Cara Mengubah Format Hasil Foto iPhone ke .JPG

Secara bawaan kamera pada iPhone, iPad dan iPod touch menggunakan format .HEIC untuk efisiensi gambar. Namun sayangnya penggunaan format .HEIC kurang begitu luas dan diminati karena kebanyakan plaform sistem tidak mengenali format tersebut. Apalagi buat kalian yang suka melakukan transfer data dari satu platform ke platform lainnya.


Apple sendiri mempunyai alasan kenapa iPhone menggunakan format .HEIC, yaitu Efisiensi. Dengan format .HEIC ukuran gambar yang diambil akan jauh lebih kecil ketimbang menggunakan format seperti .JPG. Meskipun begitu Apple tetap memberikan kalian pilihan apakah ingin menggunakan format .HEIC atau .JPG.

Tentu saja dengan menggunakan format .JPG foto yang kalian ambil dapat lebih leluasa di buka diberbagai macam platform. Kalau begitu langsung saja ikuti cara di bawah berikut untuk mengubah hasil foto kamera iPhone ke format .JPG.

Cara Merubah Format Hasil Foto Kamera iPhone, iPad dan iPod touch ke .JPG

1. Pertama silahkan buka aplikasi Pengaturan

2. Kemudian seret ke bawah lalu pilih menu Kamera

3. Jika sudah pilih lagi menu Format

4. Sekarang untuk merubah format hasil foto ke .JPG silahkan pilih menu Paling Kompatibel


Perlu dicatat bahwa dengan merubah pengaturan format kamera menjadi Paling Kompatibel, selain merubah format foto ke .JPG kalian juga akan merubah format file Video menjadi kompatibel dengan H.264.

Kekurangan menggunakan format paling kompatibel untuk saat ini adalah kalian tidak dapat merekam video 4K 60 fps, selain itu apabila iPhone kalian mendukung kamera ultra wide kalian juga tidak dapat menggunakannya.

Jadi kesimpulannya, format video 4k 60 fps dan kamera ultra wide membutuhkan format Efisiensi Tinggi untuk dapat berjalan, setidaknya hal tersebut masuk berlaku sampai postingan ini ditulis.

Berikut adalah perbandingan ukuran foto yang admin ambil menggunakan Format .HEIC (Efisiensi Tinggi) dan .JPG (Paling Kompatibel).


Bisa kalian lihat gambar di atas, gambar foto pertama diambil menggunakan format .HEIC sedangkan gambar yang ke dua diambil dengan format .JPG.

Untuk menampilkan format foto dan video baca caranya disini : Cara Melihat Ukuran Resolusi Foto dan Video di iPhone / iPad

Foto dengan format .HEIC menghasilkan ukuran sekitar 2,4 MB saja, sedangkan format .JPG menghasilkan ukuran hingga 4 MB. Perbedaan ukuran pada kedua gambar tersebut sekitar 1,6 MB atau 1.5x lipat lebih besar. Jadi bisa dikatakan memang .HEIC memiliki efisiensi yang luar biasa bahkan hapir mencapai dua kali lipat lebih kecil.

Jika kalian menggunakan iPhone dengan kapasitas 128 GB, 256 GB bahkan 512 GB admin rasa menggunakan format .JPG bukanlah hal yang perlu ditakuti. Di sisi lain alasan kenapa kalian tidak perlu menggunakan format .JPG karena, iPhone sendiri akan merubah format gambar ke format yang kompatibel dengan media yang akan menjadi ditempati, misalnya saat mau diupload ke sosial media atau ditransfer ke PC.

Baik, sekian informasi cara merubah format kamera foto iPhone ke .JPG. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!