Cara Mengatasi Jailbreak Unc0ver Stuck Loop di Logo Apple

Bagi kalian pengguna iOS / iPadOS iPhone, iPad maupun iPod touch yang sudah di Jailbreak menggunakan aplikasi Unc0ver, yang mengalami masalah dimana ketika melakukan Restart Springboard atau ingin melakukan Jailbreak Ulang, iPhone malah tidak bisa masuk ke Homescreen dan Stuck Loop (terus-menerus) menampilkan Logo Apple.


Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan dikarenakan ada tweak yang tidak kompatibel atau bentrok (biasanya kerangka kerja jailbreak yaitu substrate dan springboard mengalami crash), sehingga iPhone tidak bisa masuk ke Homescreen saat dalam mode Jailbreak.

Nah untuk mengatasi masalah ini caranya cukup mudah, yang kalian perlukan hanyalah masuk ke Safe Mode atau mode jailbreak tanpa menjalankan Tweak, kemudian menghapus tweak-tweak yang kalian anggap menjadi pemicu iPhone loop di logo Apple melalui aplikasi Cydia.

Bagaimana caranya? langsung saja ikuti cara-cara berikut ini :

Cara Mengatasi Jailbreak Unc0ver Stuck Loop di Logo Apple

#1 : Pertama silahkan Restart Paksa terlebih dahulu iPhone kalian yang Stuck Loop di Logo Apple, caranya?

*Untuk pengguna iPhone 8 / Plus, X, Xr, Xs, Xs Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max, SE 2020 atau lebih baru*

Lakukan dengan tempo perpindahkan antar tombol yang cepat :

  1. Tekan tombol Volume Atas kemdian lepas
  2. Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  3. Sekarang Tekan dan Tahan tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple alias Restart


*Untuk pengguna iPhone 7 dan 7 Plus*

Caranya lebih sederhana, silahkan Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power / Lock secara bersamaan hingga muncul logo Apple alias Restart


*Untuk pengguna iPhone 6 / Plus, 6S / Plus, SE*

Caranya lebih sederhana, silahkan Tekan dan Tahan tombol Home dan Power / Lock secara bersamaan hingga muncul logo Apple alias Restart



#2 : Jika sudah restart dan kembali ke Homescreen, silahkan buka aplikasi Unc0ver lalu tap menu Pengaturan / Settings (icon gear)

#3 : Setelah itu matikan menu Load Tweaks lalu tap Done

#4 : Selanjutnya silahkan lakukan Jailbreak ulang


#5 : Sudah berhasil? jika ya, sekarang buka aplikasi Cydia masuk ke menu Installed > Recent kemudian hapus tweak yang kalian anggap menjadi penyebab kenapa iPhone kalian loop di logo Apple (tap tweaknya > modify > remove).

Catatan : Jangan pernah menghapus Tweak yang tidak pernah kalian install atau tweak yang merupakan bawaan Jailbreak!!!

#6 : Jika kalian sudah menyingkirikan tweak yang di duga menjadi penyebabnya, sekarang kembali buka aplikasi Unc0ver lalu tap menu Pengaturan / Settings (icon gear), kemudian nyalakan kembali menu Load Tweaks kemudian tap Done dan silahkan lakukan jailbreak ulang / Re-Jailbreak.


#7 : Apabila berhasil maka iPhone kalian akan kembali lagi ke mode jailbreak seperti biasa dan tweak-tweak kalian akan kembali berjalan.

Namun jika loop stuck di logo Apple muncul kembali, silahkan ulangi langkah di atas dan hapus lagi tweak-tweak lainnya yang sekiranya menjadi penyebabnya sampai kalian berhasil masuk ke mode jailbreak dengan normal.

Untuk pengguna jailbreak lainnya admin rasa hampir-hampir sama, misalnya jailbreak semi-untethered lainnya seperti Chimera silahkan atur untuk tidak menjalankan / load tweak, kemudian jailbreak ulang lalu hapus tweak yang bermasalah kemudian jailbreak ulang dalam keadaan load tweak dinyalakan dan lihat hasilnya. Sedangkan untuk pengguna jailbreak semi-tethered Checkra1n kalian juga bisa menggunakan Safe Mode pada pengaturan aplikasi Checkra1n saat ingin melakukan Jailbreak.

Kesimpulan...

Jadi intinya fungsi Load Tweaks atau Safe Mode adalah salah satu fitur jailbreak (biasanya pada jailbreak Semi-Tethered atau Semi-Untethered), yang bisa digunakan untuk menghentikan semua tweak yang bermasalah entah bentrok atau tidak kompatibel, kemudian memperbaikinya (tepatnya dihapus) lalu menjalankan kembali jailbreak dan lihat hasilnya.

Baik sekian dulu informasi cara mengatasi jailbreak unc0ver yang stuck loop di logo Apple, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)