Cara Mematikan Lokasi Penting di iPhone

Lokasi Penting atau Significant Location merupakan salah satu fitur pada iPhone yang berfungsi untuk melacak tempat yang baru-baru ini dikunjungi serta seberapa sering dan kapan kalian mengunjunginya.


Untuk apa? untuk mempelajari tempat yang penting bagi kalian, yang nantinya data-data tersebut akan digunakan untuk menyediakan layanan seperti prediksi rute lalu lintas.

Meskipun data-data tersebut tidak dapat dibaca oleh Apple karena telah di-enkripsi (ini artinya hanya kalian saja yang dapat membacanya), namun fitur tersebut juga tidak jarang dapat menjadi masalah privasi bagi pemilik iPhone.

Mengapa? sebab tempat-tempat yang kalian kunjungi (tentu saja saat membawa iPhone tersebut) akan tercatat di menu Lokasi Penting sehingga dapat dilihat oleh siapapun yang memiliki akses iPhone kalian.

Nah, apabila kalian khawatir akan masalah tersebut atau karena ada hal lainnya, dan ingin menonaktifkan fitur Lokasi Penting atau Significant Locationt dan menghapus history tempat-tempat yang tercatat, langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut.

Cara Mematikan Lokasi Penting (Significant Location) di iPhone

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Privasi > Layanan Lokasi > Layanan Sistem


3. Selanjutnya cari dan pilih lagi menu Lokasi Penting atau Significant Location


4. Jika sudah silakan nonaktifkan menu Lokasi Penting atau tap Bersihkan Riwayat untuk membersihkan history lokasi


Bagaimana gampang kan? setelah menu Lokasi Penting dinonaktifkan maka menu tersebut tidak akan mencatat atau menampilkan lagi lokasi yang sering kalian kunjungi.

Atau kalian juga dapat memilih untuk membersihkan riwayat lokasinya saja tanpa menonaktifkan fitur tersebut.

Perlu diketahui juga bahwa untuk mengakses fitur tersebut, dibutuhkan konfirmasi Face ID atau Touch ID yang diatur pada iPhone tersebut. Cara-cara ini berlaku juga bagi pengguna iPad maupun iPod touch.