Tidak Ada Menu Pembatasan / Restrictions di iPhone? Berikut Cara Menampilkannya

Dari banyaknya pertanyaan yang Admin dapatkan, cukup banyak pengguna iPhone maupun iPad yang tidak dapat menemukan menu Pembatasan atau Restrictions, yakni menu untuk mengatur privasi dan memblokir konten-konten yang ada pada iPhone, contohnya menblokir pembelian in-app, menginstall aplikasi, menghapus aplikasi, membatasi situs dewasa, dan lain sebagainya.


Lalu, dimanakah letak menu Pembatasan / Restrictions tersebut?

Letak Menu Pembatasan Konten / Restriction di iPhone dan iPad

Pembatasan Konten atau Restriction merupakan salah satu fitur Durasi Layar / Screen Time, jadi bagi yang ingin menemukan fitur Pembatasan / Restrictions kalian perlu mengatur atau masuk ke menu Durasi Layar / Screen Time terlebih dahulu. Jika masih bingung, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Durasi Layar (Screen Time)

3. Apabila belum diatur, silakan diatur terlebih dahulu

4. Jika sudah, maka kalian akan meliht menu Pembatasan Konten & Privasi (Content & Privacy Restrictions)


Sebelum menggunakan menu Pembatasan / Restrictions, sangat disarankan untuk mengatur password (jika belum) melalui menu utama Durasi Layar / Screen Time. Hal ini diperlukan guna mencegah orang lain yang tidak diizinkan dapat mengubah atau menonaktifkan pembatasan yang telah diterapkan.

Dengan menggunakan menu Pembatasan / Restrictions, kalian dapat membatasi beragam konten pada iPhone, entah agar tidak disalahgunakan oleh orang lain yang juga menggunakan iPhone tersebut seperti mematikan fungsi pembelian di dalam aplikasi, menghilangkan izin aplikasi atau fitur bawaan iPhone, dan masih banyak lagi yang lainnya yang bisa kalian eksplorasi sendiri.

Baik, itu saja informasi cara menemukan menu Pembatasan / Restrictions di (iOS) iPhone dan (iPadOS) iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.