Cara Melihat Ukuran Resolusi Foto dan Video di iPhone / iPad

Bagi sebagian orang melihat ukuran maupun resolusi foto dan video adalah salah satu hal yang penting, misalnya saja kita ingin tahu apakah foto yang disimpan tersebut memiliki kualitas tinggi yang bisa dilihat dari ukuran maupun resolusinya, begitu juga dengan Video kita juga perlu tahu apakah video yang kita ambil menggunakan resolusi Full HD atau 4K dan berapa ukuran video tersebut supaya dapat dihapus yang terlalu makan banyak penyimpanan, dan lain sebagainya..


Sayangnya hingga saat ini Apple tidak menyertakan fitur menu yang dapat digunakan untuk melihat informasi Ukuran dan Resolusi foto maupun Video. Namun tidak usah berkecil hati, sebagai alternatifnya Admin akan membagikan cara untuk mengetahui resolusi foto maupun video beserta ukurannya dengan mudah di iPhone, iPod atau iPad kalian. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara dibawah berikut.

Mengetahui Resolusi dan Ukuran Foto / Video Menggunakan Aplikasi Google Foto (disarankan)

Cara yang pertama ini adalah cara yang paling Admin sarankan, cara ini sangat simple, mudah dan tidak merepotkan, kalau begitu langsung saja berikut caranya.

1. Download terlebih dahulu aplikasi Foto milik Google melalui link berikut : Download Google Foto - App Store

2. Jika sudah buka aplikasi Google Foto kemudian izinkan semua akses yang diperlukan, login juga menggunakan akun Google (Gmail) milik kalian

3. Selanjutnya tap pada foto ataupun video yang ingin dilihat resolusi atau ukurannya

4. Selanjutnya geser / seret foto yang sudah dibuka tersebut dari bawah ke atas untuk menampilkan menu informasi


Bagaimana gampang kan? kalian juga dapat melihat bukaan dari foto aygn diambil beserta informasi lainnya. Jadi cara ini paling Admin rekomendasikan, namun apabila kalian tidak ingin menggunakan aplikasi tambahan kalian bisa menggunakan cara dibawah berikut.

Mengetahui Resolusi dan Ukuran Foto/ Video Menggunakan Aplikasi File

Cara ini bisa dibilang paling cepat karena kalian tidak harus mendownload aplikasi tambahan, namun menurut Admin cara ini agak sedikit merepotkan dan memakan waktu, kalau begitu langsung saja berikut caranya :

1. Buka aplikasi galeri Foto

2. Pilih foto ataupun video yang ingin dilihat informasi resolusi dan ukurannya

3. Tap pada icon menu (ada dipojok kiri bawah) kemudian pilih menu Simpan ke File lalu pilih Di iPhone Saya dan terakhir tap Simpan


4. Sekarang kembali ke menu utama iPhone kemudian cari dan buka aplikasi File

5. Pada aplikasi File masuk ke menu Di iPhone Saya kemudian tekan dan tahan pada file foto / video yang tadi sudah kalian pindahkan kemudian pilih menu Info


6. Sekarang pada menu info tersebut kalian dapat melihat secara lengkap detail Dimensi (Resolusi) sampai Ukurannya.

7. Terakhir silakan Hapus file tersebut agar tidak menambah beban penyimpanan kapasitas, bersihkan juga file yang sudah dihapus dari menu Baru Dihapus

Kalau Admin sendiri menyarankan kalian menggunakan cara pertama diatas selain tidak perlu repot-repot memindahkan atau menghapus file kalian juga dapat melihat informasi foto / video dengan lebih cepat.

Baik sekian informasi cara melihat atau mengetahui ukuran resolusi foto maupun video di iPhone, iPad dan iPod. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!