Cara Membuat Lokasi Palsu di Find My iPhone Tanpa Jailbreak

Find My ( iPhone, iPad, iPod touch ) atau Lacak, merupakan aplikasi yang dapat kita gunakan untuk mengetahui keberadaan iPhone, iPad atau iPod touch milik kita sendiri ataupun milik orang lain, yang sebelumnya sudah terhubung atau sama-sama sudah memberikan izin untuk mengakses lokasi masing-masing perangkat. Find My juga sangat berguna untuk mencari apabila iPhone kalian hilang atau lupa tertinggal di suatu tempat.


Namun terkadang kita sedang tidak ingin diganggu atau diketahui lokasinya oleh orang lain yang sudah terhubung juga dengan aplikasi Find My di iPhone kalian. Nah sebagai solusinya kalian bisa membuat lokasi palsu ( memalsukan lokasi ) pada aplikasi Find My di iPhone kalian ke lokasi yang kalian inginkan. Memang bisa? bisa dong bahkan tanpa perlu jailbreak.

Lalu bagaimana caranya? cukup mudah, disini kita memerlukan bantuan sebuah komputer, kabel usb dan koneksi internet tentunya. Jika sudah siap silahkan lanjutkan cara di bawah berikut untuk mengubah, membuat, fake GPS atau lokasi palsu di aplikasi Find My ( iPhone, iPad atau iPod touch ) tanpa perlu jailbreak.

Disclaimer : do it at your own risk! before proceeding. Cara ini akan berefek ke seluruh gps di perangkat kalian ( bukan hanya Find My saja ), untuk mengembalikan ke pengaturan semula baca tutorial di bawah hingga tuntas.

Cara Membuat Lokasi Palsu di Find My ( iPhone, iPad dan iPod touch ) Tanpa Jailbreak

#1 : Pertama-tama silahkan install aplikasi 3uTools di komputer kalian, pastikan aplikasi iTunes juga sudah terinstall ( sebagai driver )

Download - 3uTools
Download - iTunes ( jika belum ada )

#2 : Setelah itu silahkan hubungkan iPhone kalian ke komputer menggunakan kabel USB

#3 : Kemudian buka aplikasi 3uTools, pastikan iPhone kalian sudah terdeteksi oleh aplikasi 3uTools

#4 : Sekarang klik menu Toolbox kemudian pilih menu Virtual Location


#5 : Setelah itu akan muncul menu Virtual Location, silahkan pilih lokasi pada map yang kalian ingin gunakan sebagai lokasi yang akan dipalsukan ( klik kiri pada map, gunakan scroll pada mouse untuk zoom in atau zoom out )


#6 : Jika sudah sekarang buka iPhone kalian dan pastikan layar iPhone kalian dalam keadaan menyala ( jangan sampai iPhone terkunci )

#7 : Setelah itu klik Modify virtual location untuk mengubah lokasi GPS di iPhone kalian ke lokasi yang sudah kalian pilih, ingat cara ini bukan hanya merubah lokasi di Find My saja melainkan di seluruh sistem iPhone.

Sebagai Catatan, lokasi palsu diatas tidaklah permanen, hal ini disebabkan oleh kalibrasi GPS pada iOS yang selalu diperbarui pada saat-saat tertentu. Untuk iOS 12 atau lebih lama akan bertahan selama sekitar 2 hari, sedangkan untuk iOS 13 atau lebih baru hanya bertahan sekitar 3 - 6 jam saja.

#8 : Apabila berhasil maka akan muncul peringatan seperti berikut


#9 : Apabila muncul peringatan seperti berikut, pastikan kalian sudah mengikuti langkah ke #6 diatas dengan baik


Sudah berhasil? sekarang cek iPhone kalian dan buka aplikasi Find My. Jika berhasil lokasi pada aplikasi Find My akan berubah sesuai dengan lokasi yang tadi kalian pilih. Begitu juga dengan orang lain yang terhubung dengan Find My di iPhone kalian, akan melihat efek perubahan lokasi palsu tersebut. Kalian bisa mencabut sambungan dari iPhone kalian ke komputer sekarang.

Berikut contohnya saat membuka aplikasi Find My :


Nah ini saat admin coba cek menggunakan iPhone admin yang lainnya dan hasilnya sukses :)


Bagaimana keren kan? ingat ya semua aplikasi termasuk sistem akan terdampak perubahan lokasi ini. Lalu bagaimana cara mengembalikkannya ke pengaturan semula? sangat mudah, berikut caranya.

Cara Mengembalikan Lokasi Palsu ke Keadaan Asli / Pengaturan Semula

Untuk mengembalikan hasil lokasi palsu / fake GPS ke keadaan normal, caranya sangat mudah, kalian hanya perlu melakukan Restart pada perangkat kalian, sederhananya silahkan di matikan kemudian nyalakan kembali dan hasil fake gps akan hilang.

Apabila iPhone kalian masih terhubung pada aplikasi 3uTools, kalian bisa memilih menu Restore true location untuk mengembalikan lokasi kalian ke lokasi semula / aslinya.


Baik sekian informasi cara membuat, memalsukan, mengubah lokasi di Find My ( iPhone, iPad atau iPod touch ). Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih :)