Cara Membersihkan Penyimpanan iPhone yang Hampir Penuh

Kapasitas penyimpanan di iPhone maupun iPad kalian hampir penuh? tidak perlu khawatir, pada postingan kali ini Admin akan membagikan tips dan trik cara membersihkan dan menambah kapasitas penyimpanan di iPhone kalian, dengan cara menghapus file-file maupun aplikasi yang tidak diperlukan lagi.


Cek Menu Baru Dihapus (Recently Deleted)

Beberapa aplikasi bawaan iPhone seperti Foto, File, Catatan, hingga Memo Suara, tidak langsung menghapus data yang baru saja dihapus. Data yang kalian harus secara otomatis akan tersimpan di menu "Baru Dihapus(Recently Deleted) selama setidaknya 30 hari sebelum benar-benar dihapus dari iPhone.

Nah untuk menambah ruang penyimpanan, ada baiknya kalian mengosongkan data-data tersebut apabila memang sudah tidak diperlukan lagi. Bagaimana caranya? disetiap aplikasi tersebut kalian dapat mengakses menu Baru Dihapus dengan cara memasukki menu atau direktori utama aplikasi.

Sebagai contoh aplikasi File dapat kalian temukan pada menu Telusuri > Baru Dihapus (Recently Deleted).


Untuk aplikasi Foto terdapat pada menu Album > Baru Dihapus (Recently Deleted), untuk aplikasi Catatan silakan tap menu Folder > Baru Dihapus (Recently Deleted).

Jika sudah ketemu, silakan periksa kembali file tersebut apakah masih diinginkan kembali atau tidak, jika tidak silakan dihapus saja untuk mengosongkan lebih banyak ruang penyimpanan.

Hapus Foto / Video yang Tidak Diperlukan

Menyimpan banyak koleksi foto maupun video? pertimbangkan untuk menghapus yang sudah tidak diinginkan lagi, terutama apabila ada foto yang mirip.

Sebagai opsi lain, sebelum menghapus kalian juga dapat membackup foto-foto tersebut ke layanan iCloud atau tempat lainnya seperti Sosial Media hingga dibackup secara offline ke laptop / komputer.

Hapus Data pada Aplikasi Catatan, Memo Suara, dan File yang Tidak Diperlukan

Selain foto, ada juga beberapa data yang perlu kalian pertimbangkan untuk dihapus apabila sudah tidak diperlukan lagi, contohnya Catatan pada aplikasi Catatan, Rekaman Suaran pada aplikasi Memo Suara, hingga Data-Data pada yang tersimpan di dalam aplikasi File.

Setelah menghapusnya, jangan lupa cek menu Baru Dihapus seperti yang sudah dijelaskan pada cara pertama di atas untuk menghapusnya secara permanen.

Hapus Data Aplikasi Podcast, TV, dan Musik yang Sudah Tidak Diperlukan

Sering download Podcast, Film melalui aplikasi TV, dan musik pada aplikasi Musik? pertimbangkan untuk menghapus data-data yang sudah tidak digunakan atau perlukan lagi.

Caranya, silakan buka aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Penyimpanan iPhone (iPhone Storage) kemudian pilih aplikasi pada daftar (contohnya Podcast), jika sudah langsung tap edit kemudian pilih data yang akan dihapus.


Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

iPhone atau iPad kalian terinstall cukup banyak aplikasi dan games? banyak yang sudah jarang dipakai atau bahkan tidak digunakan lagi? untuk melegakan ruang penyimpanan sangat disarankan untuk menghapus aplikasi yang memang sudah tidak kalian gunakan lagi.

Selain dapat melegakan ruang penyimpanan, menghapus aplikasi atau game yang sudah tidak digunakan dalam kasus tertentu juga dapat meningkatkan performa iPhone dan menghemat penggunaan baterai (terutama untuk aplikasi sosial media).

Hapus Data Email

Apakah kalian menggunakan aplikasi Mail bawaan iPhone untuk login Email? jika ya, untuk membersihkan cache atau data-data email pada aplikasi Mail, kalian dapat mempertimbangkan untuk logout email dari aplikasi Mail kemudian Login kembali.

Caranya, buka aplikasi Pengaturan (Settings) > Mail > Akun (Accounts) kemudian pilih Email kalian dan tap Hapus Akun (Delete Account). Apabila telah berhasil keluar, silakan login kembali melalui menu yang sama.

Hapus Cache / History Browser Safari

iPhone mungkin akan menyimpan data-data website yang kalian kunjungi melalui browser Safari. Semakin banyak aktivitas dan website yang dikunjungi maka data-data website juga akan semakin menumpuk.

Untuk membersihkannya kalian cukup masuk ke aplikasi Pengaturan (Settings) > Safari lalu tap menu Bersihkan Riwayat & Data Situs Web (Clear History & Website Data)


Hapus Pesan / Chat yang Tidak Diperlukan

Sering menumpuk pesan atau chat? untuk sedikit melegakan ruang penyimpanan sangat disarankan untuk mengurangi atau menghapus chat dan pesan yang sudah tidak digunakan lagi, terutama untuk pesan yang banyak berisikan data rekaman suara, foto, dan file-file lainnya.

Hapus File Update iOS

Biasanya iPhone secara otomatis akan mendownload file update ketika terhubung ke jaringan WiFi. File update iOS (OTA Update) yang belum sempat terinstall tersebut akan tersimpan dan dapat kalian pertimbangkan untuk dihapus.

Apabila tersedia, kalian dapat menghapusnya melalui aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Penyimpanan iPhone (iPhone Storage) kemudian hapus menu iOS yang ditemukan, contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah berikut.


Restart iPhone

Untuk menyegarkan kembali data-data pada iPhone silakan restart iPhone kalian, sederhananya matikan iPhone selama beberapa saat kemudian nyalakan kembali.

Cara Terakhir...

Jika cara-cara di atas masih tidak juga mencukupi untuk mengosongkan ruang penyimpanan di iPhone maupun iPad kalian. Pertimbangkan untuk membackupnya melalui iCloud atau gunakan komputer sebagai media penyimpanannya, entah melalui iTunes atau backup file secara manual.

Baik itu saja tips cara membersihkan ruang penyimpanan iPhone yang hampir penuh. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.