Apple Rilis Fitur Kalibrasi Kesehatan Baterai iPhone Melalui iOS 14.5

Untuk mengatasi laporan perkiraan Kesehatan Baterai / Battery Health iPhone tidak akurat yang dialami oleh sebagian pengguna, melalui update iOS 14.5, Apple merilis fitur "Kalibrasi ulang sistem pelaporan kesehatan baterai" yang memungkinkan kalibrasi ulang laporan kapasitas maksimum serta kemampuan kinerja puncak baterai.


Adapun beberapa gejala yang diakibatkan oleh Bug ini, diantaranya baterai yang terkuras secara tidak terduga dan dalam sejumlah kecil kasus kemampuan kinerja puncak iPhone akan berkurang.

Proses Kalibrasi Kesehatan Baterai iPhone

Untuk saat ini sesuai dengan dokumen yang dirilis oleh Apple, fitur kalibrasi kesehatan baterai hanya akan tersedia bagi iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Belum ada informasi apakah iPhone yang lebih lama atau lebih baru juga akan mendapatkannya.

Proses kalibrasi ulang kesehatan baterai sendiri akan ditandai dengan pesan:

"Sistem pelaporan kesehatan baterai Anda sedang mengkalibrasi ulang Kapasitas Maksimum dan Kemampuan Kinerja Puncak. Proses ini dapat memerlukan waktu beberapa minggu. Lebih lanjut..."

atau

"Sistem pelaporan kesehatan baterai Anda sedang mengkalibrasi ulang Kapasitas Maksimum dan Kemampuan Kinerja Puncak. Proses ini dapat memerlukan waktu beberapa minggu. Tidak dapat menganjurkan servis saat ini. Lebih lanjut..."

Pesan tersebut akan tampil pada menu Kesehatan Baterai iPhone tepatnya pada Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Proses kalibrasi akan terjadi selama siklus pengisian daya dan mungkin dapat memakan waktu hingga beberapa minggu. Selama proses berlangsung kesehatan baterai atau angka kapasitas maksimum baterai memang tidak akan langsung berubah.

Apabila kalibrasi kesehatan baterai telah selesai atau berhasil, maka pesan kalibrasi tersebut akan dihapus dan persentase kapasitas maksimum baterai iPhone akan diperbarui.

Proses Kalibrasi Kesehatan Baterai iPhone Tidak Berhasil

Proses kalibrasi kesehatan baterai yang gagal akan ditunjukkan dengan pesan: 

"Kalibrasi ulang sistem pelaporan kesehatan baterai tidak berhasil. Penyedia Servis Resmi Apple dapat mengganti baterai secara gratis untuk memulihkan kinerja dan kapasitas penuh. Lainnya mengenai pilihan servis..."

Pesan tersebut tidak menunjukkan masalah keamanan sehingga baterai iPhone masih tetap bisa digunakan, namun masalah pada baterai dan performa mungkin menjadi lebih terasa.

Sampai saat ini masih belum jelas kapan iOS 14.5 akan segera dirilis untuk seluruh pengguna iPhone, namun setidaknya fitur ini akan hadir melalui iOS 14.5.