Cara Memastikan iPhone Sedang Tidak Dilacak Lokasinya

Khawatir iPhone kalian mungkin sedang disadap atau dilacak lokasinya oleh teman, saudara, keluarga, atau mungkin pacar? kalau begitu maka kalian berada dipostingan yang tepat, sebab kali ini Admin akan membagikan tips atau cara untuk memastikan bahwa tidak ada seorang pun yang sedang melacak atau melihat lokasi kalian melalui iPhone.


Kalau begitu langsung saja simak ulasannya berikut ini:

Nonaktifkan Sharing Lokasi di Aplikasi Lacak / Find My

Lacak atau Find My merupakan aplikasi yang digunakan untuk melacak keberadaan sesama pengguna iPhone, biasanya fitur ini digunakan untuk mengetahui lokasi dari orang terkasih.

1. Buka aplikasi Lacak / Find My


2. Kemudian masuk ke tab Saya / Me lalu nonaktifkan menu Bagikan Lokasi Saya


3. Jika sudah maka lokasi iPhone kalian sudah tidak bisa dilacak lagi oleh siapapun melalui aplikasi Lacak / Find My

Namun begitu kalian bisa memilih apakah ingin menonaktifkan untuk kontak tertentu saja, caranya silakan buka tab Orang / People lalu pilih kontak yang akan distop untuk dibagikan lokasi, kemudian pilih menu Berhenti Bagikan Lokasi


Nonaktifkan Sharing Lokasi di Pengaturan iPhone

Untuk yang satu ini kalian akan menonaktifkan seluruh aplikasi yang dapat melacak lokasi iPhone kalian.

1. Buka aplikasi Pengaturan

2. Kemudian masuk ke menu Privasi > Layanan Lokasi > Bagikan Lokasi Saya

3. Jika sudah silakan nonaktifkan menu Bagikan Lokasi Saya


Kalian juga dapat mengatur atau memilih kontak tertentu saja yang tertera pada menu Bagikan Lokasi Saya.

Nonaktifkan Lokasi Penting

Lokasi Penting merupakan fitur pada iPhone yang berguna untuk mempelajari setiap lokasi penting seringkali kalian kunjungi, fitur ini berfungsi untuk memberikan layanan terhadap aplikasi seperti Foto, Kalender, Peta dan lain sebagainya, dan tidak dapat diketahui oleh siapapun termasuk oleh Apple kecuali oleh si pemilik iPhone itu sendiri (dienkripsi).

Meskipun tidak secara langsung menunjukan titik lokasi kalian, namun seseorang yang mencoba mencari tahu tempat yang sering kalian kunjungi dapat melihiatnya melalui fitur Lokasi Penting ini.

Nah jika kalian khawatir lokasi yang sering kalian kunjungi dapat diketahui oleh orang yang tidak diinginkan, kalian dapat menghapus riwayat lokasi dan menonaktifkan fitur Lokasi Penting, kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut:

1. Buka aplikasi Pengaturan

2. Kemudian masuk ke menu Privasi > Layanan Lokasi

3. Jika sudah masuk lagi ke menu Layanan Sistem kemudian matikan fitur Lokasi Penting dan hapus Riwayat lokasi kalian melalui menu Bersihkan Riwayat


Nonaktifkan Layanan Lokasi iPhone

Apabila kalian masih khawatir adanya kemungkinan iPhone masih tetap dapat dilacak (meskipun sudah tidak mungkin jika cara di atas sudah diterapkan dengan benar), kalian dapat menonaktifkan fitur Layanan Lokasi untuk sementara.

Dengan menonaktifkan Layanan Lokasi maka seluruh fitur termasuk aplikasi pada iPhone tidak dapat melacak lokasi iPhone kalian. Untuk menonaktifkannya silakan:

1. Buka aplikasi Pengaturan

2. Kemudian masuk ke menu Privasi > Layanan Lokasi kemudian langsung saja nonaktifkan menu Layanan Lokasi


Kesimpulan...

Dengan mengikuti cara-cara di atas kalian dapat memblokir setiap pengguna yang mencoba untuk melihat, mengetahui atau melacak lokasi kalian, entah secara realtime atau melalui history lokasi pada menu lokasi penting.

Nah apabila kalian berubah pikiran, kalian tinggal mengembalikan atau mengaktifkan kembali menu-menu diatas yang tadinya sudah kalian matikan atau stop.

Bagaimana gampang kan? kalau begitu sekian dulu informasi dari Cara Memastikan iPhone Kalian Sedang Tidak Dilacak Lokasinya, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan pada kolom komentar di bawah ya.. :)