Cara Flash Firmware iOS iPhone Menggunakan 3uTools

Bagi kalian pengguna iPhone, iPad ataupun iPod touch yang ingin melakukan flashing ( menginstall ulang ) firmware iOS, kalian dapat melakukannya dengan mudah menggunakan aplikasi 3uTools.


Dengan aplikasi 3uTools kalian dapat mendownload dan flashing file iOS / firmware dengan format ( .ipsw ) yang diinginkan langsung pada aplikasi 3uTools ( sudah disediakan sesuai perangkat yang kalian punya ), selain itu kalian juga bisa flashing menggunakan file iOS ( .ipsw ) yang sudah kalian download sendiri melalui situs IPSW.ME, sampai menginstall file iOS versi beta terbaru.

Sebelum melanjutkan ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum melakukan flashing iPhone, iPad atau iPod touch menggunakan aplikasi 3uTools.

  • Siapkan komputer ( windows )
  • Siapkan kabel data
  • Siapkan koneksi internet yang cepat ( ukuran firmware yang akan di download cukup besar )
  • Backup data-data penting terlebih dahulu ( bisa melalui iTunes atau aplikasi 3uTools juga menyediakan opsi backup )

Baca cara di bawah secara teliti, do it at your own risk before proceeding.

Cara Mudah Flash Firmware iPhone Menggunakan 3uTools

#1 : Cara pertama ini boleh di lewati namun nanti saat aktivasi iPhone kalain harus memasukkan akun iCloud yang sebelumnya digunakan pada iPhone tersebut, jika tidak mau kalian bisa mematikan Find my iPhone atau Logout akun iCloud dari iPhone kalian agar terbebas dari aktivasi iCloud, caranya?

  • Logout / Keluarkan iCloud ( disarankan ) : Di perangkat kalian silahkan buka aplikasi Pengaturan > tap akun iCloud kalian dipaling atas > Keluar / Logout
  • Mematikan Find my iPhone : Di perangkat kalian silahkan buka aplikasi Pengaturan > tap akun iCloud kalian dipaling atas > Lacak / Find My > Find My iPhone 

#2 : Sekarang download dan install aplikasi 3uTools, jangan lupa pastikan iTunes juga sudah terinstall ( sebagai driver )

Download - 3uTools
Download - iTunes ( jika sudah ada tidak usah )

#3 : Selanjutnya sambungkan iPhone kalian ke komputer dan buka aplikasi 3uTools, pastikan juga kalian sudah membuka password pada iPhone kalian dan mempercayai sambungan komputer

#4 : Apabila aplikasi 3uTools sudah mendeteksi iPhone kalian sekarang klik pada menu Backup/Restore lalu pilih Backup Now untuk membackup data-data penting kalian, jika tidak mau ya sudah di skip saja..

#5 : Untuk memulai proses flashing silahkan masuk ke menu Flash & JB

#6 : Kemudian pilih versi iOS yang kalian inginkan, ingat pastikan kalian tidak memilih iOS versi beta, tak terkecuali memang kalian menginginkannya ( versi beta merupakan versi percobaan dan memiliki banyak bug ), contohnya seperti gambar di bawah berikut


#7 : Jika sudah klik menu Download untuk mendownload file firmware iOS tersebut, proses download memang agak lama karena file firmware / ipsw iOS berukuran cukup besar

#8 : Setelah selesai, pada menu yang terletak dibagian bawah kalian bisa memilih salah satu dari 3 opsi, yaitu :

  • Retain User's Data : Digunakan untuk mengupdate versi iOS ke versi terbaru tanpa menghapus data
  • Quick Flash Mode : Flash iPhone secara normal dan cepat ( data-data akan terhapus )
  • Anti-Recovery Flash : Flash iPhone dengan menghancurkan seluruh data-data di dalamnya agar tidak bisa dipulihkan kembali ( cocok untuk digunakan sebelum menjual iPhone )

Saran admin silahkan pilih Quick Flash Mode saja apabila ingin menghapus semua data pada iPhone dan menjadikan iPhone baru kembali. Atau jika hanya ingin update gunakan menu Retain User's Data. Dan opsi terakhir jika iPhonenya mau diserahkan ke orang lain gunakan mode Anti-Recovery Flash.


#9 : Jika sudah siap sekarang tekan tombol Flash



#10 : Apabila muncul peesan seperti gambar di bawah berikut, klik lagi Flash


#10 : Apabila muncul peringatan seperti berikut, baca kembali langkah ke #1 diatas, pesan ini muncul dikarenakan kalian belum mematikan Find my iPhone, jika ingin melanjutkan klik ( Yes ) maka saat aktivasi nanti kalian akan diminta memasukkan akun iCloud yang sebelumnya masih terhubung ke iPhone tersebut.


#11 : Sekarang tunggu hingga proses flash selesai, ingat jangan cabut iPhone selama proses flash berlangsung


#12 : Selama proses flash iPhone kalian akan restart dan menujukkan progress bar dan logo Apple, tenang saja hal ini normal dan memang begitu prosesnya 😁, untuk waktu yang dibutuhkan sendiri kira-kira sekitar 30 menit sampai 1 jam, nih contoh iPhone yang admin gunakan.


#13 : Jika proeses flash selesai maka kalian akan melihat tampilan berikut di aplikasi 3uTools


#14 : Terakhir cek iPhone kalian ( tunggu proses boot jika masih ada ) dan lakukan aktivasi iPhone seperti biasanya 😊


Bagaimana gampang kan? selanjutnya apabila iPhone kalian brick alias tidak bisa masuk ke menu, kalian bisa menggunakan mode DFU. Caranya?

Cara Flash iPhone yang Brick / Stuck Menggunakan 3uTools

Bagi yang iPhonenya brick alias tidak dapat merespon apa-apa, kalian bisa merestore iOS pada iPhone kalian menggunakan mode DFU. Silahkan ikuti cara di bawah berikut :

#1 : Pastikan iPhone kalian sudah terhubung ke komputer dan aplikasi 3uTools sudah terbuka

#2 : Kemudian tempatkan iPhone kalian ke mode Recovery. Caranya?

iPhone SE, 6S, 6S Plus, 6, 6 Plus, 5S, 5 dan lebih lama

  • Tekan tombol Power dan Home secara bersamaan sekitar 4 detik ( atau hingga layar iPhone mati )
  • Setelah 4 detik langsung lepas tombol Power namun tetap menekan tombol Home hingga aplikasi 3uTools mendeteksi iPhone berada pada mode DFU

iPhone 7, 7 Plus

  • Tekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan sekitar 4 detik ( atau hingga layar iPhone mati )
  • Setelah 4 detik langsung lepas tombol Power namun tetap menekan tombol Volume Bawah hingga aplikasi 3uTools mendeteksi iPhone berada pada mode DFU

iPhone 8, 8 Plus, X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max dan lebih baru ( agak ribet )

  • Cara #1 : Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas, lalu langsung tombol Volume Bawah kemudian lepas, lalu tekan lagi tombol Power hingga layar iPhone mati. Jika layar sudah mati langsung lepas tombol Power kemudian langsung tekan dan tahan tombol Volume Bawah hingga 3uTools mendeteksi iPhone berada pada mode DFU.
  • Cara #2 : Hampir sama namun berbeda, Pertama tekan tombol Volume Atas kemudian lepas, lalu langsung tombol Volume Bawah kemudian lepas, lalu tekan lagi tombol Power hingga layar iPhone mati. Jika layar sudah mati langsung lepas tombol Power kemudian langsung tekan dan tahan lagi tombol Power bersamaan dengan tombol Volume Bawah hingga 3uTools mendeteksi iPhone berada pada mode DFU.

#3 : Jika sudah berhasil memasukkin mode DFU silahkan ikuti instruksi yang ditampilkan oleh 3uTools, kira-kira caranya hampir sama dengan cara flash normal diatas.

Bagaimana menurut kalian? apabila kalian masih kesulitan atau mengalami kendala, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, admin akan mencoba menjawab sebisa admin. Terima Kasih :)