual, misalnya menghapus kontak atau foto satu-per-satu, sebab apabila data-data tersebut terhubung / tersinkron ke iCloud, maka data yang tersimpan pada iCloud juga akan ikut terhapus.

Yang perlu dilakukan hanyalah mereset seluruh data yang berada pada iPhone melalui cara-cara yang ada di bawah berikut, sehingga data yang telah tersimpan di akun Apple ID / iCloud tidak ikut terhapus.

Nah, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara menghapus data-data pada iPhone dengan aman sebelum dijual.

Mengapa harus dihapus secara "Aman"? sebab banyak mungkin diantara kalian yang khawatir bahwa data-data yang ada pada iPhone tersebut dapat dikembalikan oleh orang lain, apalagi data-data yang ada pada iPhone tersebut berisikan data-data pribadi yang bersifat Privasi.

Cara Aman Menghapus / Mereset Data-Data Pada iPhone Sebelum Dijual

Sebelum melanjutkan, silakan backup atau cadangkan seluruh data-data pada iPhone terlebih dahulu.

Untuk menghapus data-data pada iPhone (berlaku juga untuk iPad dan iPod touch) secara aman, dalam artian agar data-data pada iPhone benar-benar sudah terhapus dan tidak dapat dikembalikan atau digali lagi oleh orang lain, sangatlah mudah.

Data-data pada iPhone secara otomatis terenkripsi ketika iPhone dipassword, menghapus atau mereset seluruh data pada iPhone akan membuat data-data yang telah terhapus tersebut tidak dapat diakses kembali apapun caranya.

Disarankan juga untuk mengupdate iOS pada iPhone ke versi terbaru terlebih dahulu sebelum melanjutkan.

Jika sudah siap, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk menghapus data-data pada iPhone secara aman.

1. Pertama pastikan iPhone telah dipassword terlebih dahulu

2. Kemudian buka aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Atur Ulang (Reset)

3. Jika sudah silakan pilih menu Hapus Konten & Pengaturan (Erase All Content and Settings)


4. Apabila diminta untuk konfirmasi, silakan masukkan password iPhone dan password Apple ID / iCloud yang masih terdapat pada iPhone tersebut

Setelah proses penghapusan selesai, maka data-data pada iPhone sudah secara aman terhapus permanen dan tidak dapat dikembalikan lagi tanpa adanya backup.

PENTING! setelah iPhone dihapus jangan memasukkan kembali akun Apple ID kalian, jika tidak maka data-data yang tersimpan di Apple ID kalian dapat kembali masuk ke dalam iPhone. Silakan atur tanpa menggunakan Apple ID jika iPhone tersebut ingin dijual.

Langkah Ekstra

Apabila rasa ragu dan khawatir masih membayangi data masih bisa dikembalikan oleh orang lain (meskipun dengan mengikuti cara-cara di atas bisa dikatakan sudah mustahil), kalian bisa mengulangi cara di atas hingga beberapa kali, yakni silakan atur iPhone tanpa memasukkan Apple ID namun tetap gunakan password pada iPhone, lalu ulangi cara di atas hingga beberapa kali (mungkin 3 kali sudah cukup).

Untuk keamanan lebih ekstra lagi, jika perlu silakan masukkan atau salin data-data random yang tidak penting hingga memenuhi penyimpanan iPhone.

Bagaimana caranya? siapkan komputer kemudian download aplikasi seperti 3uTools, jika sudah sambungkan iPhone ke komputer, lalu pada aplikasi 3uTools pilih menu Udisk, dan pilih data-data random (tidak penting) untuk memenuhi penyimpanan iPhone, selengkapnya bisa baca cara pada postingan berikut: Cara Menjadikan iPhone Sebagai Flashdisk / Drive Untuk Transfer dan Simpan Data

Apabila penyimpanan iPhone telah penuh, silakan hapus kembali menggunakan cara-cara di atas.

Dengan mengikuti cara-cara tersebut, data-data pada iPhone akan menjadi lebih mustahil bahkan bisa dikatakan tidak ada cara untuk dikembalikan tanpa adanya backup, sehingga kalian dapat dengan tenang menjual iPhone tersebut.