Ciri-Ciri iPhone yang Sudah Pernah Diganti Baterai

Baterai menjadi salah satu komponen paling penting pada iPhone, adanya kerusakan atau kualitas rendah pada Baterai dapat mempengaruhi kualitas iPhone secara keseluruhan bahkan usia penggunaan dari iPhone itu sendiri.


Bagi pengguna iPhone terutama yang menggunakan iPhone Second, tidak jarang merasa penasaran apakah baterai pada iPhone Second tersebut masih dalam kondisi benar-benar asli bawaan pabrik atau sudah pernah diganti sebelumnya.

Apalagi jika pengguna merasa bahwa baterai pada iPhone tersebut terasa sangat boros dan mungkin ada gejala-gejala yang dirasa tidak normal lainnya.

Ciri-Ciri iPhone yang Sudah Pernah Diganti Baterai

Salah satu ciri-ciri utama baterai pada iPhone sudah pernah diganti terutama untuk komponen baterai yang tidak resmi dari Apple, yakni munculnya pesan seperti berikut pada menu Kesehatan Baterai iPhone (Pengaturan > Umum > Kesehatan Baterai).

Pesan Baterai Penting

Tidak dapat memverifikasi keaslian baterai Apple pada iPhone ini. Informasi kesehatan tidak tersedia untuk baterai ini.

Gambar: support.apple.com

Pesan Baterai Penting

iPhone ini tidak dapat menentukan kesehatan baterai. Penyedia Servis Resmi Apple dapat melakukan servis pada baterai.

Gambar: support.apple.com

Pada kedua peringatan tersebut biasanya angka kapasitas maksimum pada Kesehatan Baterai iPhone tidak akan tampil atau hanya tampil simbol - saja.

Selain kedua peringatan di atas, dari pengalaman Admin sendiri apabila angka kesehatan baterai iPhone stuck atau tertahan diangka 100% dan tidak kunjung turun (terasa tidak wajar) meski sudah berbulan-bulan bahkan lebih dari setahun digunakan, hal ini bisa juga menjadi salah satu pertanda baterai yang sudah tidak lagi bawaan iPhone tersebut.

Kerangka iPhone dengan layarnya yang sudah tidak rapat mungkin juga bisa menjadi pertanda bahwa iPhone tersebut pernah dibongkar, meski tidak bisa dipastikan apakah untuk diganti baterai atau komponen lainnya.

Untuk lebih pastinya, kalian bisa mengikuti cara di bawah berikut untuk mengecek baterai iPhone apakah sudah pernah diganti atau belum.

Cek Baterai Sudah Pernah Diganti / Belum Menggunakan 3uTools

Dalam kasus tertentu tidak menutup kemungkinan pesan di atas tidak tampil meskipun baterai pada iPhone sudah pernah diganti.

Sebagai solusinya, kalian bisa menggunakan aplikasi "3uTools" di komputer untuk mengetahui apakah baterai pada iPhone masih bawaan pabriknya atau sudah pernah diganti.

Aplikasi ini bisa dikatakan cukup akurat, sehingga sering digunakan untuk mendeteksi apakah ada komponen pada iPhone yang sudah pernah diganti ataukah belum, termasuk Baterai.

Bagaimana caranya?

Siapkan terlebih dahulu hal-hal berikut:

  • Komputer atau Laptop (saat ini hanya mendukung Windows)
  • Koneksi Internet untuk download 3uTools
  • Kabel data

1. Download dan install aplikasi iTunes dan 3uTools (jika iTunes sudah ada tidak perlu lagi)

Download - iTunes
Download - 3uTools

2. Jika sudah sambungkan iPhone ke komputer dan buka aplikasi 3uTools

Catatan: Jangan lupa buka password iPhone kalian terlebih dahulu agar iTunes dan 3uTools dapat membaca dan mengakses informasi iPhone.

3. Setelah 3uTools terbuka dan mendeteksi iPhone, silakan klik pada menu "View Verification Report" contohnya bisa kalian lihat gambar berikut


5. Jika muncul peringatan Permission Reminder klik saja Authorize to View

6. Apabila berhasil maka akan muncul menu yang akan menampilkan, apakah komponen pada iPhone kalian pernah diganti sebelumnya atau tidak, termasuk Baterai.

Silakan lihat pada kolom menu Battery Serial Number, apabila menampilkan hasil " Battery may be changed " hal ini menandakan baterai pada iPhone kalian pernah diganti sebelumya.


Namun jika menampilkan status Normal berarti baterai pada iPhone kalian masih asli alias original bawaan pabrik.


Lalu bagaimana jika baterai iPhone terasa boros, cepat panas, sulit mengisi daya, tiba-tiba drop, dan lain sebagainya? apakah hal ini dapat menjadi pertanda bahwa baterai iPhone sudah pernah diganti?

Kurang tepat, karena baterai iPhone yang masih bawaan pabrik sekalipun dapat mengalami hal-hal tersebut apabila kesehatannya sudah menurun drastis.

Meskipun tidak menutup kemungkinan juga bahwa baterai pengganti yang tidak asli dan berkualitas rendah lebih rentan dan cepat mengalami gejala-gejala tersebut.

Baterai iPhone sendiri akan terasa cukup boros dan mungkin perlu untuk diganti apabila kesehatannya telah berada di angka sekitar 70% - 80%, sedangkan apabila telah menyentuh 70% atau lebih rendah biasanya akan muncul masalah yang lebih serius lagi, seperti baterai tiba-tiba drop, atau sulit melakukan pengisian daya.

Dalam kasus terburuknya kesehatan baterai yang terlalu rendah juga dapat menyebabkan iPhone mati secara tiba-tiba hingga stuck di logo Apple.


Kesimpulannya...

Apabila iPhone kalian tidak menampilkan Pesan Baterai Penting seperti yang sudah dijelaskan di atas, 3uTools menampilkan status Normal, maka kemungkinan terbesarnya baterai pada iPhone tersebut masih asli bawaan pabrik.

Sedangkan apabila muncul Pesan Baterai Penting dan aplikasi 3uTools menampilkan status Battery may be changed, maka kemungkinan terbesarnya baterai pada iPhone tersebut sudah pernah diganti sebelumnya.