Penyebab Pesan iPhone Tidak Dapat Menentukan Kesehatan Baterai

Baterai merupakan salah satu komponen penting pada iPhone, kesehatan baterai yang rendah dapat menyebabkan iPhone bekerja secara tidak optimal.

Sejak dirilisnya iOS 11.3 kini pengguna dapat memeriksa kesehatan baterai (battery health) pada iPhone secara langsung melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.


Namun apa jadinya jika iPhone tidak dapat menentukan kesehatan baterai iPhone? tepatnya muncul Pesan Baterai Penting (Important Battery Message) seperti berikut:

"iPhone ini tidak dapat menentukan kesehatan baterai. Penyedia Layanan Resmi Apple dapat melakukan servis pada baterai."

"This iPhone is unable to determine battery health. An Apple Authorized Service Provider can service the battery"

Gambar: support.apple.com

Pesan baterai penting tersebut menyebabkan iPhone tidak dapat menentukan atau menampilkan kesehatan baterai (kapasitas maksimum).

Menurut Apple, hal tersebut dapat terjadi mungkin akibat dari memasang baterai yang tidak sesuai dengan iPhone atau komponen baterai yang tidak diketahui (tidak asli dan resmi dari Apple).

Jadi, kemungkinan terbesarnya bahwa pesan tersebut muncul akibat baterai pada iPhone tersebut tidak cocok atau tidak lagi asli atau resmi dari Apple, sehingga iPhone tidak dapat membaca dan menetukan kesehatan baterainya.

Bagaimana Solusinya?

Pengguna dapat mencoba mengupdate ke iOS versi terbaru dan melihat kembali hasilnya.

Namun apabila pesan tetap juga muncul dan pengguna merasa khawatir serta ingin agar kesehatan baterai iPhone dapat ditampilkan, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke service center resmi Apple untuk diperbaiki.

Disamping itu pengguna juga dapat mengabaikan pesan tersebut apabila iPhone dirasa dapat bekerja dengan normal meskipun tanpa adanya informasi kesehatan baterai.

Dampak menggunakan Baterai Tidak Asli dan Resmi dari Apple

Salah satu dampak utama menggunakan baterai yang tidak asli dan resmi dari Apple adalah informasi kesehatan baterai biasanya tidak dapat ditampilkan atau ditentukan.

Selain itu kualitas komponen baterai yang buruk dapat menyebabkan baterai terasa lebih boros, lebih cepat panas, tidak tahan lama (cepat rusak), hingga dalam kasus yang ekstrem dapat menyebabkan iPhone menjadi tidak stabil, komponen lainnya pada iPhone berisiko lebih cepat mengalami kerusakan, dan yang terparahnya dapat menyebabkan iPhone terbakar tiba-tiba.