Aplikasi Bawaan iPhone yang Aman untuk Dihapus

Pengguna dapat menghapus aplikasi bawaan iPhone (termasuk juga iPad dan iPod touch) yang tidak lagi digunakan atau diinginkan tanpa khawatir dapat menimbulkan masalah serius pada iPhone.


Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua aplikasi bawaan iPhone dapat dihapus, terutama aplikasi-aplikasi yang merupakan penunjang fitur utama pada iPhone seperti aplikasi Pengaturan, Kamera, Foto, Jam, Kesehatan (di iOS 15), Safari, Pesan, Telepon, Wallet, Lacak, dan App Store.

Admin sendiri pun pernah mencoba untuk menghapus seluruh aplikasi yang ada pada iPhone termasuk aplikasi bawaan dan melihat aplikasi apa saja yang tersisa karena tidak bisa dihapus, dan berikut adalah hasilnya:


Admin sendiri sempat mengira bahwa aplikasi seperti iTunes Store, Kalender, Kontak, dan Catatan iPhone tidak dapat dihapus, namun setelah Admin coba ternyata bisa hehe..

Lalu Apakah Aplikasi Bawaan iPhone Aman untuk Dihapus?

Selagi bisa dan memiliki pilihan untuk dihapus, tentu seharusnya aman dan tidak menjadi masalah untuk menghapus aplikasi bawaan iPhone, terutama jika aplikasi memang benar-benar tidak dibutuhkan atau tidak ingin digunakan lagi.

Sebagai contoh, misalnya menghapus aplikasi "Tips" karena sudah mengetahui seluk-beluk dalam menggunakan iPhone, atau menghapus aplikasi "Home" karena memang jarang bahkan tidak pernah kalian gunakan.

Menghapus aplikasi bawaan iPhone tidak akan berpengaruh kepada stabilitas iPhone secara keseluruhan apalagi sampai merusak sistem, jadi tidak perlu khawatir karena aplikasi bawaan yang bisa dihapus tersebut sudah menjadi pilihan yang diberikan oleh Apple sendiri.

Disamping itu pengguna juga dapat dengan mudah mencari dan menginstall kembali aplikasi bawaan iPhone yang telah dihapus melalui App Store.

Ukuran Aplikasi Bawaan iPhone Kecil

Aplikasi bawaan iPhone rata-rata berukuran cukup kecil, namun karena biasanya pengguna telah menggunakan dan mendownload konten pada aplikasi tersebut, maka ukurannya bisa saja menjadi lebih besar karena konten-kontennya.

Jadi, apabila kalian menemukan bahwa aplikasi misalnya Memo Suara menggunakan cukup banyak ruang penyimpanan, silakan cek rekaman suara yang terdapat pada aplikasi tersebut serta file yang telah dihapus sebelumnya, sebab file memo suara yang dihapus tidak akan langsung terhapus melainkan akan tersimpan selama 30 hari pada menu "Baru Dihapus" sebelum benar-benar dihapus secara permanen, hal ini juga berlaku untuk aplikasi Foto, Catatan, atau File.

Untuk membersihkan penyimpanan iPhone yang hampir penuh, kalian bisa mengikuti cara-cara yang ada pada postingan berikut: Cara Membersihkan Penyimpanan iPhone yang Hampir Penuh