Cara Menghapus / Menyertakan EXIF pada Foto & Video iPhone Sebelum Dikirim

Setiap kali kita mengambil Foto dan Video di iPhone, iPad maupun iPod touch, secara otomatis iPhone akan mengumpulkan atau membuat data soal informasi lengkap dari foto tersebut, misalnya kapan foto tersebut diambil, dimana lokasinya, perangkat yang digunakan, aperture / bukaan, resolusi, ukuran dan lain sebagainya, dalam dunia fotografi informasi tersebut seringkali disebut sebagai EXIF (terkadang metadata dengan memiliki artian lebih luas / umum).


Bagi sebagian orang file EXIF pada foto ataupun video sangat penting guna menganalisa dan memberikan gambaran yang detail mengenai informasi dari foto ataupun video yang diambil tersebut. Namun dalam beberapa kasus ketika kalian mengirimkan foto dan video dari iPhone kalian ke perangkat lain melalui AirDrop, informasi EXIF dari foto tersebut terkadang tidak ikut terkirim.

Baca Juga : Cara Menampilkan Tanggal, Waktu & Lokasi Pada Kamera iPhone

Nah pada postingan kali ini admin akan memberikan cara senderhana bagaimana cara mengatur file metadata EXIF pada foto maupun video yang akan dikirim, entah mau disertakan atau tidak. Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Mengatur / Mengirim / Menghapus file EXIF Metadata pada Foto & Video pada iPhone Sebelum Dikirim

#1 : Silakan pilih dulu foto ataupun video yang akan dikirim

#2 : Kemudian saat menekan tombol Aksi / Berbagi silakan tap menu Pilihan > yang ada dipojok kiri atas foto atau video


#3 : Kemudian pada menu Semua Data Foto silakan nyalakan (untuk menyertakan EXIF) atau nonaktifkan (untuk tidak menyertakan EXIF)


#4 : Jika sudah tap Selesai

Bagaimana menurut kalian? ingat ya, untuk saat ini cara tersebut hanya berlaku bagi pengguna iPhone, iPad dan iPod touch yang ingin mengirimkan foto maupun video melalui AirDrop saja. Untuk aplikasi lainnya seperti aplikasi Chat atau Sosial Media, biasanya file EXIF tidak akan ikut terkirim / diupload.

Baca Juga : Cara Melihat Detail Informasi Foto & Video di iPhone dengan EXIF Metadata

Perlu diketahui juga bahwa file EXIF ini terkadang berhubungan dengan privasi, hati-hati dalam mengirimkan foto atau video yang dilengkapi file EXIF kepada orang yang tidak kalian percaya, sebab file EXIF juga menyertakan informasi lokasi dimana foto atau video tersebut diambil, selengkapnya baca juga postingan berikut : Cara Menghapus / Menghilangkan Lokasi di Foto & Video iPhone

Baik itu saja informasi cara menghapus, menambahkan, menyertakan atau mengatur file EXIF metadata pada foto dan video di iPhone, iPad dan iPod touch sebelum dikirim melalui AirDrop. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.

Baca Juga : Cara Melihat Lokasi Foto & Video yang Diambil di iPhone
Baca Juga : Cara Membuat Caption / Keterangan pada Foto & Video di iPhone