Cara Mendinginkan Suhu iPhone yang Panas

Tidak sedikit pengguna yang melaporkan bahwa suhu pada iPhone mereka terasa cukup hangat bahkan panas ketika disentuh, suhu iPhone bahkan akan terasa lebih panas lagi ketika iPhone disentuh dalam kondisi tidak menggunakan case.


Penyebab Suhu iPhone yang Panas

Terdapat banyak hal yang dapat membuat suhu iPhone menjadi lebih panas, diantaranya:

  • Menggunakan iPhone di ruangan atau lingkungan yang panas
  • Menggunakan iPhone terpapar sinar matahari langsung
  • Menggunakan iPhone sambil dicas
  • Menggunakan Fast Charging atau Wireless Charging
  • Bermain game yang menguras performa iPhone
  • Kecerahan Layar iPhone yang tinggi
  • Kualitas sinyal sedang buruk
  • Proses latar belakang yang menumpuk (seperti backup atau download otomatis)

Cara Mendinginkan Suhu iPhone yang Panas

Apabila suhu iPhone sudah terlampau panas, kalian dapat menggunakan cara-cara di bawah berikut untuk mendinginkan atau menetralisir panas tersebut dengan cepat.

1. Mematikan iPhone

Apabila suhu iPhone sudah terlalu panas apalagi sampai muncul peringatan suhu iPhone perlu didinginkan, silakan matikan iPhone tersebut hingga suhu iPhone kembali normal.

2. Lepas Case iPhone

Sama seperti di atas apabila suhu iPhone sudah cukup panas, silakan lepas case pada iPhone tersebut (jika ada) hingga suhu iPhone kembali normal.

3. Kurangi Kecerahan Layar iPhone

Kecerahan layar sangat berpengaruh terhadap panas pada iPhone, terutama panas pada layar. Selain itu kecerahan layar yang terlalu tinggi akan mengakibatkan konsumsi baterai yang menjadi lebih boros.

Jadi silakan kurangi kecerahan layar apabila terlalu cerah atau gunakan kecerahan layar otomatis melalui aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks > Kecerahan Otomatis.

4. Gunakan iPhone Di Lingkungan / Ruangan Sejuk

Menggunakan iPhone di ruangan yang sejuk dan teraliri udara segar dapat dengan cepat menetralisir panas pada iPhone. Hindari menggunakan iPhone secara berlebihan di lingkungan atau ruangan yang panas. Suhu lingkungan terbaik untuk menggunakan iPhone yakni antara 0º hingga 35ºC

Ruangan yang Ber-AC dapat menekan suhu iPhone secara signifikan, terutama saat iPhone digunakan untuk bermain game.

5. Hindari menggunakan iPhone Sambil Dicas

Suhu iPhone akan meningkat menjadi lebih panas ketika dicas, menggunakan iPhone sambil dicas dapat meningkatkan suhu iPhone menjadi lebih panas lagi.

Disarankan untuk tidak menggunakan iPhone untuk keperluan berat atau berlama-lama saat di cas, jika perlu lepas juga case yang ada pada iPhone selama proses pengisian daya berlangsung.

Perlu diketahui juga bahwa wireless charging dan fast charging juga dapat meningkatkan suhu pada iPhone lebih panas dibandingkan charger normal.

6. Gunakan WiFi

Sinyal seluler pada iPhone yang sedang buruk juga dapat membebani kinerja iPhone, untuk mengatasinya sementara kalian bisa menggunakan sinyal internet dari WiFi apabila tersedia.

7. Gunakan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah akan membatasi kecerahan layar, aplikasi dan proses yang berjalan di latar belakang, dan masih banyak lagi yang lainnya dengan tujuan untuk menekan penggunaan baterai sehemat mungkin.

Hal ini secara tidak langsung juga berdampak pada suhu iPhone yang dapat ditekan lebih dingin.

8. Update ke iOS versi Terbaru

Sebagai tambahan, pertimbangkan juga untuk secara rutin mengupdate versi iOS ke versi terbaru. Tidak jarang iOS versi terbaru datang dengan beragam pengoptimalan.

Dampak Suhu Panas pada iPhone

Suhu panas dapat berdampak pada proses pengisian daya yang terasa lebih lambat, kecerahan layar meredup, sinyal melemah, flash iPhone dinonaktifkan, hingga performa iPhone yang menurun.

Selain itu iPhone yang sering mengalami suhu panas berlebih dapat mengakibatkan kesehatan baterai iPhone menurun secara signifikan.

Apabila suhu iPhone telah masuk dalam kategori Overheat atau terlampau panas, maka iPhone akan menampilkan pesan "Suhu iPhone perlu didinginkan sebelum Anda dapat menggunakannya.".