Cara Cek Apakah iPhone Sedang Disadap dan Cara Mengatasinya

Banyak pertanyaan yang admin dapatkan soal cara-cara cek, mengetahui atau melihat apakah iPhone yang digunakan sedang dalam keadaan disadap (dimata-matai) atau tidak.


Nah sebelum menjawab pertanyaan tersebut admin ingin sedikit menjelaskan bahwa iPhone merupakan salah satu smartphone dengan sistem keamanan terbaik saat ini, bahkan banyak peneliti keamanan terhebat di dunia sekalipun cukup kesulitan mencari celah yang dapat digunakan untuk membobol iPhone apalagi digunakan untuk memata-matai penggunanya.

Kemungkinan Dimata-matai / Disadap

Perhatian, tulisan di bawah berdasarkan pendapat admin sendiri apabila kalian tidak setuju silakan utarakan alasan dan pendapat kalian di kolom komentar postingan ini. 

Terlepas dari itu, penyadapan mungkin saja terjadi saat ini banyak malware yang mungkin siap menyerang iPhone kalian untuk disadap, tetapi selama kalian tidak sembarangan menginstall hal-hal diluar ekosistem Apple misalnya menginstall aplikasi diluar App Store atau melakukan jailbreak, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan (pencegahannya bisa kalian lihat pada tulisan di bawah).

Baca Juga : Cara Hapus Data iPhone Ketika Salah Memasukan Password Sebanyak 10 Kali

Tetapi apabila khawatir akan privasi dan berpikir bahwa iPhone kalian sedang disadap, dimata-matai dan setiap gerak-gerik yang kalian lakukan di iPhone sedang dipantau oleh seseorang, maka buang dulu jauh-jauh "omong kosong" tersebut, kecuali kalian mungkin merupakan orang penting, aktivis atau seorang buronan.

Seperti yang admin jelaskan tadi bahwa iPhone merupakan salah satu smartphone yang sangat aman digunakan bahkan mungkin mustahil disadap dengan cara ilegal oleh sembarang orang, namun tidak menutup kemungkinan juga iPhone bisa disadap contohnya oleh peretas dengan skill super hebat atau mungkin oleh hal-hal sederhana seperti akibat keteledoran kalian sendiri yang mengizinkan iPhone tersebut digunakan orang lain dan memberikan informasi yang berkaitan dengan keamanan iPhone seperti Apple ID.

Cara Cek & Melihat Apakah iPhone Sedang Disadap atau Tidak

Kembali ke topik pembahasan, lalu bagaimana cara mengetahui apakah iPhone kita sedang disadap? jika berhubungan dengan Malware kemungkinannya akan teramat sangat kecil dan biasanya bersumber dari aplikasi Pihak Ketiga yang diinstall di luar App Store.

Tetapi apabila penyadapan yang kalian khawatirkan berhubungan dengan Lokasi, kemungkinan hal tersebut diakibatkan oleh fitur Pelacakan iPhone.

Pelacakan / Penyadapan Lokasi Kalian

Ya di seluruh perangkat Apple termasuk iPhone, iPad dan iPod touch, kalian dapat saling membagikan lokasi satu sama lain. Jadi misalkan kalian membagikan lokasi kalian ke orang lain maka orang tersebut dapat terus memantau keberadaan iPhone kalian melalui aplikasi Lacak / Find My dan kalian pun dapat memantau keberadaan iPhone orang lain yang membagikan lokasinya ke kalian.

  • Cara Mematikan Fitur Pelacakan Lokasi : Untuk mengatasi masalah yang kalian anggap penyadapan lokasi silakan hentikan izin membagikan lokasi kalian ke orang yang tidak diinginkan, silakan baca caranya pada postingan berikut: Cara Mematikan Lokasi di iPhone Agar Tidak Bisa Dilacak

Riwayat / History Tempat Kalian Kunjungi

Selain itu ada juga salah satu fitur yang dapat digunakan untuk melihat tempat apa saja yang pernah dikunjungi bersama iPhone kalian, namun fitur ini hanya dapat dilihat oleh si pemilik iPhone itu saja dan siapapun yang memiliki akses untuk membuka iPhone.


Tips Menghindari dan Mencegah Penyadapan iPhone

Selain memperhatikan hal-hal di atas kalian juga dapat mencegah penyadapan terhadap iPhone dan tetap menjaga privasi kalian tetap terjaga, apa sajakah itu?

1. Rutin Update iOS

Yang pertama penting untuk selalu menggunakan iOS versi paling terbaru, Apple sendiri merupakan salah satu perusahaan yang sangat mengedepankan privasi dan keamanan penggunanya, jadi apabila ditemukan celah keamanan pada iOS maka Apple akan langsung menutup celah keamanan tersebut pada versi iOS terbarunya.

Untuk mengupdate iOS sendiri dapat kalian lakukan menggunakan jaringan WiFi lalu masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak

Baca Juga : Cara Agar Foto WhatsApp Tidak Otomatis Tersimpan di Galeri iPhone

2. Hindari Jailbreak

Bagi sebagian pengguna iPhone melakukan jailbreak adalah hal yang sangat menyenangkan karena kalian bisa memodifikasi tampilan pada iPhone sesuaka hati, sejauh kalian mengerti apa yang kalian lakukan, maka jailbreak bukanlah ancaman serius bagi keamanan iPhone, malah jailbreak akan sedikit memberikan nilai plus.

Namun bagi pengguna yang sangat mementingkan keamanan harap hindari jailbreak, selain banyak aplikasi seperti banking yang tidak dapat dijalankan, iPhone juga menjadi rentan terhadap serangan program jahat seperti malware.

Apabila kalian sudah melakukan jailbreak dan berniat untuk menghapus total jailbreak dari iPhone kalian, silakan baca caranya pada postingan berikut: Cara Lengkap Menghapus Total Jailbreak di iPhone pada iOS versi Berapapun

3. Hindari Menginstall Aplikasi Diluar App Store

Akhir-akhir ini banyak pengguna yang suka menginstall aplikasi diluar App Store menggunakan sebuah profil sertifikat, biasanya aplikasi-aplikasi yang diinstall merupakan aplikasi yang tidak diizinkan peredarannya di App Store karena alasan keamanan dan hak cipta.

Selain bisa saja aplikasi yang kalian install tersebut sudah dimodifikasi untuk pencurian data, izin profil yang kalian install pun bisa saja disalahgunakan untuk kepentingan yang merugikan kalian.

4. Jangan Sembarangan Memberikan Informasi Apple ID / iCloud

Bila ada seseorang yang tidak diinginkan meminta informasi Apple ID kalian harap untuk ditolak, karena bisa saja Apple ID kalian digunakan untuk menyadap informasi-informasi yang ada pada iPhone kalian, seperti catatan, foto hingga pembayaran dengan kartu kredit.

Jadi sekali lagi penting untuk tidak sembarang memberikan informasi Apple ID kalian ke orang lain.

5. Terus Perbarui Aplikasi

Rutin memperbarui aplikasi di App Store juga dapat mencegah masalah keamanan, selain itu untuk saat ini sudah banyak aplikasi seperti WhatsApp yang memiliki fitur keamanan sidik jari.

6. Gunakan iPhone Terbaru

iPhone model lama yang keamanannya sudah tidak di update lagi juga cukup rentan menjadi bulan-bulanan peretas, maka dari itu jika memungkinkan selalu gunakan iPhone model terbaru dengan keamanan yang jauh lebih terjamin.

7. Jangan Sembarangan Menghubungkan iPhone Melalui Kabel

Salah satu metode yang kini digunakan oleh banyak peretas yaitu memasang sejenis alat untuk menyusup ke sistem iPhone menggunakan kabel data, cara kerjanya sederhana biasanya mereka menawarkan pengisian daya gratis ditempat umum yang ternyata sambungan kabel tersebut digunakan juga untuk menyusup ke sistem iPhone.

Meskipun tidak semua namun harus lebih berhati-hati saat akan menyambungkan iPhone kalian ke tempat umum.

Opsional: Masih Ragu? Silakan Restore iPhone Kalian

Apabila kalian masih ragu apakah iPhone tersebut sudah disisipi sebuah malware kalian dapat melakukan proses Restore iPhone hingga menjadi seperi baru kembali, silakan ikuti cara-caranya pada postingan berikut: Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Kesimpulan...

Setelah mengikuti tips-tips dan saran di atas, kalian tidak perlu lagi khawatir iPhone kalian dapat disadap oleh orang lain, pada intinya gunakan iPhone tersebut secara normal, ikuti tips-tips di atas dan percayalah bahwa menyadap iPhone bukanlah hal yang mudah bahkan terbilang mustahil dilakukan sembarang orang.

Untuk saat ini salah satu penyebab iPhone disusupi virus malware yaitu akibat menginstall aplikasi di luar App Store, melakukan Jailbreak, dan sembarangan menghubungkan iPhone melalui kabel data yang disediakan di tempat publik.

Baik itu saja informasi yang dapat admin bagikan, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.

Baca Juga : Cara Mengunci Aplikasi Facebook Messenger di iPhone & iPad