Cara Mengunci iPhone agar Tidak Bisa Diinstall Aplikasi

Ingin mencegah iPhone dan iPad agar tidak bisa diinstall aplikasi tanpa sepengetahuan kalian? misalnya saja ingin mencegah anggota keluarga atau anak agar tidak sembarangan menginstall aplikasi? bisa! kalian bisa mengunci akses untuk menginstall aplikasi di iPhone maupun iPad kalian.


Berkat fitur Durasi Layar atau Screen Time yang ada pada iOS maupun iPadOS, kalian bisa mencegah akses untuk menginstall aplikasi dan games dari App Store dengan menyembunyikan aplikasi App Store itu sendiri.

Cara kerjanya mudah sekali, saat pencegahan install aplikasi diaktifkan, secara otomatis aplikasi App Store yang menjadi sumber untuk menginstall aplikasi maupun games, akan disembunyikan. Untuk menampilkan kembali aplikasi App Store, dibutuhkan akses ke fitur Durasi Layar yang sudah dipasang password. Sebagai tambahan juga, antara password iPhone / iPad dan password fitur Durasi Layar bisa dibuat berbeda. 

Baik kalau begitu tanpa berlama-lama lagi langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Mencegah iPhone & iPad Agar Tidak Bisa Diinstall Aplikasi dengan fitur Durasi Layar

#1 : Silakan buka aplikasi Pengaturan lalu tap menu Durasi Layar

Apabila fitur Durasi Layar sebelumnya belum pernah digunakan / diatur, silakan atur terlebih dahulu dengan mengikuti arahan pada layar, jangan lupa gunakan juga password untuk mengunci akses ke fitur Durasi Layar

#2 : Jika sudah silakan masuk ke menu Pembatasan Konten & Privasi lalu nyalakan menu Pembatasan Konten & Privasi

#3 : Jika sudah tap menu Pembelian iTunes & App Store kemudian pilih lagi menu Menginstall App


#4 : Sekarang ubah dari Izinkan ke menu Jangan Izinkan


#5 : Jika sudah maka aplikasi App Store pada iPhone atau iPad kalian akan disembunyikan, untuk menampilkan kembali aplikasi App Store kalian cukup mengubah menu pada langkah ke #4 di atas menjadi Izinkan

Bagaimana sudah berhasil? dengan fitur Durasi Layar kalian juga bisa mengatur dan mencegah akses ke banyak hal, seperti pencegahan agar tidak bisa menghapus aplikasi (menghapus app), menghilangkan pembelian dalam aplikasi (pembelian in-app) dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk menonaktifkan semua pembatasan sekaligus, kalian bisa menonaktifkan menu Pembatasan Konten & Privasi atau melakukannya satu-per-satu secara manual sesuai fitur yang sudah diubah.


Pastikan juga kalian telah memasang password / kata sandi pada fitur durasi layar, tujuannya tentu saja agar hanya kalianlah yang bisa mengatur seluruh akses pembatasan pada iPhone atau iPad tersebut.

Baik itu saja cara-cara mencegah dan mengunci iPhone dan iPad agar tidak bisa diinstall aplikasi menggunakan fitur Durasi Layar / Screen Time. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.