Cara Memblokir Situs Website Tertentu di iPhone dan iPad

Ingin memblokir akses ke situs tertentu di aplikasi browser Safari bawaan iOS / iPadOS iPhone, iPad dan iPod touch? bisa sekali, disini kalian dapat memanfaatkan fitur Durasi Layar atau Screen Time untuk melakukannya.


Durasi Layar atau Screen Time merupakan salah satu fitur yang biasa digunakan untuk memantau durasi dan aktivitas selama kita menggunakan iPhone, selain itu fitur ini juga dapat digunakan oleh para orang tua untuk mengawasi anaknya dan menerapkan pembatasan-pembatasan terutama pembatasan untuk mengunjungi website tertentu.

Kalau begitu bagi pengguna iPhone, iPad dan iPod touch yang ingin memblokir situs atau website tertentu, silahkan ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Memblokir Situs Website di iPhone dan iPad

1. Buka aplikasi Pengaturan kemudian pilih menu Durasi Layar (jika belum diaktifkan silahkan diaktifkan terlebih dahulu dengan mengikuti arahan pada layar, jangan lupa juga untuk mengakfitkan kode sandi)

2. Setelah itu silahkan masuk ke menu Pembatasan Konten & Privasi lalu aktifkan dulu menu Pembatasan Konten & Privasi


3. Jika sudah pilih menu Pembatasan Konten > Konten Web


4. Selanjutnya pilih lagi menu Batasi Situs Web Dewasa lalu pilih Tambah Situs Web kemudian masukkan URL atau Alamat situs yang ingin di blokir

Sebagai catatan, menu di atas juga akan membatasi akses ke beberapa website atau situs konten dewasa secara otomatis.


Untuk menghapus website yang diblokir tersebut kalian tinggal mengusapnya ke arah kiri lalu tap Hapus, atau silahkan pilih menu Akses Tanpa Batas untuk mengembalikan agar semua website atau situs dapat diakses kembali.

5. Terakhir silahkan tap Selesai pada Keyboard, dan kalian akan melihat daftar website yang kalian baru saja tambah untuk di blokir


Seperti contoh gambar ke dua di atas kalian bisa lihat hasilnya ketika website telah masuk ke dalam daftar blokir, kalian bisa saja menggunakan menu Izinkan Situs Web namun apabila fitur Durasi Layar sudah dipasangkan kode sandi (password), maka dibutuhkan password untuk mengizinkan situs yang diblokir tersebut.

Bagaimana gampang kan? selain itu kalian juga bisa menggunakan fitur lainnya, misalnya tidak ingin mengizinkan untuk menginstall atau menghapus aplikasi? silahkan masuk ke menu Pembelian iTunes & App Store > Menginstall App > Jangan Izinkan atau ingin menghilangkan pembelian dalam aplikasi? silahkan pilih Pembelian in-app > Jangan Izinkan, dan masih banyak lagi pembatasan-pembatasan yang kalian bisa lakukan.

Baik itu saja cara memblokir situs atau website tertentu bagi pengguna iOS / iPadOS iPhone, iPad dan iPod touch. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.