Cara Hapus Data iPhone Ketika Salah Memasukan Password Sebanyak 10 Kali

Password adalah benteng terkuat untuk melindungi iPhone, iPad atau iPod touch dari orang yang tidak diinginkan yang mencoba untuk mengakses iPhone kalian beserta data-data yang bersifat "Privasi" yang ada di dalamnya. Salah satu cara yang paling tepat untuk mengamankan iPhone adalah dengan menggunakan password alfanumerik yaitu campuran antara angka dan huruf, baca caranya disini: Cara Mengganti Password iPhone dengan Kombinasi Huruf & Angka


Selain menggunakan kombinasi password huruf dan angka yang sulit ditebak, apabila data-data dalam iPhone kalian memang sangat bersifat pribadi dan sensitif, kalian bisa menggunakan fitur yang berguna untuk menghapus data-data pada iPhone kalian setelah 10 kali salah memasukan password. Sebagai contoh ketika fitur ini diaktifkan, apabila ada seseorang yang mencoba menebak-nebak password pada iPhone kalian, setelah 10 kali dia salah memasukan password maka iPhone kalian secara otomatis akan melakukan proses reset dan menghapus seluruh data-datanya.

Baca Juga : Cara Mematikan Lokasi di iPhone Agar Tidak Bisa Dilacak

Perlu diketahui juga bahwa data-data pada iPhone sudah terhapus  maka data tersebut sudah tidak dapat dikembalikan dengan cara apapun karena sudah terenkripsi dan mustahil untuk dikembalikan lagi. Jadi pastikan saat menggunakan fitur ini kalian sudah membackup data-data penting tersebut ditempat lain untuk berjaga-jaga.

Baik kalau begitu langsung saja berikut cara mengaktifkan fitur penghapusan data setelah 10 kali salah memasukan password.

Cara Mengaktifkan Fitur Penghapusan Data iPhone Ketika Salah Memasukan Password Sebanyak 10 Kali

#1 : Silakan buka aplikasi Pengaturan kemudian masuk ke menu Face ID / Touch ID & Kode Sandi (jika diminta silakan masukan password iPhone kalian yang sekarang untuk mengonfirmasi masuk)


#2 : Jika sudah silakan seret ke menu paling bawah lalu nyalakan menu Hapus Data dan tap Aktifkan


#3 : Jika sudah maka menu Hapus Data akan diaktifkan


Nah setelah menu Hapus Data tersebut aktif, maka sekarang ketika salah memasukan password 10 kali pada iPhone, maka data-data pada iPhone tersebut secara otomatis akan dihapus dan reset. Data yang terhapus tersebut seperti yang sudah admin jelaskan di atas, tidak dapat dikembalikan dengan cara apapun kecuali kalian memiliki backupnya, jadi perhatikan kembali sebelum menggunakan fitur tersebut.

Baca Juga : Cara Menghapus / Menyertakan EXIF pada Foto & Video iPhone Sebelum Dikirim

Apakah Password pada iPhone kalian akan Hilang ketika iPhone Dihapus dan Reset karena fitur tersebut? Tidak, password yang ada pada iPhone tersebut akan tetap ada dan tidak hilang ketika proses hapus data dilakukan.

Nah jadi bagaimana menurut kalian? apakah kalian sendiri sudah menggunakan fitur di atas? kalau admin sendiri memang tidak menggunakannya karena menurut admin password alfanumerik sudah cukup untuk mengamankan data-data pribadi kita (walaupun admin sekarang tetap menggunakan password pin 😂 biar tidak ribet). Tetapi tetap, fitur tersebut merupakan salah satu fitur ekstra keamanan yang diberikan oleh iPhone demi mengamankan seluruh privasi kalian dari orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : Cara Membuat Lokasi Palsu di Find My iPhone Tanpa Jailbreak

Baik itu saja cara-cara mengaktifkan fitur penghapusan data setelah salah memasukan password sebanyak 10 kali di iOS / iPadOS iPhone, iPad maupun iPod touch. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.